Pengeluaran Membengkak Saat Ramadhan, Begini Tips Hemat Selama Bulan Puasa

0
52
Pengeluaran Membengkak 1

Pengeluaran membengkak – Menjalankan ibadah puasa tentu saja membutuhkan asupan gizi yang lebih banyak. Ini untuk menjaga kesehatan tubuh agar tetap bugar dan fit. Bulan Ramadhan yang hanya datang satu tahun sekali, biasanya membuat sebagian besar orang mempersiapkan menu buka dan sahur yang nikmat. Terlepas dari itu, pengeluaran yang harus dikeluarkan selama bulan Ramadhan juga kian membengkak tentu saja. Hal ini karena memenuhi asupan makanan untuk buka puasa dan sahur.

Pengeluaran Membengkak 2

Saat berpuasa, biasanya nafsu makan akan semakin tinggi menuju berbuka puasa. Sehingga rasanya ingin memakan berbagai jenis menu makanan. Belum lagi banyaknya diskon di bulan Ramadhan yang cukup menggiurkan. Sehingga akhirnya membuat pengeluarkan semakin besar saja. Jika tidak dikontrol, maka ini akan membuat pengeluaran sobat CahayaIslam membengkak lho. Islam sendiri tidak menganjurkan untuk menggunakan uang dengan boros.

Pengeluaran Membengkak Saat Ramadhan, Begini Tips Hemat Selama Bulan Puasa Menurut Islam

Pengeluaran Membengkak 1

Pengeluaran membengkak saat bulan Ramadhan rasanya cukup lumrah. Hal ini dikarenakan persiapan menu buka dan sahur yang semakin beragam untuk memenuhi asupan selama puasa. Sementara itu, persiapan menjelang lebaran juga membuat pengeluaran semakin besar. Mulai dari kue untuk lebaran hingga baju baru. Namun sobat CahayaIslam, bersikap boros ini bukanlah sikap seorang muslim. Islam sendiri juga melarang kaum muslimin untuk menghambur-hamburkan uang tanpa perhitungan.

Dan orang-orang yang apabila membelanjakan (harta), mereka tidak berlebihan, dan tidak (pula) kikir, dan adalah (pembelanjaan itu) di tengah-tengah antara yang demikian.

Dalam ayat diatas telah dijelaskan bahwasanya Allah melarang kaum muslimin untuk membelanjakan uangnya dengan berlebihan. Dan dianjurkan untuk membelanjakannya di tengah-tengah yang demikian. Dengan kata lain, tidak pelit namun juga tidak berlebihan. Itu sebabnya, dalam menggunakan uang juga harus diperhitungkan ya sobat CahayaIslam. Lalu bagaimana cara berhemat di bulan puasa menurut islam?

Pengeluaran Membengkak 3

Menu Buka dan Sahur Sederhana

Dalam menjalankan ibadah puasa, tentu keutamaannya adalah pada niatnya. Sementara dalam berbuka puasa atau sahur hendaknya tidak berlebihan. Agar pengeluaran tidak membengkak, maka menu buka puasa dan sahur alangkah lebih baiknya sederhana. Sobat CahayaIslam bisa memilih menu yang sehat dan bergizi namun tanpa berlebihan. Apalagi islam sendiri melarang kaum muslimin berlebihan dalam makan dan minum.

Kontrol Keinginan Berburu Diskon

Di bulan Ramadhan biasanya akan banyak diskon yang ditawarkan. Sehingga menjelang lebaran banyak orang mempersiapkan baju baru dengan berburu diskon. Namun jila mengikuti hawa nafsu untuk berbelanja, maka ini bisa membuat pengeluaran membengkak lho. Itu sebabnya, sobat CahayaIslam harus bisa mengontrol keinginan untuk berburu diskon. Dan memperhitungkan juga setiap pengeluaran.

Pengeluaran membengkak – saat bulan puasa adalah hal yang lumrah. Bersemangatnya menjalankan ibadah puasa biasanya membuat banyak orang begitu antusias menyiapkan menu buka dan sahur. Namun ingat ya sobat Cahayaislam, bahwa Allah tidak menyukai apa-apa yang berlebihan.


Catatan Kaki:

(1) – Surat Al-Furqan Ayat 67

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY