Isu Keretakan Rumah Tangga Melaney Richardo, Simak Hukum Perceraian dalam Islam

0
81
malaney richardo 2

Melaney Richardo – Kabar mengejutkan datang dari dunia hiburan. Kabar tersebut adalah kabar keretakan rumah tangga Melaney Richardo dengan Tyson James Lynch. Melalui akun Youtube Seleb Oncam pada Jumat (12/3) Melaney mengaku rumah tangganya memang sedang mengalami masalah.

Setelah dikonfirmasi, Melaney Richardo mengatakan permasalahan tersebut adalah karena perbedaan budaya antara ia dan suami. Perlu diketahui bahwa Melaney berdarah Batak. Sedangkan, Tyson berdarah Australia, sehingga sudah pasti budaya mereka berbeda. Namun, Melaney mengaku tetap akan mempertahankan rumah tangganya.

Melaney Richardo menikah dengan Tyson James Lynch pada 31 Juli 2010. Sudah 10 tahun berlalu ternyata pernikahan mereka juga diwarnai dengan pertengkaran, perdebatan, hingga keinginan pisah. Namun, ternyata Tyson tidak menyerah untuk mengajak Melaney pergi dan konsultasi ke pihak konselor pernikahan.

Melaney juga berpikir demikian. Jika bukan ia dan suami yang menyelamatkan rumah tangga mereka, lalu bagaimana nasib dua anak mereka? Melaney sempat mengaku ingin bercerai dengan Tyson dan mengatakan mampu untuk hidup mandiri baik secara finansial dan mental, tetapi ia ingat akan kehidupan anak-anak mereka kelak.

Sobat Cahaya Islam, membangun dan mengelola rumah tangga bukan hanya tentang hidup bersama dengan orang yang dicinta. Namun, lebih daripada itu. Pernikahan adalah ibadah paling lama bagi manusia. Sehingga, meski perceraian adalah halal, Allah membenci perbuatan tersebut. Simak perihal perceraian dalam Islam berikut ini:

Melaney Richardo Sempat Ingin Cerai, Bagaimana Hukum Perceraian dalam Islam?

Sebagaimana penjelasan kisah rumah tangga Melaney Richardo dan Tyson James yang dikatakan retak. Namun, keduanya memilih bersepakat untuk tetap melanjutkan rumah tangganya dan memperbaiki kesalahan.

Allah SWT memang tidak mengharamkan sebuah perceraian. Namun, perceraian adalah hal yang dibenci oleh Allah. Padahal masing-masing manusia telah diciptakan berpasang-pasangan. Hal ini juga yang perlu suami istri ingat bahwa ketika menikah mereka berdua telah bersepakat akan membangun keluarga menuju ridho-Nya.

1.      Hukum Perceraian

Telah dijelaskan pada paragraf sebelumnya bahwa perceraian hukumnya boleh. Namun, perlu diingat bahwa perbuatan ini adalah hal yang paling dibenci dan dimurkai oleh Allah SWT. Oleh sebab itu, meditasi dalam sidang perceraian di pengadilan agama dimaksudkan untuk berpikir ulang sebelum benar-benar memutuskan untuk berpisah.

Pernikahan memang menjadi ibadah terlama bagi manusia untuk meraih ridho Allah. Jadi, bukankah ketika bercerai kita akan kehilangan ridho itu? Sekalipun kita menikah lagi dengan orang baru. Tapi, bagaimana dengan nasib anak-anak yang menjadikan kita sebagai guru pertama mereka dalam kehidupan?

Allah SWT berfirman dalam Al-Quran:

β€œDan jika mereka berketetapan hati hendak menceraikan, maka sungguh, Allah Maha Mendengar, Maha Mengetahui.” (QS. Al-Baqoroh Ayat 227)

2.      Mempertahankan Rumah Tangga

Sebagaimana yang dilakukan Melaney Richardo. Tyson James, suami Melaney patut ditiru untuk memperbaiki keretakan rumah tangga mereka. Melaney sendiri mengaku tidak sekali dua kali berdebat dengan Tyson. Namun, Tyson selalu mencoba Melaney untuk konsultasi ke konselor pernikahan agar hubungan rumah tangga mereka kembali baik-baik saja.

Lebih baik memperbaiki kerusakan daripada berpisah dan meninggalkan dampak pada beberapa pihak yang tidak terlibat, anak-anak misalnya. Sehingga, jika masih bisa diperbaiki mengapa harus berakhir dengan pisah?

Itu tadi sekilas berita dari Melaney Richardo dan pelajaran yang bisa kita ambil dari kisahnya. Semoga kita dijauhkan dari hal-hal yang dimurkai oleh Allah. Aamiiin.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY