Tata Cara dan Doa Menyembelih Hewan Kurban

0
82
doa menyembelih hewan kurban

Doa Menyembelih Hewan KurbanSobat Cahaya Islam, sebelum kita membahas lebih lanjut tentang tata cara dan doa menyembelih hewan kurban yang benar sesuai syariat Islam, terlebih dahulu kita akan membahas tentang hukum berkurban. Berkurban merupakan ibadah yang mulia di bulan Dzulhijjah selain ibadah haji di baitullah.

Hukum berkurban adalah sunnah muakad atau sunnah yang sangat dianjurkan, sunnah muakad adalah sunnah yang mendekati wajib, bahkan beberapa ulama menyebutkan bahwa hukum berkurban adalah wajib bagi yang mampu. Berkurban merupakan bentuk kepasrahan seseorang kepada Allah untuk mendekatkan diri dan bentuk rasa syukur.

Seperti yang tercantum dalam Al Quran Surat Al Hajj ayat 34 dan 35

”34. Dan bagi setiap umat telah kami syariatkan penyembelihan kurban, agar mereka menyebut nama Allah atas rizki yang dikaruniakan Allah kepada mereka berupa hewan ternak. Maka Tuhanmu ialah Tuhan Yang Maha Esa, karena itu berserah dirilah kamu kepadanya. Dan sampaikanlah Muhammad kabar gembira kepada orang orang yang tunduk patuh (kepada Allah). 35. Yaitu orang orang yang apabila disebut nama Allah hati mereka bergetar, orang yang sabar atas apa yang menimpa mereka, dan orang yan melaksanakan sholat dan orang yang menginfakkan sebagian rizki yang kami karuniakan kepada mereka. (QS. Al Hajj 34 dan 35)

Penyembelihan hewan kurban dilaksanakan pada tanggal 10 Dzulhijjah  setelah sholat Idul Adha hingga selesainya hari tasyrik yaitu tanggal 13 Dzulhijjah. Pada saat inilah kita diharamkan untuk berpuasa. Hewan yang disembelih untuk berkurban diutamakan domba. Tetapi selain domba diperbolehkan juga berkurban dengan kambing, sapi, ataupun unta.

Lalu bagaimana dengan Tata Cara dan Doa Menyembelih Hewan Kurban?
Menyembelih hewan kurban harus dilakukan sesuai syariat agama, yaitu dengan menggunakan alat yang tajam, sebab jika tidak malah akan menyiksa hewan kurban tadi. Kemudian memotong leher kerongkongan dan tenggorokan, serta dua urat nadi.

Tata Cara Menyembelih Hewan Kurban

doa menyembelih hewan kurban

Sebagaimana penjelasan pada paragraf di atas. Penyembelihan hewan kurban harus dilaksanakan sesuai dengan syariat agama. Lalu, bagaimana tata caranya? Ada beberapa tata cara menyembelih hewan kurban diantaranya adalah:

  1. Pisau yang digunakan harus tajam, semakin tajam maka proses penyembelihan semakin baik, karena dapat mengurangi penderitaan hewan yang akan disembelih.
  2. Tidak mengasah pisau didepan hewan kurban, karena jika dilakukan didepan hewan kurban, maka menyebabkan hewan kurban merasa takut sebelum disembelih.
  3. Kemudian menghadapkan hewan kearah kiblat
  4. Setelah itu membaringkan hewan kurban di atas lambung sisi kiri
  5. Selanjutnya menginjakkan kaki pada bagian leher hewan kurban
  6. Kemudian membaca bismillah
  7. Lalu Membaca takbir
  8. Menyebutkan nama orang yang berkurban
  9. Tidak lupa menyembelih dengan cepat supaya meringankan rasa sakit pada hewan
  10. Kemudian memastikan pada bagian yan wajib terpotong yaitu kerongkongan, tenggorokan atau dua urat leher
  11. Dilarang memotong sempurna leher sebelum hewan tersebut benar benar mati

Doa Menyembelih Hewan Kurban

doa menyembelih hewan kurban

Sebelum melakukan penyembelihan hewan kurban, disyariatkan untuk terlebih dahulu membaca doa menyembelih hewan kurban. Lalu, bagaimana doanya? Terdapat dua jenis doa menyembelih hewan kurban, dan dibedakan menurut status hewan kurban. Apakah milik sendiri atau milik orang lain yang sudah diwakilkan untuk disembelih:

1.      Hewan Milik Sendiri

Apabila hewan kurban milik sendiri, maka seperti inilah doanya

“bismillahi wallahu akbar, Allahumma inna hadza minka walaka”

“Dengan menyebut nama Allah, Allah maha besar sesungguhnya sembelihan ini darimu dan untukmu”.

2.      Hewan Bukan Milik Sendiri

Apabila hewan kurban bukan milik sendiri atau pemiliknya telah mewakilkan pada orang lain, maka doa menyembelihnya seperti ini

“bismillahi wallahu akbar, Allahumma hadza ‘an fulan (sebutkan nama pemiliknya)

“dengan menyebut nama Allah, Allah maha besar, Ya Allah ini dari si Fulan (sebut nama pemiliknya).

Sobat Cahaya Islam, itu tadi tata cara dan doa menyembelih hewan kurban. Semoga dengan mengetahui Tata Cara dan doa menyembelih hewan kurban dapat menambah keimanan kita kepada Allah, dan semoga kita diberi kesempatan serta kemampuan untuk berkurban di bulan yang penuh kemulyaan ini. Aamiiin.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY