Konsumen Marahi Kurir Karena Barang Tidak Sesuai, Ini Etika Dalam Belanja Online Menurut Islam!

0
63
Konsumen Marahi Kurir 2

Konsumen marahi kurir – Beberapa waktu lalu, beredar video dimana konsumen memarahi kurir karena barang yang diterimanya tidak sesuai. Tidak sedikit, kurir menjadi sasaran amarah konsumen hingga dimaki-maki. Video yang beredar ini pun menuai banyak komentar karena merasa kasihan kepada kurir yang tugasnya hanya mengantarkan barang. Banyak juga konsumen yang tidak bersedia membayar barang yang sudah diterimanya karena dianggap tidak sesuai. Dan hal ini juga mendapatkan tanggapan dari dosen Unair.

Konsumen Marahi Kurir 2

Banyaknya kasus konsumen yang memaki atau memarahi kurir ekspedisi cukup miris. Apalagi sampai melontarkan kata-kata yang tidak pantas. Hal ini menjadikan sistem COD dalam belanja online menuai komentar dan kritik dari masyarakat. Terlebih merasa kasihan terhadap kurir yang tidak mengetahui apa-apa. Dalam islam, sikap seperti ini juga bertentangan dengan ajaran islam. Karena islam sendiri menjunjung tinggi perdamaian, sehingga kaum muslimin dianjurkan bersikap baik terhadap sesama.

Konsumen Marahi Kurir Karena Barang Tidak Sesuai, Ini Etika Dalam Belanja Online Menurut Islam!

Konsumen Marahi Kurir 1

Konsumen marahi kurir karena barang tidak sesuai tentu saja bukan tindakan yang terpuji. Apalagi kurir hanya bertugas untuk mengantarkan barang. Dan yang kita tahu dalam beberapa video yang tengah viral, banyak konsumen yang memaki hingga menodongkan samurai kepada kurir. Dan ini sungguh perbuatan yang tidak pantas. Dalam islam sendiri, kita telah diajarkan untuk berbuat baik kepada sesama dan menghindari hal-hal yang bisa menyebabkan perselisihan.

Dan orang-orang yang menyakiti orang-orang yang mukmin dan mukminat tanpa kesalahan yang mereka perbuat, maka sesungguhnya mereka telah memikul kebohongan dan dosa yang nyata.

Dalam ayat ini telah dijelaskan bagaimana islam melarang kaum muslimin untuk menyakiti sesama yang tidak berbuat salah. Barangsiapa melakukan perbuatan ini, maka sama halnya dengan memikul kebohongan dan juga dosa yang nyata. Maka dari itu sobat CahayaIslam, tindakan yang dilakukan konsumen kepada kurir juga termasuk dalam sikap menyakiti sesama lho. Lalu bagaimana etika dalam belanja online menurut islam?

Selektif Dalam Memilih Barang

Konsumen Marahi Kurir 3

Belanja online di era modern sekarang ini telah menjadi alternatif yang paling disukai masyarakat. Ini karena belanja online lebih praktis dan juga tidak membuang banyak waktu. Hanya saja, belanja online yang pada dasarnya tidak melihat barang secara langsung. Tentu saja membutuhkan lebih selektif saat memilih barang yang akan dibeli. Ini untuk menghindari barang yang kita terima tidak sesuai dengan aslinya.

Memahami Resiko Belanja Online

Dalam berbelanja secara online, sebagai konsumen kita juga perlu mengerti apa resiko yang bisa diterima. Seperti barang tidak sesuai, penipuan dan lain sebagainya. Itu sebabnya, tidak seharusnya konsumen justru memarahi kurir karena barang yang diterima tidak sesuai. Karena hal tersebut juga menjadi resiko kita sebagai konsumen.

Konsumen marahi kurir – karena barang yang diterima tidak sesuai. Video yang viral di media sosial cukup membuat kita tahu bahwa belanja online ini cukup beresiko. Namun tindakan seperti memarahi kurir itu bukan perbuatan terpuji. Maka dari itu sobat CahayaIslam, kita perlu mengetahui etika dalam belanja online.


Catatan Kaki:

(1) – Surat Al-Ahzab Ayat 58

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY