Pencuri Motor Terekam CCTV Ditangkap Polisi, Ini Kerugian Seseorang Yang Mencuri Dalam Pandangan Islam

0
507
Pencuri Motor Terekam CCTV 1

Pencuri motor terekam CCTV – Seorang pelaku pencurian motor di Kemayoran, Jakarta Pusat ditangkap oleh polisi. Informasinya terdapat dua pelaku, sehingga yang satu masih dalam buron. Sebelumnya, aksi pencurian ini tertangkap oleh CCTV yang menampilkan pelaku laki-laki dan perempuan. Disini untuk pelaku laki-laki bertugas mencongkel motor sementara untuk si perempuan ini membantu melihat keadaan sekitar.

Pencuri Motor Terekam CCTV 1

Aksi pencurian motor memang sudah banyak terjadi, tidak peduli tempat yang ramai sekalipun. Semakin banyak orang yang tidak takut untuk melakukan kegiatan kriminal seperti itu. Ini merupakan tindakan yang sungguh tidak sesuai dengan ajaran islam dan tidak disukai oleh Allah SWT. Apalagi mencuri sama halnya dengan merampas apa yang bukan menjadi haknya. Ini termasuk perbuatan yang keji.

Pencuri Motor Terekam CCTV Ditangkap Polisi, Ini Kerugian Mencuri Dalam Pandangan Islam

Pencuri Motor Terekam CCTV 2

Pencuri motor terekam CCTV ditangkap oleh polisi. Namun hanya satu pelaku laki-laki yang baru tertangkap, pelaku satu lagi informasinya masih dalam pengejaran. Tahukah sobat CahayaIslam, bahwasanya pencurian sungguh dilarang dalam islam meski dalam situasi apapun. Apalagi jika dilakukan untuk memperoleh keuntungan diri sendiri, dan merugikan orang lain. Ini tertuang dalam ayat Al Quran.

وَالسَّارِقُ وَالسَّارِقَةُ فَاقْطَعُوا أَيْدِيَهُمَا جَزَاءً بِمَا كَسَبَا نَكَالًا مِنَ اللَّهِ ۗ وَاللَّهُ عَزِيزٌ حَكِيمٌ

Laki-laki yang mencuri dan perempuan yang mencuri, potonglah tangan keduanya (sebagai) pembalasan bagi apa yang mereka kerjakan dan sebagai siksaan dari Allah. Dan Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.

Ayat ini menegaskan bagaimana balasan bagi orang-orang mencuri. Ini artinya mencuri termasuk kategori perbuatan keji dengan siksaan pedih yang Allah janjikan bagi pelakunya. Dan lagi mencuri juga setara dengan perbuatan merampas hak orang lain lho sobat CahayaIslam. Dan bukan hanya balasan serta siksaan yang pedih, namun bagi pelakunya juga menanggung dosa besar.

Bagaimana kerugian seseorang yang mencuri menurut islam?

Kehilangan Ketenangan Dalam Hidup

Pencuri Motor Terekam CCTV 3

Ini karena seseorang yang mencuri akan senantiasa dihantui rasa khawatir atau takut. Seperti takut orang lain mengetahui perbuatannya, atau takut ketahuan, atau takut mendapat hukuman. Ini adalah salah satu kerugian dari mencuri, yaitu kehilangan ketenangan dalam menjalani hidup. Tentu saja ini akan membawa seseorang dalam hidup yang tidak bahagia.

Mempersempit Jalan Rejeki

Kerugian lainnya dari mencuri adalah mempersempit rejeki. Ini karena sebab mencuri tersebut, seseorang akan kehilangan kepercayaan dari orang lain. Akibatnya adalah kesulitan mencari rejeki, mencari pekerjaan dan mengembalikan kepercayaan orang lain. Maka dari itu sobat CahayaIslam, berat bukan menanggung akibat dari mencuri?

Menanggung Dosa Besar

Mencuri adalah perbuatan yang dosanya besar. Kenapa? karna bukan hanya perbuatan yang menyimpang dari syariat islam. Namun ini juga sama halnya menimpakan kesusahan bagi orang lain. Dan tentu saja barangsiapa yang menyebabkan kesusahan bagi orang lain, ia pun akan mendapatkan kesusahan. Dan juga ini termasuk dalam perbuatan zalim.

Pencuri motor terekam CCTV – kini telah ditangkap oleh polisi, meskipun satu pelaku lainnya masih dalam pengejaran. Sobat CahayaIslam, ada banyak kerugian jika seseorang berani untuk melakukan tindakan mencuri. Bukan hanya kerugian selama di dunia saja, namun juga kerugian yang akan ditanggung saat di akhirat nantinya.


Catatan Kaki:

(1) – Surat Al-Ma’idah Ayat 38

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY