Pendapat Nizam terkait Sistem Pembelajaran di Kampus pada 2021, Pentingnya Perencanaan bagi Muslim

0
228

Nizam – Dirjen Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengumumkan terkait cara pembelajaran pada tingkat perguruan tinggi kelak di tahun 2021, rencananya akan dilakukan secara  blended alias campuran antara luring dan daring.

Hal ini dipertimbangkan oleh Nizam matang-matang. Untuk membuka kembali pembelajaran di perguruan tinggi harus bersedia tetap menerapkan protokol kesehatan. Apabila, ada kelalaian dalam menjalankan protokol kesehatan, sehingga timbul kluster di perguruan tinggi tentu ada sanksinya.

Memulai kembali, hal yang sempat terhambat karena kondisi yang tidak memungkinkan pembelajaran secara tatap muka. Perencanaan matang perlu dilakukan, sebelum benar-benar akan dibuka pembelajaran secara langsung.

Sobat Cahaya Islam, berbicara tentang perencanaan sudah bukan menjadi hal yang asing bagi kita. Apalagi mengingat adanya beberapa prodi di perguruan tinggi yang berkonsentrasi di bidang perencanaan seperti manajemen.

Islam yang menjadi pedoman kehidupan pun ikut andil mengenai pentingnya perencanaan. Hal ini terlihat dari perencanaan saat perang di masa nabi yang terabadikan dalam Al-Qur’an surah Al-Anfal akan 60 yang berbunyi.


وَأَعِدُّوا لَهُمْ مَا اسْتَطَعْتُمْ مِنْ قُوَّةٍ وَمِنْ رِبَاطِ الْخَيْلِ تُرْهِبُونَ بِهِ عَدُوَّ اللَّهِ وَعَدُوَّكُمْ وَآخَرِينَ مِنْ دُونِهِمْ لَا تَعْلَمُونَهُمُ اللَّهُ يَعْلَمُهُمْ وَمَا تُنْفِقُوا مِنْ شَيْءٍ فِي سَبِيلِ اللَّهِ يُوَفَّ إِلَيْكُمْ وَأَنْتُمْ لَا تُظْلَمُونَ

Artinya :  “Dan siapkanlah untuk menghadapi mereka kekuatan apa saja yang kalian sanggupi dan dari kuda-kuda yang ditambat untuk berperang (yang dengan persiapan itu) kalian menggentarkan musuh Allah, musuh kalian, dan orang-orang selain mereka yang kalian tidak mengetahuinya; sedangkan Allah mengetahuinya. Apa saja yang kalian nafkahkan pada jalan Allah, niscaya akan dibalasi dengan cukup kepada kalian dan kalian tidak akan dianiaya”. (QS. Al-Anfal: 60)

Dari ayat di atas menunjukkan bahwa Islam menganjurkan untuk senantiasa merencanakan sebaik mungkin apa yang akan dilakukan. Untuk lebih jelasnya, mari kita bahas bersama terkait pentingnya perencanaan dalam Islam.

Nizam Berpendapat terkait Perencanaan Pendidikan, Pentingnya Perencanaan dalam Islam

Perencanaan menjadi hal yang urgent (penting) bagi semua manusia apalagi agama Islam yang selaras dengan berbagai agenda. Hal itu dilakukan sebab perencanaan penting dilakukan, berikut beberapa alasan pentingnya perencanaan dalam Islam.

  • Menjadikan Agenda Terstruktur dan Terarah

Perencanaan yang matang, memudahkan pelakunya menjalankan agenda secara terstruktur dan terarah. Bisa dikatakan perencanaan ibarat buku panduan atau pun denah yang harus dipatuhi agar sampai tepat di tujuan yang diharapkan.

  • Memudahkan Pencapaian Suatu Tujuan

Pasti berbeda, kegiatan yang diawali dengan perencanaan dengan kegiatan yang dibiarkan mengalir begitu saja mengikuti waktu. Adanya perencanaan akan mempermudah mencapai tujuan seperti ketika seorang penulis menulis karangan perlu adanya outline terlebih dahulu.

  • Meminimalisir Hal yang Buruk

Pentingnya perencanaan selanjutnya yakni bisa meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan. Sebab dalam rangkaian perencanaan tentu mempertimbangkan kemungkinan-kemungkinan buruk jika suatu kegiatan dilakukan, kemudian dicari jalan keluarnya.

Hal ini sesuai dengan ajaran Islam untuk senantiasa berhati-hati, dan pentingnya mencegah sebelum terjadi hal yang tidak diinginkan.

  • Hasilnya akan Lebih Maksimal

Hasil menjadi hal yang menjadi poros, berhasil tidaknya suatu kegiatan. Perencanaan yang baik bisa memaksimalkan hasil yang akan diperoleh. Semisal dalam urusan bisnis bisa meraih omzet yang besar dan mewujudkan produk yang memiliki kualitas yang tinggi dan diminati oleh masyarakat.

  • Dapat Menjalankan Syariat Agama Islam

Sebaiknya perencanaan dalam menjalankan kegiatan bisa dengan mudah menjalankan syariat agama Islam. Menerapkan waktu-waktu sholat sebagai waktu istirahat, sehingga bisa menjalankan syariat agama Islam dengan leluasa.

Sobat Cahaya Islam, itu adalah sebagian dari pentingnya perencanaan dalam Islam. Semoga kita dapat menjalankan perencanaan hingga sampai kepada tujuan. Serta semoga rencana yang ditentukan oleh Nizam terkait pembelajaran di perguruan tinggi dapat dilaksanakan. Aamiin.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY