Peringatan Hari Santri Nasional, Ini Lho Kelebihan Menjadi Santri Menurut Islam

0
25
Peringatan Hari Santri Nasional Dalam Islam

Peringatan hari santri – Hari Santri Nasional ini biasanya diperingati dengan menggelar pawai keliling kampung. Seperti yang dilakukan oleh anak-anak santri di Depok, Jawa Barat. Peringatan hari santri ini adalah bentuk untuk menghargai golongan santri atau anak pesantren. Sobat CahayaIslam tentu juga tidak asing dengan istilah santri, yang mana sebutan untuk anak-anak yang ada di pondok pesantren. Dan merujuk pada anak-anak dengan kegiatan keagamaan di pondok pesantren.

Peringatan Hari Santri Nasional Dalam Islam

Jika mendengar kata santri, yang terfikirkan pertama kali adalah pondok pesantren. Dan biasanya sebutan santri ini ditujukan untuk golongan yang menjalankan ibadah atau amalan-amalan islam lebih daripada kaum muslimin pada umumnya. Dalam islam, menjalankan ibadah dan menanamkan nilai-nilai islam dengan baik adalah tindakan yang dicintai Allah SWT tentu saja. Itu sebabnya, menjadi santri pasti memiliki banyak kelebihan lho.

Peringatan Hari Santri Nasional, Ini Kelebihan Menjadi Santri Dalam Pandangan Islam

Peringatan Hari Santri Nasional dan Kelebihan Menjadi Santri

Peringatan hari santri nasional bukan hanya dirayakan dengan melakukan pawai keliling kampung. Namun juga diisi dengan kegiatan-kegiatan santri yang bermanfaat. Ditengah pandemi ini, kegiatan santri pun bisa dilakukan secara online lho. Jika dikaji dalam pandangan islam, menjadi seorang santri tentu saja banyak manfaatnya. Apalagi santri ini memiliki banyak kegiatan positif yang lebih banyak mengacu pada kegiatan keagamaan. Sehingga ini bisa meningkatkan taqwa kepada Allah SWT. Lalu apa kelebihannya menjadi santri?

فَمَنْ يُرِدِ اللَّهُ أَنْ يَهْدِيَهُ يَشْرَحْ صَدْرَهُ لِلْإِسْلَامِ ۖ وَمَنْ يُرِدْ أَنْ يُضِلَّهُ يَجْعَلْ صَدْرَهُ ضَيِّقًا حَرَجًا كَأَنَّمَا يَصَّعَّدُ فِي السَّمَاءِ ۚ كَذَٰلِكَ يَجْعَلُ اللَّهُ الرِّجْسَ عَلَى الَّذِينَ لَا يُؤْمِنُونَ

Barangsiapa yang Allah menghendaki akan memberikan kepadanya petunjuk, niscaya Dia melapangkan dadanya untuk (memeluk agama) Islam. Dan barangsiapa yang dikehendaki Allah kesesatannya, niscaya Allah menjadikan dadanya sesak lagi sempit, seolah-olah ia sedang mendaki langit. Begitulah Allah menimpakan siksa kepada orang-orang yang tidak beriman.

Ini salah satu ayat yang mana menjelaskan tentang golongan yang Allah berikanlah petunjuk sehingga melapangkan dadanya untuk islam. Istilah melapangkan dada yang dimaksud dalam ayat ini tidak lain berarti mempelajari, memeluk, serta mengamalkan islam. Itulah kenapa santri menjadi golongan yang Allah maksud dalam potongan ayat ini. Ini karena santri diberikan lebih banyak pelajaran, ilmu dan bahkan menggunakan banyak waktu untuk mendalami islam. Serta mendekatkan diri pada nilai-nilai islam.

Santri Termasuk Golongan Yang Dicintai Oleh Allah SWT

Peringatan Hari Santri Nasional dan Menjadi Golongan Yang Cintai Allah

Sobat CahayaIslam, santri bukan hanya termasuk golongan yang dimaksud pada ayat-ayat Al Quran. Santri juga termasuk golongan yang dicintai Allah SWT lho. Selain mengamalkan ilmu agama, mendalami nilai-nilai islam, menjadi santri juga mendekatkan diri pada Allah SWT. Waktu yang digunakan lebih banyak menfokuskan diri pada pencapaian di akhirat. Meskipun begitu, hidup tetaplah harus seimbang ya, bukan hanya mengejar akhirat saja. Namun juga menikmati hidup yang Allah berikan, hubungan dengan sesama selama tidak melampaui  batas.

Peringatan hari santri – menjadi salah satu penghargaan bagi golongan para santri. Betapa bangganya mengamalkan ilmu islam dan mendalami nilai-nilai agama untuk kehidupan. Semoga kita menjadi seberuntung golongan santri ya sobat CahayaIslam, yang tidak lupa untuk mengamalkan ajaran islam.


Catatan Kaki:

(1) – Surat Al-An’am Ayat 125

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY