Sholat Tarawih Ditengah Pandemi Covid-19, Lakukan Dirumah!

0
86
Sholat Tarawih di Rumah Selama Pandemi Covid-19

Sholat tarawih – Menyambut bulan ramadhan ini, ibadah tarawih biasanya rutin kita lakukan selama bulan puasa. Bahkan semangat orang-orang untuk menjalani bulan penuh berkah ini membuat setiap barisan di masjid penuh saat tarawih. Namun saat ini, adanya pandemi covid-19 membuat berbagai aktivitas yang melibatkan banyak orang dan keramaian dilarang. Begitu juga aktivitas ibadah di masjid juga tidak sedikit yang sudah diberlakukan larangan. Hal ini bertujuan untuk menghindari penularan virus ini. Lalu bagaimana menunaikan ibadah tarawih selama pandemi covid-19 ini?

Sholat Tarawih di Rumah dan Tata Caranya

Menjalani bulan puasa tanpa ibadah tarawih tentu rasanya bagai sayur tanpa garam. Apalagi ini adalah kegiatan rutin setelah isya’ yang ditunaikan setiap umat muslim. Meskipun hukumnya tidak wajib, namun alangkah baiknya dilaksanakan. Ini akan memberikan banyak pahala untuk kita selama Ramadhan ini. Sayangnya, wabah corona yang semakin meresahkan saat ini membuat orang-orang semakin khawatir. Sehingga ibadah tarawih di masjid mulai dilarang atau dibatasi. Tenang saja, sobat cahaya islam bisa lakukan tarawih dirumah.

Sholat Tarawih Tetap Bisa Dilakukan di Rumah Dengan Tata Cara Yang Benar

Sholat tarawih bisa dilakukan di rumah, jika memang situasi yang disebabkan pandemi covid-19 ini tidak memungkinkan untuk melakukan ibadah di masjid. Yang terpenting lakukan dengan tata cara dan bacaan yang benar. Pahala yang didapatkan pun akan sama besarnya dengan pahala jika menjalankan ibadah tarawih ini di masjid. Untuk tata cara tarawih di rumah bisa sobat cahaya islam praktekan dengan mudah.

Sholat Tarawih Bisa Dikerjakan di Rumah

Pertama, ucapkan niat ibadah tarawih. Jika sebagai imam maka baca niat yang sesuai dengan posisi sebagai imam. Ataupun jika sebagai makmum. Kedua, niat yang dibaca dalam hati saat takbiratul ihram. Ketiga, takbir saat takbiratul ihram. Kemudian membaca Surat Al-Fatihah dan membaca salah satu surat dalam Al-Qur’an. Selanjutnya rukuk, lalu itidal dan sujud pertama. Baru kemudian duduk di antara dua sujud. Lalu sujud yang kedua dan duduk sejenak sebelum bangkit untuk rakaat kedua.

Selanjutnya bangkit dari duduk dan kerjakan rakaat kedua dengan gerakan yang sama seperti rakaat yang pertama. Lalu duduk tasyahud akhir kemudian salam pada rakaat kedua. Lakukan ini secara berulang hingga 10 atau 20 rakaat. Kemudian tutup dengan sholat witir.

Keutamaan Mengerjakan Sholat di Rumah Bagi Wanita

Sholat Tarawih di Rumah Lebih Baik Bagi Wanita

Dalam agama islam, sholat bagi wanita lebih utama dilaksanakan di rumah. Hal ini dikarenakan pahala lebih besar untuk wanita yang tetap di rumahnya untuk mengerjakan sholat. Ini berarti, ibadah tarawih yang dilakukan di rumah justru memberikan kebaikan bagi wanita. Selain menjaga kehormatan wanita, tetap di rumah juga menjauhkan dari fitnah.

وَقَرْنَ فِي بُيُوتِكُنَّ وَلَا تَبَرَّجْنَ تَبَرُّجَ الْجَاهِلِيَّةِ الْأُولَىٰ ۖ

Dan hendaklah kamu tetap di rumahmu dan janganlah kamu berhias dan bertingkah laku seperti orang-orang Jahiliyah yang dahulu. (1)

Sholat tarawih – Dalam mengerjakan ibadah ini selama bulan puasa tidak harus dilakukan di masjid. Jika memang kondisi masih tidak memungkinkan, apalagi ditengah pandemi covid-19 ini. Mari kita tetap melaksanakannya, meskipun hanya bisa dilakukan di rumah. Setidaknya, pahala dari ibadah tarawih yang dikerjakan tetap mengalir untuk kita.


Catatan Kaki:

(1) – Surat Al-Ahzab Ayat 33

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!