Hikmah dari Kisah Cinta Zulaikha kepada Nabi Yusuf AS

0
399
kisah cinta Zulaikha

cahayaislam.id – Sebagai Muslim, sudah menjadi kewajiban bagi kita untuk mengetahui sejarah Nabi-nabi terdahulu. Salah satunya Nabi Yusuf AS, yang paling menarik adalah tentang kisah cinta Zulaikha kepadanya.

Nabi Yusuf merupakan salah satu nabi dengan keteladanan yang sangat tinggi. Kekuatan imannya dalam menjaga hawa nafsu dari segala godaan duniawi patut kita contoh.

Bahkan sudah ada buktinya bahwa Nabi Yusuf mempunyai kesabaran dan keikhlasan yang dibalas oleh Allah SWT dengan kenikmatan yang berlipat ganda. Misalnya saja saat harus menghadapi Zulaikha.

Ketika dewasa, Nabi Yusuf AS dikenal dengan ketampanannya yang tiada banding. Sedangkan Zulaikha adalah istri dari seorang Raja bernama Qithfir, yang juga menjadi manjikan Nabi Yusuf.

Zulaikha dikenal sebagai seorang perempuan cantik jelita yang memiliki tahta dalam kerajaan namun dia sangat tertarik pada Yusuf, budaknya. Bahkan Zulaikha selalu menggoda Yusuf agar mau melakukan hal-hal di luar batas, tentu saja yang mendekati perzinahan.

Meskipun tampan, Nabi Yusuf tidak pernah memanfaatkannya untuk memenuhi kepuasan dirinya dengan menggoda banyak wanita yang dia senangi. Akan tetapi dia selalu mengingat Allah SWT dan imannya yang kuat selalu menyelamatkannya dari bisik rayu hawa nafsu.

وَرَاوَدَتْهُ الَّتِيْ هُوَ فِيْ بَيْتِهَا عَنْ نَّفْسِهٖ وَغَلَّقَتِ الْاَبْوَابَ وَقَالَتْ هَيْتَ لَكَ ۗقَالَ مَعَاذَ اللّٰهِ اِنَّهٗ رَبِّيْٓ اَحْسَنَ مَثْوَايَۗ اِنَّهٗ لَا يُفْلِحُ الظّٰلِمُوْنَ

“Dan perempuan yang dia (Yusuf) tinggal di rumahnya menggoda dirinya. Dan dia menutup pintu-pintu, lalu berkata, “Marilah mendekat kepadaku.” Yusuf berkata, “Aku berlindung kepada Allah, sungguh, tuanku telah memperlakukan aku dengan baik.” Sesungguhnya orang yang zalim itu tidak akan beruntung.” (QS. Yusuf ; 23)

Pernah suatu waktu, Zulaikha memaksa Nabi Yusuf untuk melakukan hal kotor namun ditolak olehnya. Lalu Zulaikha mengejarnya dan membuat gamis yang dikenakan Nabi Yusuf robek di bagian belakang.

Demi menutupi kesalahannya, Zulaikha memfitnah Nabi Yusuf hingga akhirnya dimasukkan ke dalam penjara untuk waktu yang sangat lama.

Setelah Raja Qithfir meninggal dunia, Zulaikha jatuh miskin. Merananya lagi dia kehilangan penglihatannya sebab selalu menangisi Nabi Yusuf AS.

Singkat cerita, Nabi Yusuf yang telah bebas dari penjara pun menjadi seorang raja yang sangat kaya raya. Ketampanannya tak memudar sama sekali dan justru semakin bertambah.

Saat dia bertemu dengan Zulaikha yang buta, tua dan miskin, dia pun mengetahui bahwa wanita tersebut masih menyimpan rasa suka padanya. Lalu atas izin Allah SWT, keduanya pun menikah.

Nabi Yusuf juga meminta kemurahan hati Allah SWT agar memberikan rahmatnya sehingga Zulaikha bisa melihat lagi dan kembali cantic jelita seperti dulu kala.

Hikmah dari Kisah Cinta Zulaikha kepada Nabi Yusuf AS

Nah, Sobat Cahaya Islam, dari kisah cinta antara Zulaikha dan Nabi Yusuf AS pastinya membuat Sobat penasaran hikmah apa yang bisa kita ambil. Demikian penjelasannya

Jodoh Pasti Bertemu

Meskipun telah berpisah puluhan tahun atau lebih lama dari itu, jodoh tetaplah akan dipertemukan oleh Allah SWT.

kisah cinta Zulaikha

Sebab sama halnya dengan rejeki, jodoh pun tidak akan pernah salah alamat. Sebagaimana Allah telah menentukan takdir tersebut di lauh mahfudz.

Allah Memberi Kasih pada yang Beriman

Seperti yang kita ketahui, ketika Zulaikha mengejar cinta Nabi Yusuf, Allah menjauhkan lelaki tersebut darinya. Namun ketika Zulaikha mengejar cinta Allah SWT, Allah dekatkan Nabi Yusuf AS kepadanya.

kisah cinta Zulaikha

Maka kesimpulannya adalah Allah selalu mengasihi dan memberikan apa yang diharapkan hambaNya ketika dia beriman dengan sungguh-sungguh.

Demikian di atas adalah ulasan mengenai hikmah dari kisah cinta Zulaikha kepada Nabi Yusuf AS.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY