Rukun Islam Adalah Pilar Seorang Muslim, Wajib Dipahami!

0
94

Rukun Islam – Seorang muslim wajib tahu dan paham setiap rukun Islam yang jumlahnya ada 5. Karena rukun Islam adalah pondasi sekaligus pilar untuk menyangga Islamnya seseorang. Apabila seorang muslim tidak melaksanakan satu dari lima rukun Islam, keislaman seseorang akan rapuh kemudian roboh. Sobat Cahaya Islam pasti tidak ingin Islamnya rusak. Oleh karena itu, wajib bagi kita untuk memahami lima rukun Islam.

Rukun Islam Sebagai Pilar Keislaman Seorang Muslim

Sobat Cahaya Islam, berikut ini adalah penjelasan mengenai rukun Islam.

1. Mengucapkan Syahadat

Seseorang dikatakan telah masuk Islam jika telah mengucapkan dua kalimat syahadat. Mengucapkan dua kalimat syahadat adalah pintu gerbang untuk memasuki ‘ruang’ yang bernama Islam. Mengucapkan syahadat tidak hanya di mulut saja. Hati, pikiran, dan perbuatan juga ikut bersyahadat. “Tidak Tuhan selain Allah, dan Muhammad adalah utusan Allah”.

Ketika sudah mengucapkan kalimat syahadat, sejak itulah seorang muslim telah menjadi bagian dari Islam. Segala tindak-tutur harus selaras dengan syariat Islam. Melakukan apa yang diperintah oleh Allah, dan menjauhi apa yang diharamkan-Nya.

2. Mendirikan Sholat Wajib

Seseorang yang beragama Islam wajib mengerjakan sholat wajib 5 waktu; Shubuh, Dzuhur, Ashar, Maghrib, dan Isya’. Sholat 5 waktu merupakan tiang agama dan ibadah utama dalam Islam. Sholat adalah amalan yang dihisab pertama kali.

Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya amal yang pertama kali dihisab pada seorang hamba pada hari kiamat adalah shalatnya. Maka, jika shalatnya baik, sungguh ia telah beruntung dan berhasil. Dan jika shalatnya rusak, sungguh ia telah gagal dan rugi. Jika berkurang sedikit dari shalat wajibnya, maka Allah Ta’ala berfirman, ‘Lihatlah apakah hamba-Ku memiliki shalat sunnah.’ Maka disempurnakanlah apa yang kurang dari shalat wajibnya. Kemudian begitu pula dengan seluruh amalnya.” (HR. Tirmidzi no. 413 dan An-Nasa’i, no. 466)

Sesibuk-sibuknya kita dengan urusan dunia, usahakan tetap mendirikan sholat di awal waktu dan berjamaah. Sholat lebih penting daripada urusan duniawi yang tak ada habisnya. Sholat menjadi bekal di akhirat nanti. Utamakan sholat dulu, baru kemudian urusan dunia.

3. Menunaikan Zakat

Rukun Islam yang ketiga ini tak kalah utamanya dengan sholat. Di dalam ayat Al-Quran zakat disandingkan dengan sholat. Menandakan bahwa zakat memiliki nilai ibadah yang tinggi setara sholat.

Menunaikan zakat dapat membantu pemerataan ekonomi. Harta akan tersalurkan ke orang-orang kurang mampu. Dengan demikian tidak hanya menumpuk pada orang-orang kaya. Zakat mengajarkan umat muslim untuk berbagi dengan saudara-saudara yang kurang mampu secara ekonomi. Zakat juga menjadi sarana sebagai penyucian harta. Mungkin saja harta yang dimiliki selama ini tidak seratus persen halal.

4. Puasa Ramadhan

Rukun Islam ini hanya dikerjakan oleh umat muslim saat bulan Ramadhan saja. Puasa ramadhan adalah puasa yang hukumnya wajib. Jika tidak dikerjakan maka dosa hukumnya. Tujuan dari ibadah puasa Ramadhan adalah untuk meningkatkan ketaqwaan kepada Allah Ta’ala.

Puasa memiliki banyak sekali manfaatnya. Dari segi kesehatan, puasa terbukti dapat menjaga kesehatan. Puasa bisa mengeluarkan racun dari tubuh. Saat berpuasa kita harus menahan segala nafsu dan syahwat dari terbit matahari sampai tenggelamnya matahari. Ibadah puasa membantu mengontrol nafsu dalam diri kita.

5. Menunaikan Haji Bagi Yang Mampu

Pergi haji adalah rukun Islam terakhir. Hukumnya wajib dilaksanakan bagi mereka yang mampu. Baik mampu secara fisik maupun mampu finansial.

Sobat Cahaya Islam wajib paham akan esensi dari masing-masing rukun Islam di atas. Sebab rukun Islam adalah tiang penyangga keislamn kita. Bila tidak mengerjakan satu saja rukun Islam, maka keislamannya akan gugur.

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!