Perbedaan Dari Asmaul Husna Al Qowiyyu Dan Al Matiinu

0
2481

Allah SWT memiliki 99 nama baik yang disebut dengan asmaul husna. Setiap nama memiliki arti yang berbeda-beda. Nama baik Allah SWT bisa dijadikan pedoman hidup kita sehari-hari. Asmaul husna sendiri terdiri dari kata asma yang berarti nama dan husna yang berarti baik indah. Jadi asmaul husna sendiri merupakan nama allah yang baik dan indah. Kita harus bisa memahami asmaul husna dan maknanya, supaya bisa menerapkan dalam kehidupan sehari-hari. Berikut ini kajian islam mengenai Perbedaan Dari Asmaul Husna Al qowiyyu dan Al Matiinu.

Di dalam Al-Qur’an dijelaskan :

وَلِلَّهِ الْأَسْمَاءُ الْحُسْنَىٰ فَادْعُوهُ بِهَا ۖ وَذَرُوا الَّذِينَ يُلْحِدُونَ فِي أَسْمَائِهِ ۚ سَيُجْزَوْنَ مَا كَانُوا يَعْمَلُونَ

“ Dan Allah SWT memiliki asmaul husna maka bermohonlah kepada-Nya dengan menyebut nama-nama nya yang baik itu dan ditinggalkanlah orang-orang yang menyimpang dalam menyebut nama namanya. Nanti mereka akan mendapat balasan terhadap apa yang mereka kerjakan”. [1]

Ada dua nama baik Allah SWT yang memiliki arti hampir sama yaitu Al qowiyyu dan al matiinu. Keduanya memiliki arti sangat kuat. Untuk lebih jelasnya mari kita bahas tentang kedua asmaul husna tersebut.

Perbedaan Dari Asmaul Husna Al Qowiyyu dan Al Matiinu.

Asmaul Husna Al Qawiyyu

Al qawiyyu dibaca dengan al qowi memiliki arti sangat kuat. Al qawiyu dan al matiinu, sama-sama memiliki arti sangat kuat tapi ada perbedaan didalamnya. Untuk bisa mengamalkan asmaul husna dan maknanya, kita harus bisa memahaminya dengan baik. Tak hanya menghafal di setiap nama, tapi juga maksud dari nama tersebut. Kuat didalam kata al qawiyuu lebih berarti kuat secara fisik. Bahwa allah maha kuat dan yang paling kuat dari semua yang ada di bumi ini. Walaupun banyak orang yang berotot, mampu membawa benda yang sangat berat, tapi tidak ada yang mampu menandingi kekuatan yang dimiliki oleh Allah SWT.

Dari kisah raksasa jalut, kita bisa lebih memahami asmaul husna dan maknanya. Jalud merupakan seorang lelaki yang terkenal sangat kuat, tubuhnya pun sangat besar. Walaupun begitu dia begitu mudahnya dikalahkan oleh nabi daud, yang pada waktu itu nabi daud masih muda dan kecil. Yang memberi kekuatan pada daud tentunya Allah SWT. Allah SWT memberikan kekuatan yang berbeda-beda pada hambanya, kekuatan tersebut tidak bisa kekal. Tidak seperti kekuatan yang dimiliki oleh Allah SWT.

Kita harus yakin bahwa Allah SWT yang paling kuat dari apapun dan menjadi sumber kekuatan bagi semua makhluknya. Kita harus bersyukur selalu diberi kekuatan dari Allah SWT lah. Kuat disini bukan hanya kuat fisik tapi juga kuat mental, untuk tetap menjaga keimanan kepada Allah SWT. Jangan menjadi orang yang lemah dan sombong karena kekuatan yang dimiliki, karena kekuatan kita tidak ada apa-apanya dibandingkan kekuatan yang dimiliki Allah SWT.

Asmaul Husna Al Matiinu

Dari asmaul husna dan maknanya al qawiyyu dan al matiinu memang banyak terjadi perdebatan. Untuk al mattiin memiliki makna maha yang sangat kuat, sedangkan untuk al qawiy lebih berarti tidak ada sesuatu yang bisa mengalahkannya dan menundukkannya serta menolak ketentuannya, dari cerita jalut diatas, allah menghendaki nabi daud untuk memiliki kekuatan yang lebih kuat dibandingkan jalut, inilah kenapa allah disebut dengan nama al qawiyyu.

Alloh berfirman :

إِنْ يَنْصُرْكُمُ اللَّهُ فَلَا غَالِبَ لَكُمْ ۖ وَإِنْ يَخْذُلْكُمْ فَمَنْ ذَا الَّذِي يَنْصُرُكُمْ مِنْ بَعْدِهِ ۗ وَعَلَى اللَّهِ فَلْيَتَوَكَّلِ الْمُؤْمِنُونَ

“Jika allah menolong kamu, maka tak ada seorangpun yang dapat mengalahkan kamu dan jika allah membiarkan kamu (tidak memberi pertolongan) maka siapakah gerangan yang dapat menolong kamu selain dari allah sesudah itu? Karena itu hendaknya orang-orang mukmin bertawakal.”[2]

dari ayat tersebut kita bisa menjelaskan bawah allah akan menolong siapapun yang ia kehendaki.

Sedangkan kata al matiinu merupakan allah maha yang sangat kuat. Allah SWT memiliki kekuatan yang tak tertandingi dan tidak bisa dikalahkan oleh apapun. Allah menciptakan bumi, menciptakan manusia dan semua hal yang ia kehendaki. Dari asmaul husna dan maknanya ini kita harus selalu bersyukur dan tunduk kepada Allah SWT, takut dengan semua hal yang dilarangnya dan selalu berserah diri kepada Allah SWT.

Allah SWT yang maha kuat dan sangat kuat, tidak ada satupun yang bisa menandinginya di dunia ini, manusia hanya makhluk lemah yang tidak ada apa-apanya. Dengan memahami asmaul husna dan maknanya, diharapkan kita untuk selalu bersyukur dan tunduk kepadaNya.

[1] Qs Al A’raf 180

[2] Qs ali imron 160

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!