Ramai Bahas Suicide Squad, Awas Kebablasan

0
294
Suicide Squad

Suicide Squad – Film Suicide Squad baru – baru ini viral di beberapa media massa karena alur cerita serta beberapa peran yang cukup menarik bagi sebagian umat. Tak hanya itu saja, film ini mengangkat tentang kisah pembantaian yang bisa jadi terkategorikan sebagai film horror.

Sobat Cahaya Islam, alur Suicide Squad walaupun terkesan menakutkan tetap saja ada umat yang tertarik dengan film tersebut. Sehingga wajib bagi umat muslim untuk senantiasa mengingat rambu – rambu ketika melakukan aktivitas kemubahan. Salah satunya ketika menonton film horror.

Bagaimana Umat Menyikapi Film Suicide Squad?

Suicide Squad

Sobat Cahaya Islam, umat seharusnya mengetahui bahwa menonton adalah aktivitas kemubahan. Namun setiap kemubahan bisa jadi akan mendekatkan bahkan menjauhkan umat dari keimanan.

Apalagi terkait menonton film berlaga dan banyak sekali adegan pembunuhannya, tentu malah akan menjauhkan keimanan. Sehingga, umat seharusnya lebih bisa berhati – hati dalam memilih konten yang akan umat tonton terutama bila bersama dengan keluarga atau anak – anak mereka.

Sebab, informasi apapun yang ada dalam diri manusia tentu saja akan menjadi salah satu landasan aktivitas manusia dan yang akan mereka pelajari. Padahal, dalam hadits Rasulullah umat wajib untuk bisa mengambil hikmah atau belajar keilmuan dari aktivitas maupun tontonan yang mereka lihat.

Daari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

وَمَنْ سَلَكَ طَرِيقًا يَلْتَمِسُ فِيهِ عِلْمًا سَهَّلَ اللَّهُ لَهُ بِهِ طَرِيقًا إِلَى الْجَنَّةِ

Siapa yang menempuh jalan untuk mencari ilmu, maka Allah akan mudahkan baginya jalan menuju surga.” (HR. Muslim, no. 2699)

Salah satu hal yang menjadi daya tarik dalam film tersebut yakni profil para pembunuh serta cara membunuhnya. Jika konten sadis tersebut masuk ke dalam benak para generasi, tentu ada beberapa dampak buruk bagi generasi.

Pertama, bisa memunculkan watak psikopat dalam diri generasi karena seringnya melihat adegan pembunuhan yang sadis. Selain itu, bisa saja konten tersebut umat tiru dalam mengarungi kehidupan nyata. Bahaya bukan?

Namun, nampaknya dampak tersebut tak terlalu digubris terutama oleh para generasi. Alih – alih menyaring kontennya, sebagian generasi malah ikut terlena dan kagum karena aspek sinematografinya maupun para aktor.

Terlena dan kekaguman para umat bisa saja mendorong mereka untuk mengikuti trend dari para pemain Suicide Squad.

Apalagi dengan kecanggihan teknologi sekarang, akan sangat mudah bagi umat untuk mengakses berbagai scene mengerikan dalam film tersebut. Inilah hal yang ditakuti untuk umat. Jika scene tersebut ternyata bernuansa sadis dan horor? Maka bisa juga menurunkan aqidah mereka. Innalillah.

Urgensitas Umat Menentukan Tontonan yang Baik

Suicide Squad

Sobat Cahaya Islam, setiap muslim idealnya harus memiliki pijakan dalam melakukan aktivitas apapun salah satunya yakni menonton film.

Jika umat sudah menggunakan syariat Islam, maka harusnya mereka mengetahui bahwa tontonan yang berpotensi membawa pada kemudharatan idealnya dihindari.

Sebab menjaga diri kaum muslimin dari kemudharatan lebih penting. Inilah karakter yang harus terpatri dalam diri kaum muslimin bahwa tidak semua tontonan viral dapat umat lihat karena bisa jadi akan menjadi wasilah untuk mendapatkan dosa. Kalau sudah demikian, tentu umat akan sangat merugi. Sebaiknya, para generasi muslim yang sudah memahami dapat membuat tandingan film dengan konten yang lebih berbobot dan sarat akan khazanah Islam.

Nah Sobat Cahaya Islam, demikianlah ulasan mengenai film Suicide Squad serta bagaimana umat Islam merespon tontonan tersebut. Semoga ke depan, umat dapat lebih berhati – hati lagi dalam memilih konten film sehingga akan bernilai pahala.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY