Pria Makassar Tampar Hingga Injak Ibu Kandung, Ini Bahaya Durhaka Terhadap Orang Tua!

0
36

Pria Makassar – Seorang pria asal Makassar bernama Hamsah tega menampar hingga menginjak ibu kandungnya sendiri. Ini berawal dari pertikaian pelaku dengan keponakannya, yang kemudian bermaksud dilerai oleh ibunya. Namun Hamsah justru mendorong, menampar dan menginjak sang ibu dengan tanpa rasa kasihan. Padahal sang ibu sudah cukup tua dan baru saja menjalani operasi gula. Dikabarkan sang anak menginjak tepat pada bagian bekas operasi yang menimbulkan berdarah.

Pria Makassar Aniaya Ibu Kandung dan Durhaka Diharamkan Dalam Islam

Tindakan menampar hingga menginjak ibu kandung sendiri, tentu saja sudah termasuk dalam perbuatan durhaka. Apalagi sebagai seorang anak hendaknya berlaku baik terhadap orang tua, terutama ibunya. Ia yang mengandung, melahirkan hingga mengurus anak sampai dewasa. Itu sebabnya, Allah pun memuliakan Ibu sebagai sosok yang mulia. Dalam islam, mengucapkan kata “ah” kepada orang tua saja dilarang. Apalagi melakukan tindak kekerasan, ini sudah termasuk durhaka.

Pria Makassar Tampar Hingga Injak Ibu Kandung, Ini Bahaya Durhaka Terhadap Orang Tua

Pria Makassar Aniaya Ibunya dan Ini Larangan Durhaka Dalam Islam

Pria Makassar yang menampar hingga menginjak ibu kandungnya sendiri, adalah cermin kedurhakaan terhadap orang tua. Tahukah sobat Cahaya Islam, bahwa ridho Allah SWT tergantung dari ridho orang tua. Barangsiapa menyakiti orang tua, terutama ibunya maka ia akan mendapatkan murka Allah dan siksa yang teramat pedih. Ini karena durhaka termasuk dosa besar, sehingga balasannya juga tidak main-main.

وَقَضَىٰ رَبُّكَ أَلَّا تَعْبُدُوا إِلَّا إِيَّاهُ وَبِالْوَالِدَيْنِ إِحْسَانًا ۚ إِمَّا يَبْلُغَنَّ عِنْدَكَ الْكِبَرَ أَحَدُهُمَا أَوْ كِلَاهُمَا فَلَا تَقُلْ لَهُمَا أُفٍّ وَلَا تَنْهَرْهُمَا وَقُلْ لَهُمَا قَوْلًا كَرِيمًا وَاخْفِضْ لَهُمَا جَنَاحَ الذُّلِّ مِنَ الرَّحْمَةِ وَقُلْ رَبِّ ارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِي صَغِيرًا

Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan “ah” dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia. Dan rendahkanlah dirimu terhadap mereka berdua dengan penuh kesayangan dan ucapkanlah: “Wahai Tuhanku, kasihilah mereka keduanya, sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku waktu kecil”.

Dalam ayat diatas, ditegaskan bahwa kita harus berlaku baik terhadap orang tua. Jika mengucapkan kata “ah” saja dilarang, apalagi melakukan kekerasan atau menganiaya orang tua. Ini perbuatan yang Allah benci dan tidak sukai. Itu sebabnya Allah memerintahkan kita untuk taat dan berbakti terhadap orang tua, terutama Ibu. Lalu apa saja bahaya durhaka terhadap orang tua?

Durhaka Ditempatkan Sebagai Dosa Setelah Syirik

Pria Makassar Yang Injak Ibunya

Durhaka adalah termasuk dosa besar. Bahkan oleh Rasulullah SAW, ini ditempatkan pada urutan kedua setelah dosa syirik. Itu artinya durhaka bukanlah perbuatan yang dosanya main-main. Dan ancamannya tentu saja adalah siksa pedih di akhirat nanti. Naudzubillah.

Dosa Yang Disegerakan Azabnya di Dunia

Buruknya perbuatan durhaka terhadap orang tua, hingga perbuatan ini termasuk dosa yang disegerakan azab atau siksaannya di dunia. Sehingga barangsiapa durhaka terhadap orang tuanya, maka ia akan diberikan balasan di dunia lebih dulu. Sebelum nantinya Allah berikan siksaan di akhirat.

Tidak Mendapat Syafa’at Pada Hari Kiamat

Perbuatan durhaka terhadap orang tua akan membuat pelakunya tidak mendapatkan syafa’at pada hari kiamat. Dalam sebuah hadist disebutkan bahwa ada tiga orang yang tidak akan dipandang oleh Allah pada hari kiamat. Diantaranya adalah orang yang durhaka terhadap orang tuanya, pecandu khamr dan pengungkit pemberian.

Pria Makassar – yang menampar hingga menginjak ibu kandungnya, ini mencerminkan sikap durhaka. Tentu saja ini termasuk dalam dosa besar dalam islam. Bahkan ancamannya adalah tidak akan masuk surga bagi pelakunya.


Catatan Kaki:

(1) – Surat Al-Isra’ Ayat 23-24

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!