Bisnis Lebih Bermanfaat, Apa Sih Rahasianya Menurut Islam?

0
50
Bisnis Lebih Bermanfaat 1

Bisnis lebih bermanfaat – Bisnis adalah suatu usaha yang dijalankan tentu saja untuk mendapatkan sejumlah uang atau keuntungan. Bidang usaha yang dijalankan juga beragam dalam suatu bisnis. Dibandingkan bekerja yang mana mengandalkan gaji dari orang lain, berbisnis rasanya lebih menjanjikan. Hal ini dikarenakan usaha yang dilakukan juga hasilnya akan dinikmati sendiri. Namun dalam berbisnis tentu saja juga pasang surut. Tidak heran jika ada beberapa kegagalan yang harus dihadapi.

Bisnis Lebih Bermanfaat 1

Dalam berbisnis, ada banyak hal yang harus diperhatikan. Gagal atau berhasil juga menjadi persoalan biasa saat membangun sebuah usaha atau bisnis. Dalam islam, berbisnis juga sudah diterapkan di jaman Rasulullah SAW. Namun ketika itu berdagang menjadi bisnis yang banyak dilakukan oleh umat islam. Maka dari itu sobat CahayaIslam, bisnis ini bisa lebih bermanfaat lho jika dilakukan dengan adab yang sesuai dalam ajaran islam. Sehingga tidak menyimpang dari ajaran agama.

Bisnis Lebih Bermanfaat, Begini Kiatnya Menurut Pandangan Islam

Bisnis Lebih Bermanfaat 2

Bisnis lebih bermanfaat jika ini dilakukan dengan adab atau etika yang sesuai dengan ajaran islam. Terlebih dalam bisnis itu sendiri lebih dianjurkan dibandingkan berbuat riba atau bekerja di tempat yang mengandung riba. Namun islam telah menegaskan bahwasanya kaum muslimin diperintahkan untuk bekerja. Kaum muslimin bisa memanfaatkan karunia yang ada di bumi untuk dijadikan sebagai sumber rezeki, selama itu tidak menyimpang dari ajaran islam.

Apabila telah ditunaikan shalat, maka bertebaranlah kamu di muka bumi; dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung.Dan apabila mereka melihat perniagaan atau permainan, mereka bubar untuk menuju kepadanya dan mereka tinggalkan kamu sedang berdiri (berkhotbah). Katakanlah: “Apa yang di sisi Allah lebih baik daripada permainan dan perniagaan”, dan Allah Sebaik-baik Pemberi rezeki.

Dalam ayat ini ditegaskan bagaimana kaum muslimin harus bekerja dengan mencari karunia Allah yang ada di muka bumi. Namun tentu saja juga harus memperhatikan apa yang boleh dan tidak dalam islam. Begitu juga dalam berbisnis, sangat penting untuk memperhatikan beberapa hal agar bisnis bisa menjadi lebih bermanfaat. Lalu apa saja rahasia bisnis agar lebih bermanfaat?

Bisnis Lebih Bermanfaat 3

Bisnis Yang Baik dan Halal

Salah satu rahasianya agar bisnis lebih bermanfaat tentu saja dengan menjalankan bisnis dengan jalan yang baik dan halal. Ini adalah kunci agar bisnis yang kita jalankan menjadi berkah untuk diri kita. Sementara jika kita mengabaikan hal tersebut, maka bisnis yang dijalankan bisa menjadi keburukan bagi diri sendiri. Maka dari itu, penting untuk memperhatikan bisnis yang baik dan juga halal.

Sering Bersedekah

Tahukah sobat CahayaIslam, bahwasanya bersedekah itu ternyata menyimpan banyak manfaat. Salah satunya memudahkan urusan dan rezeki kita. Dalam berbisnis, tidak ada salahnya menyisihkan sebagian penghasilan dari berbisnis untuk sedekah. Dan ini bisa mendatangkan lebih banyak manfaat dan juga keberhasilan berbisnis lho sobat CahayaIslam.

Bisnis lebih bermanfaat – harus dengan memperhatikan beberapa hal. Tahukah sobat CahayaIslam, ada beberapa rahasia agar bisnis lebih bermanfaat bagi kita lho. Diantaranya dengan memperhatikan bisnis apa yang dijalankan dan juga sering-sering bersedekah.


Catatan Kaki:

(1) – Surat Al-Jumu’ah Ayat 10-11

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY