3 Amalan Sunnah Bulan Muharram Selain Puasa

0
54
Amalan Sunnah Bulan Muharram

Amalan Sunnah Bulan Muharram – Sebentar lagi umat muslim akan menyambut tahun baru Islam, yaitu Muharram. Bulan ini identik dengan puasa sunnah karena memang amalan sunnah paling afdhol pada bulan yang mulia ini adalah puasa sunnah seperti puasa Tasu’a (9 Muharram), Asyura (10 Muharram), dan 11 Muharram. Namun, masih ada banyak amalan sunnah yang berpahala besar yang bisa sobat Cahaya Islam lakukan di bulan haram ini.

Amalan Sunnah Bulan Muharram: Meluaskan Belanja di Hari Asyura

Salah satu amal sunnah di bulan Muharram adalah meluaskan dalam membelanjakan rezeki di hari Asyura. Hal ini sebagaimana sabda Nabi dalam hadits Riwayat Al-Baihaqi dari Jabir bin ‘Abdillah sebagai berikut:

مَنْ وَسَّعَ عَلَى أَهْلِهِ يَوْمَ عَاشُورَاءَ وَسَّعَ اللَّهُ عَلَيْهِ سَائِرَ سَنَتِهِ

“Barangsiapa memberi kelapangan bagi keluarganya di hari Asyura, Allah akan memberi kelapangan baginya sepanjang tahun itu” (1)

Oleh karena itu, hendaknya seorang muslim lebih memberikan kelapangan kepada keluarganya di hari yang Istimewa tersebut. Misalnya dengan memberikan jatah belanja lebih banyak kepada istri, membelikan barang-barang kesukaan anak, dan lain sebagainya. Hal itu akan membuat keluarga semakin Bahagia, dan tentu saja bernilai pahala yang besar.

Sedekah di Hari Asyura

Menurut madzhab Maliki, sunnah hukumnya bersedekah di hari Asyura. Bahkan, nilainya sama dengan sedekah selama setahun. Meski Sebagian ulama tidak menganggap dhoif hadits yang menjadi landasan dasarnya, namun sedekah pada umumnya adalah sunnah. Jadi, sedekah di hari Asyura maupun hari-hari lainnya adalah sunnah.

Maka dari itu, hendaknya umat muslim memperbanyak sedekah, baik di hari-hari biasa maupun di bulan Muharram. Jika kita sudah terbiasa sedekah, maka tak akan sulit untuk bersedekah di bulan Muharram. Juga, tak perlu pusing memikirkan kesahihan hadits tentang anjuran bersedekah di hari Asyura, karena sedekah hukumnya tetap sunnah, kapanpun waktunya.

Menjamu Tamu dan Menyantuni Anak Yatim

Rasulullah sangat menyayangi anak-anak yatim. Bahkan, beliau lebih menyayangi mereka lagi pada hari 10 Muharram (Asyura). Dalilnya adalah hadits berikut ini:

من مسح يده على رأس يتيم يوم عاشوراء رفع الله تعالى بكل شعرة درجة

“Barangsiapa mengusapkan tangannya ke kepala anak yatim di hari Asyura (10 Muharram), Allah akan mengangkat derajatnya dengan stiap helai rambut yang diusap satu derajat.” (2)

Di hari tersebut, Rasulullah menjamu dan bersedekah kepada anak-anak yatim serta keluarganya termasuk anak dan istri. Jadi, inilah sunnah beliau dan amalan ini menjadi pembuka keberkahan hingga satu tahun penuh.

Itulah beberapa amalan sunnah yang bisa sobat Cahaya Islam lakukan di bulan Muharram yang sebentar lagi akan tiba.


Referensi:

(1) Al-Istidrak (3-321)

(2) Faidhul Qadir Juz 6 Hal 235-236

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY