Demo Omnibus Law Kian Ricuh, Yuk Suarakan Pendapat Sesuai Dengan Ajaran Islam!

0
32
Demo Omnibus Law Kian Ricuh dan Tahukah Islam Atur Cara Suarakan Pendapat

Demo Omnibus Law – Penolakan terhadap Omnibus Law UU Cipta Kerja semakin memicu kerusuhan. Ini karena semakin banyaknya massa yang mengadakan demo besar-besaran. Bahkan tidak segan melakukan tindakan pengrusakan hingga kekerasan. Seperti yang terjadi di Semarang dimana para pendemo menyebabkan robohnya gerbang gedung DPRD Jawa Tengah karena dijebol massa. Belum lagi fasilitas yang rusak dan juga aksi coret-coret yang berupa makian dan juga umpatan.

Demo Omnibus Law Kian Ricuh dan Tahukah Islam Atur Cara Suarakan Pendapat

Kerusakan lainnya yang disebabkan aksi demo ini diantaranya adalah tanaman-tanaman pembatas jalan yang terinjak-injak. Lampu taman hingga kaca belakang mobil dinas DPRD Jawa Tengah pun pecah. Menurut pandangan islam, berbuat kerusakan saja sudah merupakan penyimpangan dari ajaran islam. Apalagi dampak demo yang bisa menyebabkan tindak kekerasan juga. Dalam ajaran islam sendiri, tidak ada larangan untuk menyuarakan pendapat. Namun bukan berarti tindak ricuh dalam berdemo dibenarkan ya sobat CahayaIslam.

Demo Omnibus Law Kian Ricuh, Begini Suarakan Pendapat Yang Tepat Menurut Islam!

Demo Omnibus Law dan Ini Cara Suarakan Pendapat Sesuai Ajaran Islam

Demo Omnibus Law UU Cipta Kerja yang kian ricuh tentu tidak selaras dengan syariat islam. Islam mengajarkan perdamaian dan melarang adanya perselisihan, permusuhan atau hal-hal yang merujuk pada perbuatan kekerasan. Sebenarnya menyuarakan pendapat sah-sah saja, jika dilakukan dalam porsi yang seharusnya. Namun kegiatan demo yang mana dimaksudkan sebagai tindakan untuk menyuarakan pendapat justru merujuk pada kemaksiatan. Seperti adanya pemberontakan terhadap pemimpin, kekerasan, pengrusakan.

Jika dikaji dalam pandangan islam, tentu perbuatan ini sudah menyimpang. Dan artinya ini tidak dibenarkan dan bahkan ini bukanlah ajaran yang ada dalam agama islam. Sebagai seorang muslim, kita harus tahu bagaimana menyelaraskan kehidupan ini dengan nilai-nilai agama. Lalu bagaimana menyuarakan pendapat  yang tepat menurut islam?

Lakukan Dengan Cara Yang Baik

Demo Omnibus Law Kian Ricuh dan Begini Suarakan Pendapat Dalam Islam

Sebagai seorang muslim, sikap kita tentu juga harus mencerminkan sikap seorang muslim. Muslim yang baik tentu tahu bagaimana caranya berlaku baik dalam segala hal sesuai dengan aturan agama. Begitupun ketika menyuarakan pendapat dalam sebuah forum, berdebat atau semacamnya. Ini diperbolehkan selama dilakukan dengan cara yang tepat dan baik.

ادْعُ إِلَىٰ سَبِيلِ رَبِّكَ بِالْحِكْمَةِ وَالْمَوْعِظَةِ الْحَسَنَةِ ۖ وَجَادِلْهُمْ بِالَّتِي هِيَ أَحْسَنُ ۚ إِنَّ رَبَّكَ هُوَ أَعْلَمُ بِمَنْ ضَلَّ عَنْ سَبِيلِهِ ۖ وَهُوَ أَعْلَمُ بِالْمُهْتَدِينَ

Serulah (manusia) kepada jalan Tuhan-mu dengan hikmah dan pelajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang baik. Sesungguhnya Tuhanmu Dialah yang lebih mengetahui tentang siapa yang tersesat dari jalan-Nya dan Dialah yang lebih mengetahui orang-orang yang mendapat petunjuk.

Gunakan Kalimat Yang Pantas dan Baik

Untuk menyuarakan pendapat dengan baik, kalimat atau kata-kata yang digunakan juga perlu diperhatikan. Makian bukanlah hal yang tepat dilontarkan, dan ini melanggar ajaran islam tentunya. Seperti halnya pelajaran yang bisa dipetik tentang Nabi Musa yang diperintahkan untuk menyampaikan risalah Allah dengan tutur yang lemah lembut kepada Fir’aun.

فَقُولَا لَهُ قَوْلًا لَيِّنًا لَعَلَّهُ يَتَذَكَّرُ أَوْ يَخْشَىٰ

maka berbicaralah kamu berdua kepadanya dengan kata-kata yang lemah lembut, mudah-mudahan ia ingat atau takut”.

Demo Omnibus Law – yang kian ricuh bukanlah ajaran islam. Dalam islam, perbuatan semacam ini justru dilarang keras lho. Itu sebabnya sobat CahayaIslam, dalam menyuarakan pendapat penting mengetahui bagaimana adab yang tepat yang sesuai dengan ajaran agama islam.


Catatan Kaki:

(1) – Surat An-Nahl Ayat 125

(2) – Surat Ta Ha Ayat 44

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!