SCTV Award 2020, Perlunya Muslim Berlomba-lomba dalam Kebaikan

0
31

SCTV Award 2020 – Menjadi ajang yang ditunggu bagi para pemain yang ikut bergabung dengan channel stasiun TV tersebut. Pasalnya acara serupa sudah dilakukan pada tahun-tahun sebelumnya, secara konsisten setiap tahun.

Pada SCTV Award 2020, Rizky Billar memenangkan nominasi artis paling sosmed. Selain itu, ada Rangga Azof sebagai pemenang aktor utama paling ngetop. Sedangkan Haico Van Der Veken menjadi pemenang artis utama paling ngetop.

Nominasi yang menjadi pemenang dalam ajang yang diadakan SCTV ini tidak lepas dari ketentuan Allah SWT sekaligus usaha mereka dalam berkecimpung di dunia entertainment. Dunia a entertainment saja begitu menggairahkan untuk saling berlomba-lomba, bagaimana dengan ibadah?

Sobat Cahaya Islam, sebagai umat Islam sebaiknya kita juga perlu berlomba-lomba dalam hal kebaikan. Apalagi mengingat adanya dalil yang tertera dalam Al-Qur’an surah  Al-Baqarah ayat 148 di bawah ini.

وَلِكُلٍّ وِجْهَةٌ هُوَ مُوَلِّيهَا ۖ فَٱسْتَبِقُوا۟ ٱلْخَيْرَٰتِ ۚ أَيْنَ مَا تَكُونُوا۟ يَأْتِ بِكُمُ ٱللَّهُ جَمِيعًا ۚ إِنَّ ٱللَّهَ عَلَىٰ كُلِّ شَىْءٍ قَدِيرٌ

Dan bagi tiap-tiap umat ada kiblatnya (sendiri) yang ia menghadap kepadanya. Maka berlomba-lombalah (dalam membuat) kebaikan. Di mana saja kamu berada pasti Allah akan mengumpulkan kamu sekalian (pada hari kiamat). Sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu. (Al-Baqarah: 148)

Ayat di atas menunjukkan perintah untuk saling berlomba-lomba dalam hal kebaikan. Di mana semua umat manusia kelak akan dimintai pertanggungjawaban besok di akhirat.

Mengapa muslim perlu saling berlomba-lomba? Ketahui penjelasannya di bawah ini.

Ada Ajang STV Award 2020, di Sisi Lain Muslim Perlu Berlomba-lomba dalam Islam

Muslim perlu berlomba-lomba dalam hal kebaikan. Hal ini dikarenakan beberapa alasan

  1. Agar Semangat dalam Beribadah

Berlomba-lomba dalam kebaikan dalam segala hal apa pun, agar setiap menjalani ibadah bisa secara maksimal dan tetap semangat, mengingat manusia kadang mengalami fluktuasi (naik-turun) iman.

Oleh karena itu, Allah SWT sendiri memerintahkan muslim untuk saling mengejar ampunan dan pahala lewat kemampuan masing-masing. Bahkan beberapa lembaga agama juga sering mengadakan lomba semacam Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ).

MTQ diadakan untuk saling berusaha mengeluarkan bidang perlombaan seperti tilawah, murotql, kaligrafi, tafsir, tahfiz, dan lainnya sebagai upaya menyiarkan ajaran agama Islam.

  • Antara Persoalan Dunia dan Akhirat Bisa Seimbang

Jika masalah dunia saja saling berlomba-lomba, permasalahan yang bersifat ke depannya yakni akhirat tidak boleh kalah. Sebisa mungkin bisa saling seimbang tidak terlalu mementingkan dunia yang mana banyak tipu dayanya.

Begitu pun tidak terlalu fokus dengan akhirat, sebab kita sedang berada di dunia. Lakukan amaliah dunia sebagai bentuk sarana beribadah kepada Allah SWT.

  • Mendapatkan Kebahagiaan Sejati

Kebahagiaan sejati yakni ketika hati bisa tenang menjalani hidup di samping berada dalam dunia yang kadang semrawut. Berlomba-lomba dalam kebaikan untuk semakin dekat dengan Allah SWT langkah yang tepat mencapai ketenangan hati.

  • Bisa Senantiasa Ingat Allah SWT

Malas, atau rasa ingin menyerah terhadap apa yang diperjuangkan menjadi hambatan utama dalam menjalankan ibadah. Berlomba-lomba dalam kebaikan  dengan  cara beribadah  seakan esok ajal akan menjemput bisa menyadarkan muslim untuk terus mengingat Allah SWT dalam semua keadaan.

  • Hidup Akan Lebih Terarah

Berlomba-lomba berarti memiliki tujuan yang pasti akan diraih maka hidup muslim yang menerapkan diri untuk terus melakoni akan lebih terarah jelas.

Sobat Cahaya Islam, lima alasan penting perlunya berlomba-lomba dalam hal kebaikan. Semoga adanya ajang SCTV Award 2020 bisa memberikan inspirasi untuk semangat mewujudkan cita-cita baik dunia maupun akhirat. Aamiin.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY