Rencana Larangan Senjata Api di Kanada Karena Maraknya Kekerasan, Kaum Muslimin Dapat Bentengi Diri Dengan Beberapa Hal Ini

0
182
Rencana Larangan Senjata Api di Kanada 3

Rencana larangan senjata api – Maraknya kekerasan yang terjadi, apalagi sebelumnya terjadi penembakan massal di Amerika Serikat. Ini membuat Kanada kemudian mengusulkan RUU untuk melarang penggunaan atau kepemilikan senjata api. Dengan adanya pengendalian untuk penggunaan senjata api, diharapkan dapat menghindari kekerasan yang marak di kalangan masyarakat. Agar tidak kembali memakan banyak korban.

Rencana Larangan Senjata Api di Kanada 3

Kekerasan rasanya banyak terjadi bukan hanya di luar negeri, bahkan di Indonesia pun juga. Tentu saja bukan semata-mata hanya dipicu dengan maraknya senjata api ilegal yang mudah untuk didapatkan. Namun ini juga dipicu dengan personalnya dalam menyikapi berbagai permasalahan dengan orang lain. Lalu bagaimana untuk membentengi diri agar terhindar atau tidak melakukan tindak kekerasan seperti yang banyak terjadi?

Rencana Larangan Senjata Api di Kanada, Cara Bentengi Diri Dari Kekerasan Dengan Beberapa Hal Ini

Rencana Larangan Senjata Api di Kanada 2

Rencana larangan senjata api di Kanada menjadi usulan akibat maraknya kekerasan yang terjadi. Dengan kejadian penembakan massal yang bahkan menewaskan banyak siswa serta guru, ini menjadi evaluasi bagi AS agar tidak kembali terjadi hal semacam itu. Sobat CahayaIslam, apapun itu kekerasan bukan hal yang diperbolehkan. Ini juga tidak sesuai dengan ajaran islam yang menjunjung tinggi perdamaian.

وَلَا تُفْسِدُوا فِي الْأَرْضِ بَعْدَ إِصْلَاحِهَا وَادْعُوهُ خَوْفًا وَطَمَعًا ۚ إِنَّ رَحْمَتَ اللَّهِ قَرِيبٌ مِنَ الْمُحْسِنِينَ

Dan janganlah kamu membuat kerusakan di muka bumi, sesudah (Allah) memperbaikinya dan berdoalah kepada-Nya dengan rasa takut (tidak akan diterima) dan harapan (akan dikabulkan). Sesungguhnya rahmat Allah amat dekat kepada orang-orang yang berbuat baik.

Kekerasan adalah salah satu bentuk cerminan dari perbuatan membuat kerusakan di bumi. Dan ini merupakan perbuatan yang dilarang oleh Allah SWT. Namun meskipun begitu, masih banyak kejadian yang terjadi berkaitan dengan kekerasan. Oleh sebab itu, langkah awal untuk menghindari kekerasan adalah dengan membentengi diri agar tidak sampai berbuat demikian. Bagaimana caranya?

Belajar Mengelola Emosi dan Amarah

Rencana Larangan Senjata Api di Kanada 1

Tahukah sobat CahayaIslam, bahwasanya islam mengajarkan kaum muslimin untuk menahan amarah. Amarah bisa memicu kekerasan, keributan dan hal buruk lainnya. Itu sebabnya, alangkah baiknya jika seseorang dapat mengelola emosi. Bukan hanya menghindari dari perbuatan diri sendiri, namun juga dapat menghindari permasalahan dengan orang lain jika kita pandai dalam mengelola emosi.

Jangan Lupa Bersabar

Sabar adalah salah satu dasar yang harus dimiliki untuk dapat menahan amarah dan menahan diri dari berbuat yang kurang baik. Mengelola kesabaran ternyata juga tidak mudah, namun sebagai seorang muslim ini adalah cerminan sikap seorang muslim sejati. Jika menahan amarah dapat menghindari berbagai masalah, bersabar juga dapat memperbaiki berbagai masalah.

Rencana larangan senjata api – di Kanada menjadi salah satu rencana yang diharapkan dapat mencegah kekerasan yang banyak terjadi. Kejadian penembakan massal membuat Kanada juga beranggapan bahwa tidak adanya pembatasan untuk penggunaan senjata api membuat orang lebih mudah melakukan kejahatan. Sobat CahayaIslam, sebagai seorang muslim maka bentengi diri dengan beberapa hal diatas ya. Semoga kita selalu dilindungi dari hal-hal keji yang bisa dilakukan orang lain atau diri kita sendiri.


Catatan Kaki:

(1) – Surat Al-A’raf Ayat 56

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY