Salmafina Pasang Foto Seksi Di Medsos, Apakah Termasuk Salah Satu Dosa Jariyah?

0
27

Salmafina – Putri pengacara kondang Sunan Kalijaga yang juga merupakan mantan istri dari Taqy Malik, setelah 2018 lalu cerai. Dia merupakan selebgram dan juga penulis yang dulu memiliki hobi clubing dengan memakai pakaian yang buka aurat.

Alhamdulillah, tahun 2017 Salmafina dikabarkan hijrah. Setelah cerai dengan suaminya justru dia kembali membuka aurat, bahkan berpindah keyakinan menjadi Kristen. Baru-baru ini ia menghebohkan netizen dengan mengekspos foto berpakaian bikini ke media sosial bersama pacar bulenya.

Sobat Cahaya Islam, sayang beribu sayang ketika cahaya hidayah menghampiri dan kemudian pudar. Membuka aurat bagi umat Islam jelas pantangan. Apalagi wanita yang merupakan perhiasan di dunia, yang mana auratnya seluruh tubuh kecuali tangan dan wajah.

Salmafina Pasang Foto Seksi, Penyebab Tindakan Disebut Dosa Jariyah

Dosa jariyah lawan dari amal jariyah sama-sama bersifat mengalir seperti air yang akan turun dari tempat yang tinggi ke tempat rendah, yang pada hakekatnya berasal dari sebuah sumber. Manusia harus hati-hati manakala menjadi pelopor suatu tindakan, jikalau itu baik tidak masalah.

Memposting foto dengan membuka aurat berarti membuka ladang dosa. Ibarat ladang yang digunakan untuk bertani secara terus-menerus akan memberikan hasil. Memposting foto dengan pakaian seksi buka aurat bisa disebut ladang dosa jariyah.

Penyebab Tindakan Disebut Dosa Jariyah

Berikut kita bahas bersama terkait tindakan seperti apa yang tergolong dosa jariyah.

  1. Kejahatan Dilakukan di Depan Umum atau Dipublikasikan Lewat Media

Semua tindakan yang dilakukan di depan umum, baik itu baik maupun buruk, meski tidak dengan maksud memperlihatkan agar ditiru orang lain. Tapi orang di sekitarnya terlanjur melihat otomatis ada kemungkinan untuk meniru.

Meniru kejahatan yang dilakukan seseorang. Maka orang yang berbuat jahat akan juga mendapat dosa dari orang yang meniru tindakannya. Jangan buat setan semakin bahagia, menjadi topeng pelindung yang mau dibawa ke mana saja.

Di bawah ini dalil larangan menjadi pelindung setan yang berusaha menggoda keimanan saudaranya.

لا تكونوا عون الشيطان على أخيكم

“Janganlah kalian menjadi penolong setan untuk menggoda saudara kalian” (HR. Bukhari no.6781)

  1. Bersifat Membuat Orang Dosa

Membuat orang berdosa itu bagaimana? Misalnya membuka aurat dengan diekspos ke media sosial, sehingga dilihat banyak orang. Orang yang melihat ada orang yang membuka aurat dengan nafsu bisa ikut berdosa.

Sebab menjaga pandangan oleh Islam diajarkan, sudah menjaga pandangan lalu ada orang yang membuka aurat sehingga dapat memicu dilanggarnya ketentuan batasan-batasan agama Islam.

  1. Mengajak Melakukan Kejahatan

Hati-hati mengajak orang, kalau tidak mau digiring untuk dimintai pertanggungjawaban. Mengajak Melakukan kejahatan sama halnya membuka peluang kredit dosa, yang lambat laun akan berbunga.

Jika mengajak orang berbuat jahat, lalu orang itu mau setelah itu orang yang diajak mengajak orang lain, sehingga semacam rantai ajakan kejahatan yang dapat membuat gundukan dosa yang bisa dibawa sampai meninggal dunia.

Tiga poin di atas bisa menggolongkan tindakan ke dalam kategori dosa jariyah yang dapat mengalir walaupun pelaku telah meninggal dunia. Semoga Salmafina diberikan hidayah kembali oleh Allah SWT dan diberi petunjuk untuk kembali ke agama Islam dan menjalankan segala syariat yang ditentukan agama. Aamiin.

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!