Dampak PPKM Darurat pada Perusahaan Ray White

0
35
Ray White

Ray White – Beberapa hari yang lalu, perusahaan Ray White mendapat kunjungan sebagai program sidak atas follow-up dari kebijakan PPKM Darurat di seluruh Indonesia. Memang, kondisi Indonesia tengah mengalami lonjakan Covid-19 bahkan varian sudah menjangkiti beberapa warga. Naudzubillah. Kondisi tersebut tentunya menjadikan beberapa pekerjaan tak dapat umat jalankan secara maksimal, baik di sektor esensial dan non-esensial.

Sobat Cahaya Islam, perusahaan Ray White nyatanya tak dapat memenuhi syarat untuk melakukan PPKM Darurat. Sebab ketika Bapak Anies Baswedan selaku Gubernur DKI melakukan sidak, beliau masih menemukan adanya pekerja yang masih masuk bekerja secara offline. Tentu saja hal tersebut dapt menjadikan perusahaan tersebut mendapatkan sanksi.

Bagaimana Sikap Umat atas Tindakan Perusahaan Ray White terhadap Para Pekerjanya?

Sobat Cahaya Islam, kebijakan tetap bekerja selama program PPKM Darurat bisa saja sudah melalui banyak pertimbangan. Misal, standar operasional perusahaan maupun manajemen produksi tak bisa berjalan. Atau bisa saja jika umat bekerja dari rumah (work from home), umat akan mendapat pemotongan gaji atas kesepakatan bersama dari perusahaan. 

Tentu, kondisi pemotongan gaji atau bahkan pengurangan karyawan dapat menjadikan umat kehilangan pekerjaan. Padahal, di musim pandemi sekarang kebutuhan akan pekerjaan sangat umat harapkan.

Idealnya, di tengah kondisi darurat seperti sekarang umat seharusnya mendapat penjaminan dari negara baik dari segi pemenuhan kebutuhan hidup maupun kesehatannya. Namun, kondisi tersebut tampaknya akan sulit terjadi sebab negeri tak kunjung memberlakukan pasal karantina kesehatan.

Sehingga bagaimana umat bersikap tentu harus kembali pada cara pandang kehidupan kaum muslimin. Pertama, umat perlu memahami bahwa tragedi pandemi di seluruh negeri terjadi karena takdir dari Allah SWT.

Kedua, umat harus tetap berikhtiar untuk menjaga kesehatan dengan menerapkan protokol sesuai yang telah pemerintah tentukan. Ketiga, hendaknya umat senantiasa bersuara untuk menyampaikan kebenaran terkait bagaimana fungsi daripada kenegaraan itu sendiri untuk menyejahterakan rakyat dan mengayomi bangsa.

Strategi Umat untuk Melaksanakan PPKM Darurat dengan Aman

Sobat Cahaya Islam, walaupun Program PPKM Darurat telah berlaku, maka umat perlu untuk tetap tenang agar dapat melaluinya. Sebab, tenang adalah salah satu kondisi yang harus umat tingkatkan agar imun tetap dapat meningkat. Berikut beberapa rekomendasi strategi yang dapat umat lakukan yakni :

1.    Pastikan Taati Prokes Bila Harus Berdagang

Ray White

Jika umat haus berdagang, maka pastikan bahwa dagangan serta mekanisme jual beli menerapkan protokol kesehatan. Bila pedagang kaki lima, pastikan tempat yang umat gunakan berjarak agar menghindari terjadinya penyebaran virus.

2.    Tawakkal dan Berdo’a Kepada Allah SWT

Ray White

Bagi umat siapapun, bila terpaksa harus bekerja secara luring, maka harus memastikan bahwa diri selalu bertawakkal dan berdo’a kepada Allah SWT agar mendapat perlindungan. Sebab, hanya kepada Allah SWT saja tempat umat bergantung. Hal ini sesuai dengan firman Allah Ta’ala yakni :

وَالّٰۤـِٔيْ يَىِٕسْنَ مِنَ الْمَحِيْضِ مِنْ نِّسَاۤىِٕكُمْ اِنِ ارْتَبْتُمْ فَعِدَّتُهُنَّ ثَلٰثَةُ اَشْهُرٍۙ وَّالّٰۤـِٔيْ لَمْ يَحِضْنَۗ وَاُولَاتُ الْاَحْمَالِ اَجَلُهُنَّ اَنْ يَّضَعْنَ حَمْلَهُنَّۗ وَمَنْ يَّتَّقِ اللّٰهَ يَجْعَلْ لَّهٗ مِنْ اَمْرِهٖ يُسْرًا

Artinya: Perempuan-perempuan yang tidak haid lagi (menopause) di antara istri-istrimu jika kamu ragu-ragu (tentang masa idahnya) maka idahnya adalah tiga bulan; dan begitu (pula) perempuan-perempuan yang tidak haid. Sedangkan perempuan-perempuan yang hamil, waktu idah mereka itu ialah sampai mereka melahirkan kandungannya. Dan barangsiapa bertakwa kepada Allah, niscaya Dia menjadikan kemudahan baginya dalam urusannya. (At Thalaq 4)

3.    Sering Sedekah

Selain itu, umat harus meningkatkan aktivitas sedekah berapapun yang ia miliki. Sebab, harta yang umat miliki sesungguhnya adalah harta yang umat sedekahkan di jalan Allah SWT. Sehingga, Allah SWT pun tak melihat nominal sedekah tersebut, melainkan perjuangan umat ketika bersedekah.

Nah Sobat Cahaya Islam, demikianlah ulasan mengenai dampak kebijakan PPKM Darurat bagi perusahan Ray White yang mungkin saja terjadi pada perusahaan lain. Selain itu, terdapat ulasan mengenai strategi agar umat dapat menjalani masa PPKM Darurat dengan tenang dan tetap lillahita’ala.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY