Rizki DA Dikabarkan Tinggal Terpisah dengan Istrinya, Bagaimana Sebaiknya Kehidupan Suami-Istri Setelah Menikah?  

0
30

Rizki DA – Penyanyi jebolan Liga Dangdut Indosiar yang mempunyai saudara kembar bernama Ridho, yang sama-sama berkecimpung di dunia tarik suara. Dia belum lama ini menikah dengan gadis cantik dari Jawa Barat, yakni Nadya Mustika Rahayu.

Pernikahan yang dilakukan Rizki DA yang masih cukup muda untuk menggelar kehidupan baru, dikabarkan kurang baik. Di mana dia tinggal terpisah dengan istrinya, disayangkan padahal pernikahan baru seumur jagung.

Mengarungi jenjang pernikahan, harus punya komitmen untuk berjuang bersama dalam suka maupun duka. Setelah menjadi suami dan istri sebaiknya tinggal bersama, kecuali bila ada hal yang menjadi alasan untuk tidak tinggal bersama.

Seperti halnya, adanya kewajiban pendidikan yang harus diselesaikan, dan tidak memungkinkan untuk tinggal bersama, atau tugas pekerjaan yang menuntut untuk pergi ke luar kota dalam kurun waktu tertentu.

Sobat Cahaya Islam, agama yang kita anut adalah agama yang menyajikan berbagai solusi kehidupan, salah satunya perihal kehidupan suami-istri. Banyak kitab karangan ulama besar yang menerangkan tentang kehidupan suami-istri yang baik. Di antaranya yaitu Kitab ‘Uqudu al- Lujain, dan Qurratul ‘Uyun.

Rizki DA Dikabarkan Tinggal Terpisah dengan Istrinya, 5 Kehidupan Suami-istri yang Baik Menurut Islam

Dua jiwa yang berbeda disatukan lewat akad nikah, dengan harapan untuk bisa menjalin hubungan selamanya hingga ajal pun menjemput. Namun sayang, adanya permasalahan terkait suami-istri tidak bisa dipungkiri, dan berujung pada perceraian.

Sebagai umat Islam yang baik, ada beberapa poin yang bisa kita lakukan agar kehidupan suami-istri dapat utuh, seperti halnya berikut ini.

  1. Menghargai Pasangan

Sikap saling menghargai antara suami-istri perlu terus dibangun dalam keadaan apa pun. Termasuk suami sebaiknya memberikan kewajiban sebagai suami, begitu pun istri memberikan kewajiban sebagai istri. Ingat kewajiban dilakukan bukan hanya menuntut hak.

  1. Menutupi Aib Pasangan

Setiap pasangan pasti mempunyai kekurangan, sebagai orang muslim dianjurkan untuk menerima kekurangan pasangan dan menjaga aib pasangan. Karena adanya laki-laki dan perempuan adalah untuk saling melengkapi.

Membuka aib pasangan atau orang lain dilarang. Dilarangnya sesuatu tindakan bisa dilihat dari adanya kewajiban atas tindakan yang berlainan dengan tindakan itu.

وَعَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ – رضي الله عنه – قَالَ: قَالَ رَسُولُ اَللَّهِ – صلى الله عليه وسلم – – مَنْ نَفَّسَ عَنْ مُؤْمِنٍ كُرْبَةً مِنْ كُرَبِ اَلدُّنْيَا, نَفَّسَ اَللَّهُ عَنْهُ كُرْبَةً مِنْ كُرَبِ يَوْمِ اَلْقِيَامَةِ , وَمَنْ يَسَّرَ عَلَى مُعْسِرٍ, يَسَّرَ اَللَّهُ عَلَيْهِ فِي اَلدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ, وَمَنْ سَتَرَ مُسْلِمًا, سَتَرَهُ اَللَّهُ فِي اَلدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ, وَاَللَّهُ فِي عَوْنِ اَلْعَبْدِ مَا كَانَ اَلْعَبْدُ فِي عَوْنِ أَخِيهِ – أَخْرَجَهُ مُسْلِمٌ.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barang siapa melepaskan kesusahan seorang muslim dari kesusahan dunia, Allah akan melepaskan kesusahannya pada hari kiamat. Barang siapa memudahkan orang yang susah, Allah akan mudahkan urusannya di dunia dan akhirat. Barang siapa menutupi aib seorang, Allah akan menutupi aibnya di dunia dan akhirat. Allah akan senantiasa menolong hamba-Nya selama ia menolong saudaranya.” (HR. Muslim) [HR. Muslim, no. 2699]

Berdasarkan hadis di atas, diwajibkan manusia untuk menutupi aib orang lain. Sebab Allah SWT akan ganjarkan orang yang menutupi aib dengan akan ditutupi aibnya di dunia dan akhirat.

  1. Komunikatif dan Bersikap Terbuka

Ada masalah malah diam terus. Komunikatif dengan pasangan tetap harus terjalin meski rumah tangga sedang dirundung permasalahan. Bersikap terbuka, misalnya mau keluar rumah izin, agar tidak timbul prasangka buruk.

  1. Memberikan Solusi atas Permasalahan

Hutang melilit, ditambah kena PHK, padahal kebutuhan seabrek yang harus dibayar. Bila mendapati masalah demikian, pasangan perlu memberikan solusi, bukan ditinggalkan begitu saja pergi dengan orang lain.

  1. Saling Menghormati dan Mendukung

Saling menghormati dan mendukung dalam tindakan kebaikan dianjurkan. Dukungan yang diberikan bisa sederhana, bisa dengan memberikan kata-kata motivasi penyemangat.

Lima poin di atas semoga bermanfaat untuk menjalani kehidupan berumah tangga. Semoga Rizki DA beserta istrinya dapat kembali bersama dan mewujudkan keluarga yang sakinah mawadah warahmah. Aamiin.

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!