Prilly Latuconsina Kesal, Kenapa? Muslimah Wajib Tahu

0
59
Prilly Latuconsina

Prilly Latuconsina  – Akun instagram aktris Prilly Latuconsina baru-baru ini menjadi perbincangan hangat di kalangan netizen, tidak terkecuali akun lambe turah.

Dia menggunakan insta story-nya untuk menyindir seorang laki-laki yang dianggap telah merendahkan harga diri perempuan. Bagaimana tidak, pria ini secara terang-terangan memamerkan prilaku buruknya kepada publik.

Perbuatannya inilah yang membuat Prilly Latuconsina kesal. Sobat Cahaya Islam pastilah merasakan kekesalan yang sama. Wanita seolah diperlakukan sebagai pemuas nafsu saja, direndahkan di hadapan publik. Sebenarnya  tidak hanya salah laki-laki saja melainkan kita sebagai perempuan muslim harus mampu membentengi diri dengan akhlak-akhlak terpuji dan menjaga pergaulan lawan jenis.

Akhlak  Terpuji  Yang Dilakukan Prilly Latuconsina

Prilly Latuconsina

Akhlak terpuji  adalah akhlak yang harus dimilki oleh setiap muslim, dari segi perbuatan, perkataan, prilaku sesuai dengan syariat dan ajaran agama islam. Sebagai seorang muslim atau muslimah kita memiliki panutan, yakni Rasulullah yang patut kita tiru seluruh perbuatannya.

Perbuatan terpuji yang telah dilakukan Prilly Latuconsina. Yakni meyuarakan kegundahan hatinya akibat perbuatan tidak layak seorang laki-laki terhadap perempuan. Perbuatan itu seolah telah merendahkan harga diri dan martabat manusia.

Rasulullah merupakan orang termulia di muka bumi, seluruh perbuatan dan tingkah lakunya mencerminkan akhlak terpuji. Untuk seorang muslimah sendiri, istri-istri nabi serta anak nabi dapat dijadikan patokan seorang muslimah dalam berpakaian dan bertingkah laku.

Berikut ini contoh dari akhlak terpuji yang perlu diterapkan seorang muslimah.

Contoh Akhlak  Terpuji

Sobat Cahaya Islam perlu menerapkan akhlak atau sikap terpuji ini agar lebih dihargai oleh orang lain. Dengan melakukan hal ini juga kita telah taat dan patuh pada perintah Allah dan Rasulullah.

  • Memelihara kesucian dan kehormatan diri, sikap terpuji yang pertama adalah memelihara kesucian diri. Bagaimana cara memelihara kesucian diri?
  • Sebagai seorang muslimah memelihara kesucian diri dapat di lakukan dengan lebih mejaga hubungan antar lawan jenis. Karena hal ini bisa menimbulkan fitnah dan berpotensi terjadinya perzinahan.

قُلْ لِّلْمُؤْمِنِيْنَ يَغُضُّوْا مِنْ اَبْصَارِهِمْ وَيَحْفَظُوْا فُرُوْجَهُمْۗ ذٰلِكَ اَزْكٰى لَهُمْۗ اِنَّ اللّٰهَ خَبِيْرٌۢ بِمَا يَصْنَعُوْنَ

”Katakanlah kepada laki-laki yang beriman, agar mereka menjaga pandangannya, dan memelihara kemaluannya; yang demikian itu, lebih suci bagi mereka. Sungguh, Allah Maha Mengetahui apa yang mereka perbuat.” (QS. An-Nur: 30)

  •  Qana’ah, sikap terpuji selanjutnya adalah menerima segala takdir yang telah ditetapkan oleh Allah. Seperti kematian, jodoh, dan maut.
  • Berdo’a kepada Allah, dengan berdo’a kepada Allah adalah suatu tanda bahwa kita bukanlah orang yang sombong tidak membutuhkan pertolongan dan tidak membutuhkan Allah sama sekali.
  • Sabar dengan ketentuan Allah, akhlak terpuji ini sangatlah mencontoh perilaku Rasulullah, beliau selalu sabar dalam menghadhadapi perlakuan musuh tidak pernah membalas kejahatan dengan kejahatan, kecurangan dengan kecurangan. Tetapi ia membalas perbuatan jahat mereka dengan do’a terbaik.
  • Rendah hati, sikap rendah hati mampu membuat kita lebih dihargai oleh oranglain dan dicintai lingkungan sekitar. Orang-orang dengan sikap rendah hati lebih disenangi, tidak hanya sesama manusia tetapi juga oleh Allah.
  • Berprilaku baik, bertingkah laku baik adalah yang paling utama dalam menjaga kehormataan. Orang akan lebih menghargai orang lain apabila ia memliki sikap terjaga dan memiliki sopan santun yang baik.

Perilaku yang dilakukan oleh Prilly Latuconsina dapat kita tiru untuk menyuarakan hak dan martabat sebagai seorang perempua, agar lebih dihargai juga harus menerapkan akhlak terpuji pada diri sendiri.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY