Pinkan Mambo Pernah Jualan Pisang Goreng, Pahala Cari Nafkah Untuk Keluarga Sangat Besar

0
49

Pinkan Mambo – Dalam lima tahun terakhir, Pinkan Mambo yang merupakan seorang penyanyi harus berjualan pisang goreng. Dikarenakan Pinkan Mambo sempat tidak mendapatkan job selama lima tahun ini. Akhirnya, karena kondisi ekonomi yang mendesak membuat Pinkan Mambo dan anaknya berjualan pisang goreng ke warung-warung dengan menggunakan motor.

Sobat Cahaya Islam, islam mengajarkan kita untuk mencari rezeki yang halal, walaupun hanya dengan menjual pisang goreng. Allah lebih menghargai seseorang yang mencari rezeki halal meskipun hanya sekedar menjual gorengan, pakaian bekas, atau menjual koran di jalan daripada mencuri dan meminta-minta.

Ini Pahala Mencari Nafkah untuk Keluarga yang Dilakukan Pinkan Mambo

Berjihad di jalan Allah bukan hanya berperang dengan pedang di medan pertempuran saja. Mencari nafkah juga merupakan salah satu cara berjihad di jalan Allah. Hal ini dikarenakan jika kita memberikan makan keluarga kita agar mereka tidak memakan makanan yang haram dan mencuri, maka sungguh hal tersebut merupakan suatu perbuatan yang mulia.

Selain itu, Allah juga memerintahkan kita untuk memberikan makanan kita dengan rezeki yang halal. Agar keluarga kita dijauhkan Allah dari api neraka. Sebagaimana yang tercantum dalam ayat al-Quran berikut ini:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا قُوا أَنْفُسَكُمْ وَأَهْلِيكُمْ نَارًا وَقُودُهَا النَّاسُ وَالْحِجَارَةُ عَلَيْهَا مَلَائِكَةٌ غِلَاظٌ شِدَادٌ لَا يَعْصُونَ اللَّهَ مَا أَمَرَهُمْ وَيَفْعَلُونَ مَا يُؤْمَرُونَ

Artinya: Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, keras, dan tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan (Q.S. At-Tahrim : 6).

Ada beberapa keutamaan mencari nafkah untuk keluarga, diantaranya adalah:

Mendapatkan Pahala Yang Berlimpah Jika Niatnya Benar

Seorang laki-laki yang mencari nafkah untuk keluarganya karena niatnya Allah semata, maka dia akan mendapatkan pahala yang berlimpah dari setiap tetes keringat yang dia keluarkan ketika mencari nafkah untuk keluarganya.

Akan tetapi, bila niatnya karena sudah menjadi rutinitas semata tanpa adanya keikhlasan dalam hatinya, belum tentu dia akan mendapatkan pahala.

Akan Diganti Hartanya Tersebut Dengan Yang lebih Baik

Mencari nafkah untuk keluarga termasuk dalam berinfak. Sehingga hal tersebut sama saja dengan bersedekah yang mana Allah berjanji untuk mengganti harta yang kita keluarkan untuk berinfak dengan harta yang lebih baik dan barokah.

Memberi Nafkah Keluarga Lebih Utama Dari Sedekah

Member nafkah itu merupakan sebuah kewajiban, sedangkan bersedekah itu adalah sunnah. Sehingga pahalanya memberi nafkah kepada keluarga lebih utama daripada sedekah.

Dapat Menghapus Dosa

Mencari nafkah selain mendapatkan pahala juga dapat menghapus dosa yang tidak dapat dihapus oleh amalan-amalan wajib lainnya, seperti puasa dan shalat.

Islam membenci orang-orang yang malas bekerja dan hanya menggantungkan rezekinya dari orang lain. Padahal, Allah sudah memberikan dia kelebihan. Akan tetapi, kelebihan tersebut tidak dia pergunakan untuk mencari nafkah. Dia hanya meminta belas kasih orang lain, padahal dia mampu untuk bekerja. Jika saja dia tahu pahala mencari nafkah sangat besar, diantaranya:

Sama Dengan Pahala Di Jalan Allah

Seseorang yang mencari nafkah untuk keluarganya dengan niat yang ikhlas, akan mendapatkan pahala yang sama dengan berjihad di jalan Allah.

Menjadi Benteng Penghalang Dari Api Neraka

Seseorang yang memberikan nafkah untuk keluarganya dari rezeki yang halal dapat menghindarkan keluarganya dari siksa api neraka. Mencari nafkah dari rezeki yang halal yang dimaksud disini adalah bekerja keras dengan tangannya sendiri. Tidak mengambil dari harta anak yatim, piatu, ataupun piatu serta tidak mengambil harta orang lain dengan cara yang zholim.

Bernilai Sedekah

Setiap harta yang kita keluarkan dari nafkah yang kita berikan bernilai sedekah, sekecil apapun pemberian tersebut. Selain itu, Allah juga akan mengganti harta tersebut dengan sesuatu yang lebih baik.

Itulah pahala mencari nafkah untuk keluarga yang dilakukan Pinkan Mambo. Semoga kita dapat selalu memberikan nafkah kepada keluarga kita dari rezeki yang halal. Sehingga kita dapat menyelamatkan keluarga kita dari api neraka. Amiinn…

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!