Puasa Asyura Sunnah Dilakukan, Ini Keutamaannya

0
57
Puasa Asyura sunnah dilakukan

Puasa Asyura Sunnah Dilakukan – Puasa Asyura sunnah dilakukan oleh seluruh umat Muslim yang tidak berhalangan. Namun tahukah apa saja keutamaannya?

Kita semua dianjurkan untuk mengerjakan kebaikan pada bulan mulia, Muharram. Termasuk melakukan puasa sunnah seperti Tasu’a dan Assyura. Yakni tanggal 9, 10, 11 Muharram.

Puasa 9 Muharram adalah Puasa Tasu’a, 10 Muharram adalah Asyura. Tanggal 11 sebagai pelengkap untuk Tasu’a dan Asyura.

Bulan Muharram sendiri merupakan salah satu bulan yang nilainya istimewa setelah puasa Ramadhan.

Pada bulan ini, masyarakat Muslim pasti memperingati pergantian tahun baru Islam. Dengan begitu, ini bisa menjadi kesempatan emas untuk mendekatkan diri kepada Allah sehingga mendapatkan ridho serta kebaikan dariNya.

Keutamaan Puasa Asyura

Berikut ini merupakan keutamaan melakukan puasa sunah Asyura antara lain:

1.     Memperoleh ampunan

Puasa Asyura sunnah dilakukan

Apabila ada umat muslim yang melaksanakan puasa Asyura di bulan mulia muharram maka Allah akan mengampuni segala dosa-dosa yang pernah diperbuatnya.

Maka dari itu, sebaiknya kita bisa memanfaatkan dengan baik kesempatan yang hanya datang setiap 1 tahun sekali ini.

Yang dimaksud terkait dosa di atas, yakni dosa-dosa kecil namun apabila seseorang memiliki dosa yang besar maka dosa tersebut akan mendapat keringanan.

2.     Diangkat Derajatnya

Selain itu, apabila seseorang tidak memiliki dosa yang kecil atau besar. Maka apabila dia mengerjakan puasa Asyura, Allah akan mengangkat derajatnya dengan menjadi lebih baik.

3.     Pahala Berlipat Ganda

Puasa Asyura sunnah dilakukan

Karena muraham menjadi bulan yang dimuliakan Allah, maka bagi siapapun yang mengerjakan kebaikan serta amalan-amalan sunah lainnya. Allah SWT akan melipat gandakan pahala bagi mereka.

Nah, Sobat Cahaya Islam, dari paparan yang membahas tentang keutamaan puasa Asyura di atas. Maka kita tidak punya alasan lain untuk tidak mengerjakannya.

Bukankah kita diperintahkan untuk selalu berlomba-lomba dalam kebaikan?

وَلِكُلٍّ وِّجْهَةٌ هُوَ مُوَلِّيْهَا فَاسْتَبِقُوا الْخَيْرٰتِۗ اَيْنَ مَا تَكُوْنُوْا يَأْتِ بِكُمُ اللّٰهُ جَمِيْعًا ۗ اِنَّ اللّٰهَ عَلٰى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ – ١٤٨

Artinya: “Dan setiap umat mempunyai kiblat yang dia menghadap kepadanya. Maka berlomba-lombalah kamu dalam kebaikan. Di mana saja kamu berada, pasti Allah akan mengumpulkan kamu semuanya. Sungguh, Allah Mahakuasa atas segala sesuatu.” (Al Baqarah: 148)

سَابِقُوْٓا اِلٰى مَغْفِرَةٍ مِّنْ رَّبِّكُمْ وَجَنَّةٍ عَرْضُهَا كَعَرْضِ السَّمَاۤءِ وَالْاَرْضِۙ اُعِدَّتْ لِلَّذِيْنَ اٰمَنُوْا بِاللّٰهِ وَرُسُلِهٖۗ ذٰلِكَ فَضْلُ اللّٰهِ يُؤْتِيْهِ مَنْ يَّشَاۤءُ ۚوَاللّٰهُ ذُو الْفَضْلِ الْعَظِيْمِ – ٢١

Artinya: “Berlomba-lombalah kamu untuk mendapatkan ampunan dari Tuhanmu dan surga yang luasnya seluas langit dan bumi, yang disediakan bagi orang-orang yang beriman kepada Allah dan rasul-rasul-Nya. Itulah karunia Allah, yang diberikan kepada siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah mempunyai karunia yang besar.” (QS. Al Hadid: 21)

Dengan begitu, kita harus bisa memanfaatkan waktu yang berharga di sisa usia yang kita miliki ini. Caranya adalah dengan memperbanyak amalan sholeh. Hal ini bertujuan sebagai bekal kita saat di akhirat kelak.

Niat puasa Asyura

Membaca niat puasa Asyura bisa dilakukan pada saat akan makan sahur, namun apabila lupa tidak membaca maka niat puasanya bisa kita ucapkan di waktu pagi hari.

Yang demikian itu dihukumi sah puasanya asalkan belum makan atau minum apapun.

Termasuk juga belum atau tidak mengerjakan hal-hal yang bisa membuat puasa yang ditunaikannya tersebut menjadi batal.

Adapun niat puasa Asyura adalah sebagai berikut:

نَوَيْتُ صَوْمَ هَذَا اليَوْمِ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ التَا سُوعَاء لِلهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma hadzal yaumi ‘an ada’i sunnatit Tasu’a lillahi ta’ala

Artinya: Aku berniat puasa sunah Tasu’a pada hari ini karena Allah SWT.

Rasulullah SAW menjelaskan bahwa keutamaan melakukan puasa Asyura pada 10 muharram.

Di mana dia akan memperoleh pahala 10 ribu malaikat, ditambah dengan 10 ribu orang yang berangkat haji dan umroh, dan juga 10 ribu orang yang mati dalam keadaan syahid.

Bahkan Rasulullah SAW selalu menjaga puasa di hari Asyura sebab keutamaan nya yang istimewa dibandingkan dengan bulan-bulan lain selain Ramadhan.

Demikian di atas merupakan ulasan mengenai apa saja keutamaan puasa Asyura sunnah dilakukan oleh seluruh umat muslim.

Semoga artikel ini memberikan kita manfaat. 

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY