Polisi Traktir Ojol Saat Demo, Apa Hukumnya Mentraktir Dalam Islam?

0
15
Polisi Traktir Ojol dan Begini Hukumnya Dalam Islam

Polisi traktir ojol – Banyaknya aksi demo akhir-akhir ini membuat berbagai kalangan masyarakat ikut terjun ke jalanan. Sejak adanya rancangan UU bagi pekerja, aksi demo ini dilakukan guna menyuarakan aspirasi atas penolakan Obnisum Law UU Cipta Kerja. Mulai dari mahasiswa, hingga para driver ojol pun ikut bergabung untuk demo. Salah satu video yang viral ditengah demo ini adalah ketika terlihat seorang polisi mentraktir para ojol. Video itu pun seketika menuai banyak komentar dan pujian.

Polisi Traktir Ojol dan Ini Jadi Pahala Besar Menurut Islam

Sosok polisi dalam video viral ini diketahui merupakan Kapolsek Bubutan Polrestabes Surabaya, yaitu AKP Bambang Prakoso. Diketahui bahwa dirinya memang seringkali memborong makanan dan minuman dari para penjual es cendol, bakso dan lain sebagainya untuk diberikan kepada para pendemo. Ini karena ia merasa kasihan dengan para pengunjuk rasa yang kelaparan dan kehausan ditengah demo. Lalu bagaimana jika dikaji dalam pandangan islam, apa hukumnya  mentraktir menurut islam?

Polisi Traktir Ojol Saat Demo, Mau Tau Hukumnya Mentraktir Dalam Islam? Ini Penjelasannya!

Polisi Traktir Ojol dan Begini Hukumnya Dalam Islam

Polisi traktir ojol saat demo seketika menuai banyak pujian setelah videonya viral. Ini dianggap sebagai tindakan yang cukup mengayomi bagi masyarakat. Apalagi ditengah aksi demo yang mana orang-orang harus berdiri ditengah terik matahari, kehausan dan juga lapar. Bahkan tidak sedikit oknum polisi yang bahkan melakukan tindakan kekerasan dengan tujuan menghentikan aksi demo masyarakat. Dalam islam, memberi tentu saja merupakan tindakan yang terpuji. Bahkan islam pun menganjurkan untuk berbagi bukan?

آمِنُوا بِاللَّهِ وَرَسُولِهِ وَأَنْفِقُوا مِمَّا جَعَلَكُمْ مُسْتَخْلَفِينَ فِيهِ ۖ فَالَّذِينَ آمَنُوا مِنْكُمْ وَأَنْفَقُوا لَهُمْ أَجْرٌ كَبِيرٌ

Berimanlah kamu kepada Allah dan Rasul-Nya dan nafkahkanlah sebagian dari hartamu yang Allah telah menjadikan kamu menguasainya. Maka orang-orang yang beriman di antara kamu dan menafkahkan (sebagian) dari hartanya memperoleh pahala yang besar.(1)

Dalam ayat diatas ditegaskan bahwasanya kita dianjurkan untuk menafkahkan sebagian harta yang dimiliki. Ini artinya, menafkahkan sebagian harta bisa dengan jalan apa saja selama itu tidak bertentangan dengan ajaran islam. Begitu juga dengan mentraktir atau memberi makan orang yang kelaparan bagaimana hukumnya? tentu saja ini diperbolehkan, bagaimanapun ini merupakan tindakan yang terpuji dan tidak menyimpang dari syariat islam.

Ini Pahala Memberi Makan Atau Mentraktir Orang Lain

Polisi Traktir Ojol dan Ini Mentraktir Dalam Pandangan Islam

Dalam islam, berbagi adalah suatu sikap yang terpuji dan bahkan dianjurkan. Sikap memberi ini lebih dianjurkan dibandingkan meminta. Itu sebabnya, mentraktir orang lain atau memberi makan berarti kita sedang melakukan perbuatan yang baik. Dan apa-apa perbuatan yang baik tentu akan menuai balasan yang baik juga dari Allah SWT. Tahukah sobat CahayaIslam, memberi makan orang lain bisa menjadi jalan untuk meraih pahala besar lho.

Polisi traktir ojol – ditengah aksi demo ini merupakan salah satu contoh perbuatan yang mulia. Bagaimanapun, niat memberi makan kepada yang kelaparan membawa pahala besar bagi dirinya. Sobat CahayaIslam, semoga kita termasuk golongan orang yang senantiasa berbuat baik kepada sesama ya. Tindakan semacam ini bisa dijadikan contoh untuk memotivasi diri agar berbuat kebaikan lebih banyak.


Catatan Kaki:

(1) – Surat Al-Hadid Ayat 7

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!