Ria Miranda Rilis Koleksi Lebaran, Tradisi Baju Baru Saat Lebaran Menurut Islam

0
59
Ria Miranda Rilis 3

Ria Miranda rilis – Ria Miranda yang merupakan seorang designer merilis koleksi lebarang dengan tajuk “Danastri”. Koleksi yang dirilisnya ini mengusung tema yang terinspirasi dari kisah wanita Jawa dan makna tentang kesungguhan mencintai. Sehingga motif yang ditampilkan juga identik dengan budaya Jawa, kemudian dikemas dengan tampilan yang feminim dan juga elegan. Selain itu, Ria Miranda juga menghadirkan berbagai jenis busana. Mulai dari atasan hingga kemeja.

Ria Miranda Rilis 1

Pada moment lebaran, biasanya orang-orang akan mengenakan baju baru. Itu sebabnya, hari-hari menjelang lebaran banyak orang akan berburu baju baru. Hal ini juga agar di moment hari raya Idul Fitri keluarga bisa tampil dengan kompak mengenakan busana yang senada. Itulah kenapa ada banyak koleksi busana yang bisa kita pilih, termasuk busana yang dirilis oleh Ria Miranda untuk memberikan penampilan terbaik di hari lebaran nanti.

Ria Miranda Rilis Koleksi Lebaran, Tradisi Baju Baru Saat Lebaran Menurut Islam

Ria Miranda Rilis 2

Ria Miranda rilis koleksi lebaran untuk memberikan busana yang nyaman dan juga simple saat dikenakan. Sehingga bisa dipakai di rumah ataupun ketika keluar untuk bertemu keluarga. Sobat CahayaIslam, tradisi baju baru saat lebaran menjadi sebuah budaya yang melekat di kalangan masyarakat. Sehingga banyak anggapan bahwa lebaran harus mengenakan baju baru. Sementara itu, bagaimana pandangan islam mengenai tradisi ini?

dan hendaklah kamu tetap di rumahmu dan janganlah kamu berhias dan bertingkah laku seperti orang-orang Jahiliyah yang dahulu dan dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat dan taatilah Allah dan Rasul-Nya. Sesungguhnya Allah bermaksud hendak menghilangkan dosa dari kamu, hai ahlul bait dan membersihkan kamu sebersih-bersihnya.

Dalam ayat ini telah diatur mengenai batasan dalam berbusana atau berpakaian agar tidak menyerupai orang-orang Jahiliyah. Itu artinya, islam sendiri melarang kaum muslimin untuk berlebihan dalam berpakaian bahkan di Hari Raya Idul Fitri sekalipun. Meskipun tidak ada larangan mengenai tradisi baju baru saat lebaran, namun islam tetap memberikan rambu agar tidak kelewat batas. Lalu bagaimana batasan berbusana yang dianjurkan dalam islam saat Hari Raya Idul Fitri?

Ria Miranda Rilis 3

Kenakan Pakaian Terbaik, Tidak Harus Baru

Dalam kitab Fathul Baru, dikatakan bahwa kebiasaan berhias diri saat Hari Raya Idul Fitri ini merupakan kebiasaan orang terdahulu. Itu sebabnya, kaum muslimin dianjurkan untuk mengenakan pakaian terbaik saat lebaran. Namun yang dimaksud terbaik disini tidak selalu baru, melainkan bersih, nyaman dan bagus. Dan ini tidak boleh berlebihan juga ya sobat CahayaIslam.

Tidak Menjadikan Sombong atau Riya’

Mengenakan baju baru saat lebaran tidaklah dilarang dalam islam. Selama kaum muslimin mengerti batasan untuk berbusana dan berhias sewajarnya serta tidak berlebihan. Dan juga jangan sampai ini menjadikan kita merasa sombong atau riya’ karena mengenakan baju baru. Hal yang demikian tentu saja dilarang dalam islam, dan mengenakan baju baru bisa menjadi haram hukumnya jika dengan niat untuk pamer atau sombong.

Ria Miranda rilis – koleksi baju baru untuk lebaran. Tradisi memakai baju baru di Hari Raya Idul Fitri memang sudah menjadi budaya masyarakat. Namun sobat CahayaIslam, tetap ingat batasan sesuai dengan nilai-nilai islam ya. Agar tidak menjadikan tradisi ini justru menyebabkan madharat.


Catatan Kaki:

(1) – Surat Al-Ahzab Ayat 33

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY