2 Keyakinan Saat Cobaan Hidup Menghampiri

0
17
2 Keyakinan

Motivasi islam menghadapi Cobaan – Kami tahu kok sobat cahayaislam yang mampir di kolom artikel ini mungkin sedang dilanda rasa gelisah karena datangnya cobaan. Oleh karena itulah kami datang memberikan sedikit percikan semangat untuk lebih bergairah mengatasi masalah dan cobaan yang diberikan oleh Allah untuk kita dalam hidup ini. Berikut ini 2 Keyakinan Saat Cobaan Hidup Menghampiri sobat cahayaislam!

***

Yang pasti sih begini, jika kita mengaku sebagai seorang yang beriman kepada Allah maka cobaan akan datang menerpa. Karena Allah ingin tahu seberapa besar tingkat kesabaran dan keimanan kita kepadaNya. Dia ingin tahu seberapa kuat kepercayaan hambaNya kepadaNya saat cobaan itu datang. Apa yang kita lakukan kemudian akan menjadi sebuah nilai di mata Allah dan tentunya derajat yang baik di sisiNya kelak.

كُلُّ نَفْسٍ ذَائِقَةُ الْمَوْتِ ۗ وَنَبْلُوكُمْ بِالشَّرِّ وَالْخَيْرِ فِتْنَةً ۖ وَإِلَيْنَا تُرْجَعُونَ

Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yang sebenar-benarnya). Dan hanya kepada Kamilah kamu dikembalikan. [1]

Dalam surat Al Anbiya ayat 35 diatas cukuplah menjadi sebuah kepastian bahwa kita manusia pada hakikatnya akan diuji oleh Allah dengan kebaikan maupun keburukan, dan kepadaNya lah kita semua akan kembali.

2 Keyakinan Saat Cobaan Hidup Menghampiri

Nah, untuk sobat cahayaislam yang sedang mencari sandaran kuat dalam menghadapi cobaan dari Allah. Kami akan coba sajikan 2 keyakinan mutlak yang harus kita sebagai orang islam yang beriman miliki. Dan pastinya 2 keyakinan itu akan sangat membantu kita Survive menghadapi kelamnya badai kehidupan dengan keimanan dan ketaqwaan.

Keyakinan bahwa selalu ada Hikmah dalam setiap Cobaan

Allah itu maha segalanya. Dia adalah sutradara terhebat untuk skenario kehidupan kita. Allah tidak akan memberikan sebuah cobaan dalam sejarah kehidupan kita tanpa sebuah makna yang bisa kita pelajari darinya. Keyakinan bahwa Allah selalu mencoba membuat kita belajar dari sebuah cobaan dengan mencari hikmah dari sebuah kejadian adalah satu dari 2 keyakinan yang harus kita miliki untuk bisa bertahan.

أَفَحَسِبْتُمْ أَنَّمَا خَلَقْنَاكُمْ عَبَثًا وَأَنَّكُمْ إِلَيْنَا لَا تُرْجَعُونَ (115)

فَتَعَالَى اللَّهُ الْمَلِكُ الْحَقُّ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ رَبُّ الْعَرْشِ الْكَرِيمِ (116)

Maka apakah kamu mengira, bahwa sesungguhnya Kami menciptakan kamu secara main-main (saja), dan bahwa kamu tidak akan dikembalikan kepada Kami? Maka Maha Tinggi Allah, Raja Yang Sebenarnya; tidak ada Tuhan selain Dia, Tuhan (Yang mempunyai) ‘Arsy yang mulia.” [2]

Keyakinan Bahwa Cobaan yang kita alami belum seberapa! Ada yang lebih Parah

Terlalu picik bila kita merasa bahwa kita adalah orang yang paling menderita di seluruh dunia. Coba kita sedikit luangkan waktu untuk merenung. Lihat orang orang disekitar kita dan apa saja yang mereka hadapi. Dengan begitu kita bisa melihat dengan gamblang betapa cobaan yang sedang kita hadapi ini merupakan cobaan yang belum seberapa berat. Dan kita akan bisa menemukan jalan bersyukur karenanya.

***

Nah, itulah 2 keyakinan yang harus kita miliki guna Survive dalam menghadapi cobaan cobaan dari Allah untuk kita. Menjadikan kita orang yang tahan banting dan tidak mudah mengeluh atas beratnya hidup. Kita akan lanjutkan artikel ini di kesempatan lain lho! jadi ditunggu kelanjutannya yaa. Semoga bermanfaat!


Catatan Kaki

[1] Q.S. Al Anbiya (21) ayat 35

[2] QS. Al Mu’minun (23) ayat 115-116

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!