Seserahan Sultan Nganjuk, Sapi Hingga Hasil Bumi! Bagaimana Seserahan Menurut Islam?

0
33
Seserahan Sultan Nganjuk 3

Seserahan Sultan Nganjuk – Beberapa waktu lalu viral sebuah video seserahan pernikahan seorang ‘Sultan’ di Nganjuk. Hal ini karena tampak seserahan yang diberikan adalah berupa empat ekor sapi, perabot rumah tangga dan juga gunungan hasil bumi. Hasil bumi yang menjadi seserahan tersebut juga tampak ditaruh pada iringan empat kendaraan roda tiga yang sudah dihias janur kuning. Tentu saja ini menjadi perbincangan hangat di media sosial karena berbagai macam seserahan yang ada.

Seserahan Sultan Nganjuk 1

Acara hantaran pengantin ‘Sultan’ Nganjuk ini juga dibenarkan oleh calon mertua pengantin pria. Hantaran yang diberikan memang berupa empat ekor sapi dan juga hasil bumi. Ini adalah hal yang lumrah dilakukan sebelum prosesi pernikahan. Hanya saja, seserahan yang diberikan ini dianggap bernilai cukup besar sehingga menjadi viral seketika. Dalam islam, telah diatur juga bagaimana pihak laki-laki perlu memberikan sejumlah seserahan kepada pihak perempuan.

Seserahan Sultan Nganjuk, Sapi Hingga Hasil Bumi! Bagaimana Seserahan Menurut Islam?

Seserahan Sultan Nganjuk 2

Sserahan Sultan Nganjuk berupa sapi hingga hasil bumi ini menjadi viral di media sosial. Hal ini karena nilai seserahan yang besar dan tidak biasa. Dalam islam sendiri, juga diatur bahwasanya Allah memerintahkan kaum laki-laki untuk memberikan mahar kepada wanita yang dinikahi. Dan tentu saja ini harus penuh dengan kerelaan dan juga sesuai dengan kemampuan.

Berikanlah maskawin (mahar) kepada wanita (yang kamu nikahi) sebagai pemberian dengan penuh kerelaan. Kemudian jika mereka menyerahkan kepada kamu sebagian dari maskawin itu dengan senang hati, maka makanlah (ambillah) pemberian itu (sebagai makanan) yang sedap lagi baik akibatnya.

Ayat ini telah mengatur bahwasanya pihak laki-laki diperintahkan untuk memberikan mas kawin atau mahar kepada wanita yang akan dinikahi. Tentu saja seserahan atau mahar ini sebagai bentuk penghargaan yang diberikan kepada pihak wanita. Dan untuk nilainya sendiri atau bentuk seserahan yang diberikan tentunya tidak ada penentuan yang pasti dalam aturan islam. Lalu bagaimana seserahan menurut pandangan islam? Berikut beberapa poin seserahan yang bisa diberikan.

Sesuai Dengan Kemampuan

Seserahan Sultan Nganjuk 3

Seserahan yang diberikan pihak laki-laki kepada calon yang akan dinikahi tidak ditentukan nilainya. Melainkan sesuai dengan kemampuan. Yang diatur dalam islam sendiri, mahar atau seserahan yang diberikan harus penuh kerelaan. Itu artinya yang terpenting adalah ikhlas. Dan tentu saja disesuaikan dengan kemampuan untuk memberikan seserahan tersebut.

Yang Bermanfaat

Seserahan biasanya disesuaikan dengan kebutuhan perempuan. Itu artinya, seserahan yang diberikan bisa bermanfaat atau bisa dikenakan oleh pihak perempuan. Jika menurut adat yang berlaku di Indonesia sendiri atau adat jawa, seserahan bisa berupa emas, pakaian atau serangkaian alat yang biasanya dikenakan dan dibutuhkan.

Tidak Memberatkan

Yang terpenting dalam memberikan seserahan adalah tidak memberatkan pihak laki-laki dan juga ikhlas. Ini poin penting seserahan dalam ajaran islam. Apalagi seserahan bisa dianggap sebagai hadiah bagi calon yang akan dinikahi. Itu sebabnya, yang penting adalah penuh kerelaan apa yang diberikannya dan juga tidak menjadikan beban berat bagi pemberinya.

Seserahan Sultan Nganjuk – berupa sapi hingga hasil bumi viral di sosial media. Sobat CahayaIslam, seserahan ini tidak ditentukan pasti nilai dan wujud barang apa yang harus diberikan. Kita hanya perlu memperhatikan poin penting dalam seserahan menurut islam.


Catatan Kaki:

(1) -Surat An-Nisa Ayat 4

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY