Aa Gym Kembali Ceraikan Teh Ninih Untuk Kedua Kalinya, Simak Hukum Pasutri Cerai dan Rujuk Berkali-kali dalam Islam

0
50
Aa Gym

Aa Gym – Kabar tidak sedap datang dari KH Abdullah Gymnastiar atau akrab disapa Aa Gym. Dai kondang asal Kota Bandung tersebut diketahui menggugat cerai sang isteri, Ninih Muthmainnah atau Teh Ninih.

Perceraian tersebut merupakan kedua kalinya terjadi. Sebelumnya mereka pernah bercerai pada tahun 2011, namun kembali rujuk  dan menikah lagi pada tahun 2012.

Kuasa Hukum Aa Gym, Yoki mengaku tidak mengehatui secara detail alasan perceraian tersebut. Namun sang dai mengatakan tidak ada kecocokan lagi dengan sang isteri.

Yoki menyebut anak-anak kedua pasangan tersebut sudah mengetahui dan menerima keputusan itu. Adapun persidangan digelar secara tertutup

Sobat Cahaya Islam tidak selamanya bahtera rumah tangga berjalan dengan mulus. Terkadang badai datang menerpa hingga berakhir pada perceraian.

Namun bagaimana hukumnya dalam islam jika pasutri cerai dan rujuk berkali-kali? simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Aa Gym Kembali Ceraikan Teh Ninih, Ini Hukumnya Dalam Islam

Ustadz Bachtiar Nasir menuturkan talak dan rujuk terdapat dalam Al Quran. Ketika terjadi talak, pelaku masih diberi kesempatan dua kali untuk rujuk kembali.

لطَّلَاقُ مَرَّتَانِ ۖ فَإِمْسَاكٌ بِمَعْرُوفٍ أَوْ تَسْرِيحٌ بِإِحْسَانٍ ۗ وَلَا يَحِلُّ لَكُمْ أَنْ تَأْخُذُوا مِمَّا آتَيْتُمُوهُنَّ شَيْئًا إِلَّا أَنْ يَخَافَا أَلَّا يُقِيمَا حُدُودَ اللَّهِ ۖ فَإِنْ خِفْتُمْ أَلَّا يُقِيمَا حُدُودَ اللَّهِ فَلَا جُنَاحَ عَلَيْهِمَا فِيمَا افْتَدَتْ بِهِ ۗ تِلْكَ حُدُودُ اللَّهِ فَلَا تَعْتَدُوهَا ۚ وَمَنْ يَتَعَدَّ حُدُودَ اللَّهِ فَأُولَٰئِكَ هُمُ الظَّالِمُونَ

Talak (yang dapat dirujuki) dua kali. Setelah itu boleh rujuk lagi dengan cara yang ma’ruf atau menceraikan dengan cara yang baik. Tidak halal bagi kamu mengambil kembali sesuatu dari yang telah kamu berikan kepada mereka, kecuali kalau keduanya khawatir tidak akan dapat menjalankan hukum-hukum Allah. Jika kamu khawatir bahwa keduanya (suami isteri) tidak dapat menjalankan hukum-hukum Allah, maka tidak ada dosa atas keduanya tentang bayaran yang diberikan oleh isteri untuk menebus dirinya. Itulah hukum-hukum Allah, maka janganlah kamu melanggarnya. Barangsiapa yang melanggar hukum-hukum Allah mereka itulah orang-orang yang zalim. (Surat Al-Baqarah Ayat 229).

Namun jika terjadi talak tiga maka tidak bisa rujuk kembali dengan isterinya. Kecuali jika insterinya menikah lagi dengan orang lain dan berhubungan suami isteri.

5 Hukum Perceraian dalam Islam

Permasalahan rumah tangga adalah hal biasa yang seringkali terjadi. Namun ada orang yang mampu bertahan dan memilih mengakhiri rumah tangganya dengan bercerai. Lantas bagaimana hukumnya dalam islam? berikut ulasannya.

1. Hukum Perceraian Wajib

Perceraian ini terjadi jika kedua pasangan suami siteri tidak bisa berdamai karena permasalahan yang tidak bisa diselesaikan. Menjadi wajib hukumnya jika suami atau isteri melakukan perbuatan keji.

2. Hukum Perceraian Sunnah

Perceraian sunnah ini terjadi dalam beberapa kondisi. Seperti suami yang tidak bisa memenuhi kebutuhan isteri, atau sang isteri tidak bisa menjalani kewajibannya kepada Allah SWT maka sang suami disunnahkan untuk menceraikannya.

Aa Gym

3. Hukum Perceraian Makruh

Hal ini terjadi jika perceraian yang tidak didasari oleh alasan yang jelas. Seperti suami yang menceraikan isterinya tanpa alasan yang jelas, padahal sang isteri berakhlak mulia.

4. Hukum Perceraian Mubah

Perceraian yang mubah terjadi misalnya seperti seorang isteri yang tidak mematuhi suaminya, maka perceraian mubah atau boleh dilakukan. Contoh lain seperti suami yang sudah tidak memiliki hasrat dengan isterinya maka perceraian itu mubah dilakukan.

Aa Gym

5. Hukum Perceraian Haram

Perceraian ini terjadi jika talak dijatuhkan tidak seusai dengan syariat islam. Misalnya sang suami menjatuhkan talak setelah berhubungan intim tanpa mengetahui sang isteri sedang hamil atau tidak.

Demikianlah 5 hukum perceraian dalam islam. Mudah-mudahkan perceraian Aa Gym dengan Teh Ninih tidak benar-benar terjadi, sebab meski perceraian halal namun tindakan ini adalah hal yang paling dibenci Allah SWT.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY