Sabar Menghadapi Cobaan Wajib Bagi Setiap Mukmin

0
223
Sabar-Menghadapi-Cobaan-Wajib-Bagi-Setiap-Mukmin

Sabar Menghadapi Cobaan – Semua yang terjadi di dunia ini adalah takdir Allah, baik itu berupa nikmat ataupun cobaan. Sebagai umat muslim, hendaknya kita bersyukur atas nikmat Allah. Sementara itu, seorang muslim harus menghadapi cobaan dengan kesabaran. Memang, tidak mudah rasanya ketika tertimpa cobaan. Namun, bersabar adalah wajib bagi setiap muslim.

Sabar Menghadapi Cobaan atau Musibah

Sabar itu ada tiga macam. Yang pertama adalah sabar dalam ketaatan, yakni menjalankan perintah Allah. Kemudian, yang kedua adalah sabar dalam maksiat, yakni menjauhi maksiat atau dosa. Terakhir, ada juga sabar dalam menghadapi takdir yang beruma cobaan atau musibah. Pasalnya, takdir yang satu ini memang terasa berat dan menyakitkan.

Namun, kita semua harus ingat bahwa wajib hukumnya beriman kepada takdir baik dan buruk. Oleh karena itu, sadarlah bahwa cobaan yang menimpa kita merupakan takdir Allah. Misalnya adalah cobaan berupa kehilangan salah seorang keluarga atau kehilangan harta benda.

Sabar sendiri artinya menahan diri. Jadi, seorang mukmin tidak boleh menampakkan kegelisahan pada hati, lisan, dan anggota badannya saat cobaan datang. Jangan sampai cobaan justru malah menggoyahkan iman yang sudah selama ini kita jaga.

Sabar Itu di Awal Musibah

Ada sebuah Riwayat dari Anas bin Malik bahwa Rasulullah pernah melewati seorang Wanita yang Tengah menangis di kuburan. Kemudian, beliau menyuruh Wanita tersebut untuk tetap bertakwa dan bersabar. Namun, Wanita itu malah menyuruh Rasulullah pergi menjauh. Tak lama berselang, ada seseorang yang memberitahu bahwa laki-laki yang menasehatinya itu adalah Rasulullah. Lantas saja, Wanita itu mendatangi rumah Rasulullah dan meminta maaf karena bersikap tidak sopan. Lalu, Rasulullah bersabda:

‏ إِنَّمَا الصَّبْرُ عِنْدَ الصَّدْمَةِ الأُولَى

“Sesungguhnya sabar adalah di awal musibah.” (1)

Memang, berat rasanya mengahadapi cobaan, apalagi jika itu menyangkut kehilangan harta atau keluarga tercinta. Tapi, jangan sampai rasa berat menghadapi cobaan tersebut membuat kita tidak bisa mengontrol emosi. Yang terpenting adalah menenangkan hati dan pikiran agar kesedihan akibat cobaan tersebut tidak berdampak buruk.

Balasan bagi Orang yang Sabar

Lalu, apa yang akan kita dapatkan jika kita bersabar? Sebagai balasan bagi orang yang bersabar, Allah berfirman:

اِنَّمَا يُوَفَّى الصّٰبِرُوْنَ اَجْرَهُمْ بِغَيْرِ حِسَابٍ

“Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabar-lah yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas.” (2)

Berkaitan dengan hal ini, Al-Auza’i menjelaskan bahwa kita tidak dapat menimbang dan menakar pahala bagi orang sabar. Jadi, Allah benar-benar akan meninggikan derajat mereka. Tentu saja, balasan bagi orang sabar tak lain ialah surga. Lebih dari itu, akan lebih baik lagi jika kita Ridha terhadap cobaan yang Allah berikan kepada kita. Jika tidak bisa, minimal kita bersabar dalam menghadapi ujian.


Referensi:

(1) Sunan Ibn Majah 1596

(2) Q.S. Az-Zumar Ayat 10

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY