Menilik Miss International Queen 2023, Ini Kedudukan Wanita dalam Islam

0
150
Miss International Queen 2023

Miss International Queen 2023 – Cukup banyak penghargaan bergengsi di seluruh dunia yang membanggakan. Salah satunya ada penghargaan bernama Miss International Queen 2023.

Sesuai dengan namanya, penghargaan tersebut ditujukan untuk kaum wanita yang ada di dunia. Tak mengherankan jika banyak wanita tertarik untuk mendapatkan penghargaan tersebut.

Penghargaan Miss International Queen 2023

Miss International Queen 2023 merupakan ajang kecantikan terbesar di dunia untuk transpuan. Ajang tersebut sukses diselenggarakan sejak tanggal 14 Juni hingga 24 Juni 2023.

Perhelatan acara finalnya berlangsung di Tiffany’s Show Theater Pattaya, negara Thailand.Ini menjadi puncak dari pergelaran Miss International 2023.

Sesudah melalui bermacam tahap penjurian, Solange Dekker asal Belanda mendapat penobatan sebagai pemenang Miss International 2023.

Solange Dekker merupakan Miss International 2023 di usia ke 27 tahun. Wanita cantik ini tercatat sebagai pemenang Miss International pertama yang berasal dari negara Belanda.

Sementara itu, juara kedua Miss International 2023 adalah Qarisha Zairyah asal Singapura. Juara ketiga didapatkan oleh Melony Munro asal USA.

Menariknya, Solange sang juara satu pernah terlibat dalam ajang Miss Nederland 2022 lalu. Ia sukses mencatatkan sejarah sebagai transpuan pertama yang ikut ajang Miss Nederland.

Pentingnya Wanita dalam Islam

Sobat Cahaya Islam, sejatinya Miss International Queen 2023 merupakan ajang yang berharga bagi kaum wanita di seluruh dunia. Dalam islam sendiri, wanita mempunyai kedudukan yang tinggi dalam islam.

Bukan itu saja, wanita Muslimah juga mempunyai pengaruh yang besar dalam kehidupan semua orang. Pasalnya wanita akan menjadi madrasah pertama dalam pembangunan masyarakat yang shalih.

Apalagi jika wanita tersebut berjalan di atas petunjuk kitab suci Al Quran dan sunnah Nabi Muhammad SAW. Sebab, berpegangan dengan keduanya akan menjauhkan semua orang dari kesesatan dalam berbagai hal.

Karena itulah, Al Quran juga menjelaskan begitu pentingnya peran wanita baik sebagai seorang ibu, istri, saudara perempuan, ataupun sebagai anak.

Pandangan Islam Terhadap Wanita

Sobat Cahaya Islam, berikut ini ada beberapa hal yang berkaitan dengan pandangan islam terhadap wanita:

1.       Wanita Memiliki Peranan Penting

Wanita memiliki peranan penting lantaran beban-beban berat yang harus ia hadapi. Oleh sebab itu, menjadi kewajiban bagi manusia untuk berterimakasih kepada ibunya yang merupakan wanita.

Miss International Queen 2023

Bahkan kedudukan ibu terhadap anak lebih didahulukan daripada kedudukan seorang ayah. Hal ini tertuang dalam:

 وَوَصَّيْنَا الْاِنْسَانَ بِوَالِدَيْهِۚ حَمَلَتْهُ اُمُّهٗ وَهْنًا عَلٰى وَهْنٍ وَّفِصَالُهٗ فِيْ عَامَيْنِ اَنِ اشْكُرْ لِيْ وَلِوَالِدَيْكَۗ اِلَيَّ الْمَصِيْرُ

Dan Kami perintahkan kepada manusia (agar berbuat baik) kepada kedua orang tuanya. Ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam usia dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada kedua orang tuamu. Hanya kepada Aku kembalimu.” (QS. Luqman Ayat 14)

2.       Wanita Sumber Rasa Tentram

Dalam Al Quran, Allah SWT berfirman:

“Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untuk kalian istri-istri dari jenis kalian sendiri, supaya kalian cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan menjadikan rasa kasih dan sayang di antara kalian.” (QS. Ar-Rum: 21) 

Ayat di atas menjelaskan bahwa istri yakni seorang wanita diciptakan dari jenis pria sendiri. Dengan begitu, para pria bisa cenderung merasa tentram kepada dirinya.

Miss International Queen 2023

Terlebih, Allah SWT menciptakan wanita dengan kelembutan dalam hatinya. Hal itulah yang membuat wanita menjadi sumber rasa tentram bagi pria atau suaminya.

3.       Wanita Sumber dari Kasih Sayang

Selain itu, wanita juga merupakan sumber dari rasa kasih sayang. Sobat bisa melihat teladan yang baik dari istri Nabi Muhammad SAW dalam hadist:

“Selimuti aku, selimuti aku! Sungguh aku khawatir dengan diriku.” Demi melihat Nabi yang demikian itu, Khadijah berkata kepada beliau, “Tenanglah. Sungguh, demi Allah, sekali-kali Dia tidak akan menghinakan dirimu. Engkau adalah orang yang senantiasa menyambung tali silaturahim, senantiasa berkata jujur, tahan dengan penderitaan, mengerjakan apa yang belum pernah dilakukan orang lain, menolong yang lemah dan membela kebenaran.” (HR. Bukhari, Kitab Bad’ al-Wahyi no. 3, dan Muslim, Kitab al-Iman no. 160)

Sobat Cahaya Islam, itulah beberapa pandangan islam terhadap wanita. Semoga saja wanita dalam Miss International Queen 2023 memiliki peranan yang baik untuk masyarakat.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY