Influencer Islam Kenapa Tidak? Ini 7 Manfaatnya Bagi Islam

0
46

Influencer – Indonesia mengeluarkan dana besar dalam membayar jasa ini. Berdasarkan Indonesia Corruption Watch, (ICW) ditemukan bahwa anggaran untuk orang yang memberikan pengaruh ini mencapai 90 milyar dalam jangka waktu 2017-2020.

Biaya yang besar untuk influencer itu, paling banyak digunakan oleh Kementerian Pariwisata, mengingat pula banyak objek-objek wisata di Indonesia, sehingga diharapkan dapat membantu memberikan pengetahuan terkait digital ekonomi di kalangan masyarakat luas.

Biasanya orang yang berpengaruh antara lain selebritis, YouTubers, selebgram, blogger, maupun publik figur di komunitas tertentu. Pengaruhnya mudah dipercayai oleh orang banyak. Hal itu sejurus dengan perkembangan zaman di era globalisasi dengan digitalisasi yang semakin canggih.

 

Sobat Cahaya Islam, sebagai umat Islam yang diperintahkan menyebarkan kebaikan walaupun satu ayat maka perlulah generasi milenial yang peduli dakwah secara digital untuk memperluas wawasan keislaman. Agar media massa tidak sepenuhnya dikuasai oleh orang-orang yang berpengaruh dalam hal kejahatan.

7 Manfaat Influencer Bagi Islam

Islam mengajarkan untuk selalu nasehat menasihati dalam hal kebenaran. Untuk mendukung hal tersebut, banyak cara dapat dilakukan tanpa kekerasan dan mengena di lubuk jiwa, yang menjadi semisal YouTubers atau selebgram yang menyebarkan dakwah Islam.

Berikut perintah berdakwah berdasarkan Al-Qur’an surah Al-‘Imran ayat 104.

وَلْتَكُن مِّنكُمْ أُمَّةٌ يَدْعُونَ إِلَى الْخَيْرِ وَيَأْمُرُونَ بِالْمَعْرُوفِ وَيَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنكَرِ وَأُوْلَـئِكَ هُمُ الْمُفْلِحُونَ

“Dan hendaklah ada di antara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang makruf dan mencegah dari yang munkar; merekalah orang-orang yang beruntung.” (Q.S. Ali Imran [3]: 104)

Adapun manfaatnya bagi Islam sebagai berikut:

  1. Menyebarkan Dakwah Islam

Berdakwah untuk agama adalah kewajiban bagi umat Islam, Islam agama yang damai tidak memperbolehkan kekerasan dan mengajarkan kasih-sayang dan toleransi. Jika semakin banyak orang yang berpengaruh dalam sayap dakwah Islam. Maka Islam dapat maju.

  1. Meningkatkan Keimanan Followers

Banyak orang yang berpengaruh, salah satunya ada Ayana Moon yang memilih jalan untuk jadi  selebgram daripada ustazah. Selebgram tentu banyak followersnya, jadi jika isi kontennya bersifat islami maka bisa meningkatkan keimanan followersnya.

 

  1. Penyeimbang Zaman Milenial

Zaman sudah maju, jika berdakwah tanpa dukungan digitalisasi maka jelas ketinggalan. Sekarang berita mudah di dapat meskipun berdiam di rumah. Dakwah dengan gaya milenial ini sebagai penyeimbang zaman.

  1. Mengajak Melakukan Kebaikan

Posting sana-sini dengan beragam konten, memposting ajakan melakukan sangat mungkin dapat dilakukan. Tanpa butuh koar-koar dengan keras. Kebaikan pun dapat disebarkan secepatnya.

  1. Mendorong Kekuatan Agama Islam

Hidup di dunia maya yang tidak luput pula dari ranah dunia maya. Kekuatan Islam perlu didorong dengan cara langsung atau tidak langsung menggunakan media sosial yang mana dapat memberikan pengaruh.

 

  1. Memperingatkan Hal-hal yang Dilarang Syariat Islam

Nahi mungkar berarti mencegah kemungkaran atau kebatilan. Lewat media sosial, peringatan untuk tidak melakukan hal-hal yang tidak diperbolehkan oleh agama bisa dilakukan dengan cara memaparkan akibatnya (hukum kausalitas).

  1. Memberikan Solusi Atas Permasalahan

Munculnya orang yang berpengaruh menjadi figur panutan banyak orang sehingga dipersiapkan siap menerima berbagai pertanyaan terkait permasalahan. Tak jarang justru mengalihkan perannya menjadi seperti konsultan, memberikan petuah langkah solusi permasalahan.

Itu tujuh manfaat influencer untuk agama Islam. Ingat sobat Cahaya Islam ada banyak cara dan jalan menyebarkan kebenaran sesuai dengan ajaran agama Islam. Islam membutuhkan banyak orang-orang yang berpengaruh lewat kiprahnya masing-masing.

 

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!