Heboh Hoax Mike Tyson Meninggal: Hati-Hati Bagi Para Pembuat Hoax

0
136
hoax Mike Tyson meninggal

Hoax Mike Tyson meninggal – Mike Tyson adalah salah satu petinju terbaik dunia yang memiliki segudang prestasi. Tidak mengherankan jika penggemar sang atlet tersebar sampai ke seluruh dunia. Namun baru-baru ini, masyarakat tengah heboh dengan informasi hoax Mike Tyson meninggal.

Sontak saja, informasi yang awalnya menyebut Mike Tyson meninggal dunia membuat masyarakat terkejut. Mengingat kepopuleran Mike Tyson yang mendunia, kabar seperti ini tentu membuat publik bertanya-tanya. Beruntung, masyarakat tidak cepat termakan berita dan mencari kebenarannya terlebih dahulu.

Hoax Mike Tyson Meninggal di Jagat Maya

Informasi hoax Mike Tyson meninggal berawal dari sebuah video yang tersebar di sosial media Twitter atau X. Video tersebut membuat narasi seolah-olah sang legenda tinju dunia yakni Mike Tyson sudah meninggal dunia. Salah satu pengguna X yang ikut membagikan kabar tersebut bernama @Dee_Rose82.

Dalam postingannya, pemilik akun tersebut mengucapkan bela sungkawa dan mendoakan Mike Tyson. Postingan video pun dibuat seolah-olah asli karena menunjukkan peti jenazah serta sesosok mayat.

Tetapi, kabar yang beredar di X ternyata hoax alias berita bohong. Sebab sama sekali tak ada pemberitaan di media yang berkaitan dengan kematian petinju berjulukan Si Leher Beton ini. Warganet tentu dibuat kesal atas postingan yang beredar di X.

Mereka meminta pengunggah untuk menghapus video tersebut karena sudah mengecek kebenarannya di media resmi.

Maraknya Berita Hoax di Dunia

Sobat Cahaya Islam, informasi hoax Mike Tyson meninggal adalah salah satu di antara banyaknya berita bohong yang tersebar di dunia. Padahal, berita hoax sangat merugikan banyak orang mulai dari pembaca dan mereka yang diberitakan. Tidak sedikit, berita hoax yang beredar akan berpengaruh terhadap kehidupan seseorang.

hoax Mike Tyson meninggal

Sayangnya berita hoax di zaman sekarang mudah beredar luas di sosial media seperti Facebook, Twitter atau X, Google, dan lainnya. Hoax umumnya menyebar seperti virus yang membuatnya terkenal dan viral. Karena sangat merugikan, islam memandang hoax sebagai hal yang buruk.

Sebagai orang yang beriman, Sobat sepatutnya mengklarifikasi berita dan jangan sembrono. Islam pun memiliki doktrin yang ketat agar terhindar dari hoax.

Hukuman Para Pelaku Penyebar Hoax

Sobat Cahaya Islam, karena islam menentang tegas penyebaran hoax, ada hukuman yang pedih bagi penyebar hoax. Apa saja hukumannya? Sobat bisa simak pembahasannya di bawah ini.

1. Dibenci Allah SWT

Sobat, seorang muslim sejati tidak memakai lisan dan tangannya untuk menyakiti saudara sesama muslimnya. Hal ini jelas berbalik dengan pelaku hoax yang justru mudah menyebarkan berita palsu tanpa memikirkan efek informasi tersebut. Tak heran jika Allah SWT pun membenci mereka yang menyebarkan kabar burung, apalagi berita hoax.

Ini sebagaimana sabda Nabi Muhammad SAW

إِنَّ اللَّهَ كَرِهَ لَكُمْ ثَلَاثًا قِيلَ وَقَالَ وَإِضَاعَةَ الْمَالِ وَكَثْرَةَ السُّؤَالِ

Sesungguhnya Allah membenci tiga hal pada kalian: menyebarkan kabar burung (katanya-katanya), pemborosan harta, dan banyak bertanya.” (HR Al-Bukhari Nomor 1477).

2. Azab Pedih di Akhirat

Dalam agama islam, para penyebar berita hoax akan mendapat sanksi azab Allah SWT yang pedih di akhirat nanti. Rasulullah SAW pernah berkata,

رَأَيْتُ اللَّيْلَةَ رَجُلَيْنِ أَتَيَانِي فَأَخَذَا بِيَدِي فَأَخْرَجَانِي إِلَى الْأَرْضِ الْمُقَدَّسَةِ فَإِذَا رَجُلٌ جَالِسٌ وَرَجُلٌ قَائِمٌ بِيَدِهِ كَلُّوبٌ مِنْ حَدِيدٍ قَالَ بَعْضُ أَصْحَابِنَا عَنْ مُوسَى إِنَّهُ يُدْخِلُ ذَلِكَ الْكَلُّوبَ فِي شِدْقِهِ حَتَّى يَبْلُغَ قَفَاهُ ثُمَّ يَفْعَلُ بِشِدْقِهِ الْآخَرِ مِثْلَ ذَلِكَ وَيَلْتَئِمُ شِدْقُهُ هَذَا فَيَعُودُ فَيَصْنَعُ مِثْلَهُ

Aku tadi malam mimpi tentang dua orang laki-laki yang mendatangiku kemudian keduanya memegang tanganku lalu membawaku ke negeri yang disucikan (al-muqaddasah), di sana terdapat seorang laki laki yang sedang berdiri dan yang satunya lagi duduk yang di tangannya memegang sebatang besi gancu. Besi gancu tersebut dimasukkan ke dalam satu sisi mulutnya hingga menembus tengkuknya. Kemudian dilakukan hal yang sama pada sisi mulut yang satunya lagi, lalu dilepas dari mulutnya dan dimasukkan kembali dan begitu seterusnya. (HR Al Bukhari, hadits nomor 1297).

Di akhir hadis, Nabi Muhammad mendapat penjelasan dari malaikat tentang maksud kejadian yang beliau saksikan. Orang pertama yang Rasulullah lihat adalah pendusta yang mengada-adakan kedustaan lalu menyebar luaskan ke seluruh bumi.

Sobat Cahaya Islam, begitu tercela dan pedihnya apa yang akan menimpa para penyebar hoax. Semoga saja, masyarakat tak tertipu dan tidak ada lagi informasi hoax Mike Tyson meninggal.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY