Perselingkuhan Natalie Hoschler, Hoax atau Bukan?

0
71
Perselingkuhan Natalie Hoschler

Perselingkuhan Natalie Hoschler – Berita Perselingkuhan Natalie Hoschler kian melambung tinggi bahkan sampai trending di Youtube. Tentu berita seperti ini akan mampu menarik perhatian netizen negeri. Sebab, faktanya salah satu kelemahan karakter bangsa yakni mudah luluh dengan pemberitaan seperti akun gosip. Padahal hal tersebut belum dapat umat buktikan kebenarannya.

Sobat Cahaya Islam, tragedi Perselingkuhan Natalie Hoschler bisa saja juga terjadi pada sederet artis papan atas lainnya. Inilah resiko yang harus umat hadapi ketika berkomitmen untuk bekerja sebagai artis demi menghibur publik lewat berbagai kanal media maupun televisi.

Bagaimana Umat Menyikapi Kabar Perselingkungan Natalie Hoschler?

Perselingkuhan Natalie Hoschler

Sebagai umat Islam harus meyakini bahwa segala sesuatu dapat umat percaya dan benar adanya bila terdapat bukti yang valid. Tentu saja, keakuratan data tersebut tak umat dapatkan dengan mudah. Akan ada banyak tantangan manakala umat melakukan pengkajian data tersebut.

Sebab, kebenaran secara alamiah tak akan bisa umat jangkau dengan mudah. Aktivitas ini biasa umat sebut Tabayyun. Tujuan dari aktivitas menggali informasi ini, supaya mendapatkan kebenaran versi yang sebenarnya, bukan sekedar karangan umat.

Selain itu, tujuan dari aktivitas ini agar kehormatan umat yang satu dan lainnya agar tak dapat terlukai. Namun, aktivitas ini sekarang sangat jarang umat lakukan. Sebab, umat lebih suka mendengar hanya dari satu sumber kemudian langsung berkoar di sosial media maupun dunia nyata tanpa data yang akurat.

Kondisi seperti ini, malah seakan – akan menjadi kewajaran di tengah – tengah umat. Alih – alih mendudukkan persoalan, umat malah sengaaj menebar kesalahan umat di masa silam untuk memperkeruh keadaan sekaligus menjatuhkan citranya. Sungguh dzalim bukan?

Jika hal tersebut dibiarkan di negeri ini, maka kehancuran bangsa sudah terlihat di depan mata. Bangsa mana yang akan mampu bertahan, bila rakyatnya sangat mudah terperdaya oleh berita bohong?

Selain itu, jika berita tersebut adalah berita bohong, maka umat akan terjerumus dalam kemaksiatan. Kalaupun jika berita tersebut adalah sebuah kebenaran, sama saja umat telah membongkar aib seseorang.

Tetap saja, membuka aib seseorang adalah aktivitas kemaksiatan. Alangkah lebih baik jika umat dapat menyampaikannya secara tersembunyi. Hal ini sesuai dengan firman Allah Ta’ala dalam surat Al Hujurat ayat 12 :

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوا اجْتَنِبُوْا كَثِيْرًا مِّنَ الظَّنِّۖ اِنَّ بَعْضَ الظَّنِّ اِثْمٌ وَّلَا تَجَسَّسُوْا وَلَا يَغْتَبْ بَّعْضُكُمْ بَعْضًاۗ اَيُحِبُّ اَحَدُكُمْ اَنْ يَّأْكُلَ لَحْمَ اَخِيْهِ مَيْتًا فَكَرِهْتُمُوْهُۗ وَاتَّقُوا اللّٰهَ ۗاِنَّ اللّٰهَ تَوَّابٌ رَّحِيْمٌ

Artinya : Wahai orang-orang yang beriman! Jauhilah banyak dari prasangka, sesungguhnya sebagian prasangka itu dosa dan janganlah kamu mencari-cari kesalahan orang lain dan janganlah ada di antara kamu yang menggunjing sebagian yang lain. Apakah ada di antara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Tentu kamu merasa jijik. Dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Penerima tobat, Maha Penyayang.

Bagaimana Cara Umat Menghindari Berita Bohong?

Perselingkuhan Natalie Hoschler

Sobat Cahaya Islam, tidak semua umat dapat menghindari berita bohong dan tidak terperdaya olehnya. Maka dari itu, umat perlu memastikan beberapa hal agar tak mudah terpengaruh dengan berita bohong.

Salah satu hal yang dapat umat lakukan yakni tidak mudah percaya dengan satu sumber. Walaupun sumber yang mengeluarkan berita adalah website atau portal Islami, tetap saja umat harus melakukan pemastian. Sebab tak ada yang dapat menjamin orisinalitas sebuah portal Islami.

Selain itu, umat perlu mendalami track record dari sebuah portal berita. Hal ini sangat penting bila umat dapat mengetahuinya secara jelas. Sebab, fakta hari ini menunjukkan bahwa masih banyak lembaga media massa yang masih belum independen dan condong melakukan pembelaan terhadap yang lebih memiliki materi.

Nah Sobat Cahaya Islam, demikianlah ulasan mengenai perselingkuhan Natalie Holscher serta referensi bacaan bagi umat agar terhindar dari hoax atau propaganda. Semoga ke depan, umat dapat lebih cerdas untuk memilih dan memilah berita.                  

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY