Sampah Warga Jakarta di Bulan Ramadhan Meningkat, Ini Akibat Menimbun Sampah Menurut Islam

0
32
Sampah Warga Jakarta 2
.

Sampah warga Jakarta – Di bulan Ramadhan ini, volume sampah mengalami peningkatan yang cukup tinggi. Terutama untuk wilayah Jakarta. Volume sampah di wilayah DKI Jakarta meningkat hingga sebesar 20 persen dibandingkan hari-hari biasanya. Ini mungkin di pengaruhi dengan bulan puasa yang memungkin orang membuang sampah dengan volume yang lebih banyak. Sehingga sampah yang ada di pembuangan sampah juga semakin banyak.

Sampah Warga Jakarta 1

Sampah yang menumpuk tentu saja akan menyebabkan banyak kerugian lho. Dan volume sampah yang meningkat di wilayah DKI Jakarta ini, jika tidak dibersihkan tentu saja bisa mengakibatkan beberapa hal. Islam sendiri mengajarkan kaum muslimin untuk menjaga kebersihan. Itu juga tercermin dalam sikap membuang sampah pada tempatnya atau tidak menimbun sampah. Dengan banyaknya sampah yang ada di bulan Ramadhan sekarang ini, tentunya harus dibersihkan dengan segera.

Sampah Warga Jakarta di Bulan Ramadhan Meningkat, Begini Akibatnya Menimbun Sampah Menurut Islam

Sampah Warga Jakarta 2
.

Sampah warga Jakarta yang mengalami peningkatan di bulan Ramadhan ini. Ini menjadi suatu hal yang harus diperhatikan. Apalagi sampah juga berkaitan dengan kebersihan lingkungan tentu saja. Itulah kenapa membersihkan sampah juga menjadi suatu tindakan yang dianjurkan lho dalam islam. Allah menyukai kebersihan dan juga Allah sendiri memerintahkan kaum muslimin untuk dapat menjaga lingkungan. Ini tercermin dalam ayat Al Quran sobat CahayaIslam.

Dan apabila ia berpaling (dari kamu), ia berjalan di bumi untuk mengadakan kerusakan padanya, dan merusak tanam-tanaman dan binatang ternak, dan Allah tidak menyukai kebinasaan.

Jika islam saja mengajarkan tentu menjaga lingkungan dan juga kebersihan. Itu artinya menimbun sampah bukanlah perbuatan yang dibenarkan. Maka dari itu, sampah haruslah dibuang pada tempatnya atau sebaiknya segera dibersihkan. Tahukah sobat CahayaIslam, ada beberapa akibat atau kerugian lho dari menimbun sampah menurut pandangan islam. Apa sajakah?

Sebabkan Kerusakan Lingkungan

Sampah Warga Jakarta 3

Dalam islam, telah dijelaskan larangan mengenai berbuat kerusakan. Dan tentu saja dengan menimbun sampah, itu artinya kita menyebabkan kerusakan lingkungan. Ini jelas dilarang dalam islam karena sama halnya berbuat kerusakan. Jadi, sebagai seorang muslim kita harus menjaga dan melestarikan lingkungan. Salah satunya dengan membuang sampah pada tempatnya atau membersihkan sampah dengan segera.

Jauh Dari Kebersihan

Tahukah bahwasanya Allah menyukai kebersihan? Itulah kenapa islam mengajarkan kaum muslimin untuk bisa menjaga kebersihan. Tujuannya tentu saja agar tercipta lingkungan yang bersih dan nyaman. Sobat CahayaIslam mungkin pernah mendengar bahwa tempat yang kotor bisa menjadi sarang syaitan atau jin lho. Itu salah satu alasan kenapa islam selalu menganjurkan kaum muslimin untuk menjaga kebersihan.

Tidak Mencerminkan Sikap Muslim

Jika islam saja mengajarkan untuk menjaga kebersihan dan lingkungan, maka menimbun sampah adalah hal yang bertentangan dengan itu. Maka ini artinya, tindakan tersebut bukanlah cerminan sikap seorang muslim. Dan ini bisa membuat kita sulit untuk mendapatkan cinta Allah SWT lho. Karena Allah sendiri menyukai golongan orang yang menjaga kebersihan.

Sampah warga Jakarta – pada bulan Ramadhan ini mengalami peningkatan. Sobat CahayaIslam harus tahu apa akibatnya menimbun sampah dan tidak menjaga kebersihan menurut pandangan islam.


Catatan Kaki:

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY