Peringatan Earth Hour 2021, Simak Pentingnya Menghemat Energi

0
44
earth hour 2021

Earth Hour 2021 – Tahukah Sobat Cahaya Islam apa itu peringatan Earth Hour 2021? Earth Hour adalah sebuah gerakan untuk memadamkan lampu selama satu jam guna untuk kesadaran menghemat energi serta mempromosikan energi baru terbarukan. Tahun ini 27 Maret menjadi peringatan Earth Hour tahun 2021.

Kapan peringatan Earth Hour 2021 dilaksanakan? Earth Hour diperingati pada hari Sabtu terakhir di bulan Maret setiap tahunnya. Pada pukul 20.30 hingga pukul 21.30 seluruh kota, kabupaten, dan provinsi yang terlibat memadamkan lampu pada waktu setempat. Gerakan Earth Hour mulai digaungkan oleh WWF (World Wide Fund) pada tahun 2007.

Mengutip dari Kompas.com, Dicky Simorangkir sebagai CEO WWF dari Indonesia menjelaskan tentang pelaksanaan Earth Hour 2021 di Indonesia. Pada tahun 2021 gerakan ini telah diikuti oleh 190 negara termasuk Indonesia. Menurut Dicky ada 32 kota, kabupaten, dan provinsi yang mengikuti gerakan Earth Hour di Indonesia.

Sementara itu, peringatan Earth Hour 2021 di Indonesia berpusat di Bandung, Jawa Barat. Selain 32 kota, kabupaten dan provinsi yang ikut memeringati peringatan Earth Hour 2021 di Indonesia, sekitar 2juta warganet juga ikut memeriahkan gerakan pemadaman lampu selama satu jam ini.

Sebagaimana yang kita ketahui pandemi Covid-19 masih terus berlanjut meski distribusi vaksin telah berjalan. Namun, setahun kebelakang pemberian listrik gratis bagi beberapa keluarga juga perlu kita jadikan pelajaran bahwa menghemat energi penting dilakukan apalagi di masa pandemi seperti ini.

Earth Hour 2021 Ajarkan Umat Islam untuk Sadar Pentingnya Hemat Energi

Menyadari pentingnya arti menghemat energi akan berdampak pada semakin gencarnya masyarakat untuk tidak boros terhadap energi. Mengingat sumber energi di bumi ada yang dapat diperbarui dan tidak. Sehingga, dalam konsepnya tentu menghemat energi menjadi hal krusial terlebih di masa pandemi seperti ini.

Islam juga mengajarkan manusia untuk berperilaku sederhana. Tidak boros dan menjaga apa yang telah Allah berikan. Termasuk menjaga lingkungan alam yang ada di muka bumi. Meski hanya langkah kecil yang dapat diterapkan untuk menjaga keseimbangan lingkungan. Namun, hal tersebut sudah lebih baik daripada tidak sama sekali.

Allah berfirman dalam Al-Quran:

“Dan janganlah kamu membuat kerusakan di muka bumi, sesudah (Allah) memperbaikinya.” (QS. Al-A’raf Ayat 56).

1.     Menggunakan Energi Alternatif

Meski telah ada energi alternatif di dunia ini. Namun, tidak jarang masih ada yang tidak menggunakannya karena alasan keefisiensiannya. Memang menggunakan energi alternatif cukup merepotkan. Namun, dampak yang dihasilkan lebih bernilai positif untuk membantu penghematan energi dan menjaga keseimbangan lingkungan.

earth hour 2021

2.     Menggunakan Energi Seperlunya

Perlu ditekankan bahwa peringatan Earth Hour yang dilakukan setiap tahun bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dunia akan pentingnya menghemat energi. Meski masih ada beberapa masyarakat yang lupa untuk sekadar mematikan kran air ketika ember telah penuh, atau mematikan lampu dan kipas angin.

earth hour 2021

Sobat Cahaya Islam, peringatan Earth Hour 2021 dengan mengusung tema “Unity in Blodiversity” yang berarti persatuan dalam keanekaragaman diharap dapat membawa perubahan besar pada kesadaran masyarakat tentang pentingnya hemat energi. Maka dari itu, cobalah untuk memulai penghematan energi dari diri sendiri dan ke orang lain.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY