Ririn Ekawati Ibunya Meninggal Dunia, Ketahui Kewajiban Anak terhadap Orang Tua yang Telah Meninggal dalam Islam

0
162

Ririn Ekawati – Artis yang sedang dekat dengan Ibnul Jamil dikabarkan berduka dengan meninggalnya ibunya yang bernama Hj. Samsidar Zaid karena terpapar virus Corona pada Rabu, 2 Desember 2020.

Sebelum terpapar virus Corona, sebenarnya ibunya Ririn Ekawati sudah memiliki riwayat penyakit ketika masih di Palu, yakni penyakit gula, kolesterol, serta stroke. Namun, memang sudah kehendak Allah SWT ibunya meninggal dalam perawatan sebagai pasien Covid-19.

Kehilangan orang yang dicintai untuk selama-lamanya adalah hal yang terpuruk. Intinya bisa terus bersama dalam suka maupun duka. Tetapi lagi-lagi Allah SWT yang mengetahui apa-apa yang terbaik untuk hamba-hamba-Nya.

Sobat Cahaya Islam, meninggalnya orang tua tentu bagi seorang anak adalah hal yang tidak diinginkan. Mengingat tanpa orang tua apalah daya kita, Islam sendiri lewat firman Allah SWT memerintahkan umatnya untuk selalu berbuat baik.

Sebagaimana dalam Al-Qur’an surah An-Nisa ayat 36 tentang perintah berbuat baik kepada orang tua dan tidak mempersulit ikan Allah SWT dengan sesuatu apa pun itu.

وَاعْبُدُوا اللَّهَ وَلَا تُشْرِكُوا بِهِ شَيْئًا وَبِالْوَالِدَيْنِ إِحْسَانًا

“Sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatu pun. Dan berbuat baiklah kepada kedua orang tua” (QS. An Nisa: 36).

Oleh karena itu, sebagai seorang anak yang sekaligus umat Islam perlu kalian ketahui apa saja kewajiban anak terhadap orang tuanya yang telah meninggal dunia.

Kewajiban Anak terhadap Orang Tua yang Telah Meninggal seperti Ririn Ekawati

Berikut ada beberapa kewajiban anak terhadap orang tuanya yang meninggal dunia. Sebab pada hakikatnya kewajiban berbuat baik kepada orang tua tidak akan lekang oleh waktu yang memisahkan berkumpul di dunia.

Ketika orang tua sudah di alam kubur pun, muslim masih juga memiliki kewajiban-kewajiban terhadap orang tua.

  • Mendoakan Orang Tua

Hal yang pertama dan utama yakni kewajiban anak mendoakan orang tuanya. Agar diberikan nikmat kubur dijauhkan dari siksa kubur. Syukur-syukur bisa mendoakan orang tua sembari berziarah ke makam mereka, karena itu jauh lebih baik.

  • Menjaga Nama Baik Orang Tua

Setiap orang, pasti punya kisah. Segetir apa pun kisah kalian dengan orang tua. Sebaiknya tetap menghormati mereka walaupun sudah meninggal, salah satunya dengan cara menjaga nama baik orang tua, tidak mengatakan keburukannya kepada orang lain.

  • Menjalankan Amanah Orang Tua

Amanah atau sesuatu yang dipercayakan, diberikan orang tua kepada anaknya. Sudah menjadi kewajiban anak untuk menjalankan amanah, apabila amanah tersebut tidak melanggar syariat agama Islam yang telah ditentukan.

  • Menjalin Hubungan Baik dengan Karib Orang Tua

Hubungan dengan sahabat atau karib orang tua diharapkan tetap dijalin dengan baik oleh pihak anak. Agar tali silaturahmi yang telah dibangun oleh orang tua dahulu bisa tetap tersambung. Islam sendiri mengajarkan untuk senantiasa mempererat tali silaturahmi.

  • Meniatkan Berbuat Baik untuk Orang Tua

Jika ingin orang tua yang telah meninggal bisa mendapatkan nikmat kubur, muslim bisa meniatkan segala perbuatan (amaliah) yang baik seperti sedekah dengan meniatkan pahala sedekah untuk diberikan kepada orang tua.

Lima kewajiban anak terhadap orang tuanya yang telah meninggal dalam Islam, semoga bisa menjadi pencerah dan memberikan kemanfaatan. Semoga ibunya Ririn Ekawati khusnul khotimah dan diterima amal ibadahnya di sisi Allah SWT. Aamiin.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY