Sosok Ibu Dalam Gambaran Ajaran Islam

0
135
Sosok Ibu 1

Sosok ibu – Ibu merupakan sosok yang sungguh mulia dan digambarkan sebagai seseorang yang memiliki peran penting dalam keluarga. Hal ini karena ibu dapat memberikan tempat ternyaman dan juga sebagai cinta yang tiada tara. Dalam ajaran islam, peran seorang ibu dianggap sebagai suatu anugerah yang luar biasa.

Ayat-ayat Al Quran menggambarkan peran seorang ibu sungguh sesuatu yang tidak dapat digantikan dengan apapun. Itu sebabnya, seorang anak dianjurkan untuk berbakti serta memperlakukan seorang ibu dengan baik. Ini karena ibu telah mengandung selama 9 bulan lamanya serta mempertaruhkan nyawanya demi melahirkan seorang anak. Lalu bagaimana sosok seorang ibu dalam islam?

Sosok Ibu Dalam Gambaran Ajaran Islam, Ini Diantaranya

Sosok Ibu 2

Sosok ibu dalam gambaran islam sendiri merupakan sosok yang hebat, luar biasa dan tentu saja begitu istimewanya di mata Allah SWT. Itu sebabnya, banyak ayat Al Quran yang menjelaskan tentang bagaimana berbakti kepada orang tua atau ibu, bagaimana harusnya memperlakukannya bahkan juga segala sesuatu yang dilewati oleh wanita yang disebut dengan ibu.

وَوَصَّيْنَا الْإِنْسَانَ بِوَالِدَيْهِ حَمَلَتْهُ أُمُّهُ وَهْنًا عَلَىٰ وَهْنٍ وَفِصَالُهُ فِي عَامَيْنِ أَنِ اشْكُرْ لِي وَلِوَالِدَيْكَ إِلَيَّ الْمَصِيرُ

Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu-bapaknya; ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu.

Dalam ayat ini menjelaskan bagaimana jasa seorang ibu yang melahirkan sungguh tidak dapat dihitung dan diganti dengan apapun. Itu sebabnya, Allah memerintahkan kita untuk berbuat baik kepada orang tua. Barangsiapa yang berbuat zalim kepada orang tua atau ibu, maka Allah akan memberikan siksa yang pedih.

Lalu bagaimana sosok seorang ibu dalam gambaran menurut islam?

Sebagai Wujud Cinta Allah SWT

Tahukah sobat CahayaIslam, bahwasanya seorang ibu digambarkan sebagai bentuk wujud cinta Allah SWT. Hal ini karena saat kita meminta ridho Allah SWT, maka ini tergantung bagaimana ridho seorang ibu. Apabila kita berbuat zalim kepadanya kemudian ia melangitkan doanya kepada Allah SWT, ini akan menjadi salah satu sebab Allah murka.

Seorang Yang Mulia

Ibu digambarkan sebagai sosok yang sungguh mulia. Itulah alasannya Allah memerintahkan kaum muslimin untuk memperlakukannya dengan baik. Sebagai sosok yang mulia di mata Allah SWT, apapun yang kita lakukan untuk ibu dapat menjadi sebuah ibadah yang berpahala atau bisa juga menjadi perbuatan zalim yang besar dosanya.

Doa Yang Paling Baik

Dalam berdoa, kita senantiasa meminta Allah untuk mengabulkan apa yang kita doakan kepada-Nya. Namun tahukah, saat doa kita menjadi doa bagi seorang ibu maka ini adalah doa yang paling baik. Doa yang dipanjatkan oleh sesosok perempuan yang sungguh mulia akan lebih mustajab dan juga Allah dengar.

Sosok ibu – Dalam gambaran islam sendiri, perempuan memiliki keistimewaan yang luar biasa. Salah satunya adalah peran yang dipikulnya menjadi seorang ibu. Itu sebabnya, ibu digambarkan sebagai seseorang yang mulia, penuh pengorbanan, harus dihormati dan diperlakukan dengan baik.


Catatan Kaki:

(1) – Surat Luqman Ayat 14-15

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY