Membaca Surat Yasin pada Malam Nisyfu Sya’ban

0
59
surat yasin

Surat Yasin – Apakah Sobat Cahaya Islam sering membaca surat Yasin? Pada saat apa biasanya membaca surat Yasin? Kita ketahui bersama surat ini adalah Makiyyah yang terdapat dalam Al-Quran tepatnya pada juz 20 – 21. Berapa jumlah ayatnya? Jumlah ayat surat ini ada 83 ayat.

Berikut anjuran keutamaan membaca surat Yasin pada malam jumat:

“Barangsiapa membaca surat Yasin dan al-Shaffat di malam Jumat, Allah mengabulkan permintaannya.” (HR Abu Daud dari al-Habr)

Surat ini biasa di baca bersamaan dengan bacaan tahlil, dibaca dalam majelis-majelis yang ada di masjid atau mushala, dibaca di samping seseorang yang sedang mendekati ajalnya, dibaca setiap malam jumat, dan dibanyak kegiatan lain. Dalam sebuah kitab menyebutkan bahwa membaca surat ini dapat membawa kebaikan dunia dan akhirat bagi pembacanya.

Sobat Cahaya Islam, sebelum menjumpai bulan Ramadhan kita melewati bulan Sya’ban. Terdapat beberapa amalan yang dapat kita kerjakan selama bulan Sya’ban. Terlebih saat memasuki malam Nisyfu Sya’ban. Biasanya di malam Nisyfu Sya’ban umat Islam akan membaca surat Yasin sebanyak tiga kali dengan memanjatkan doa setiap selesai membaca.

Keutamaan membaca surat ini selain di baca pada majelis-majelis, dibaca setiap malam jumat, ternyata juga memiliki keutamaan pada malam Nisyfu Sya’ban.

Sehingga orang-orang akan bersama-sama membaca surat Yasin dan memohon ampun pada Allah SWT. Lalu, apa saja keutamaan membaca surat ini pada malam Nisyfu Sya’ban? Simak penjelasannya:

Menyimak 3 Keutamaan dari Surat Yasin pada Malam Nisyfu Sya’ban

Nisyfu Sya’ban erat kaitannya dengan Rajab dan Ramadhan. Bulan Sya’ban ada di antara dua bulan yang istimewa dan di tunggu-tunggu oleh umat Islam. Selain memperbanyak amal ibadah di bulan Sya’ban, pada malam Nisyfu Sya’ban ada amalan yang di anjurkan untuk di kerjakan oleh umat Islam, yaitu membaca surat Yasin sebanyak tiga kali.

Menurut ulama berbeda pendapat tentang amalan membaca surat ini pada malam Nisyfu Sya’ban. Ada ulama yang mengatakan bahwa Nabi tidak melakukan amalan tersebut dan bagi yang menjalankan di anggap bid’ah. Sementara itu sebagian ulama lain mengatakan bahwa surat ini sebagai perantara untuk berwasilah kepada Allah.

1.     Umur Panjang

Keutamaan membaca yang pertama adalah untuk umur panjang. Pada malam Nisyfu Sya’ban setelah membaca surat ini satu kali dapat di iringi doa dan permohonan diberikan umur panjang.

surat yasin

2.     Terhindar dari Bala’

Keutamaan membaca yang kedua adalah di hindarkan dari Bala’ (Bencana). Jika pada bacaan Yasin yang pertama memohon agar di beri umur panjang, maka yang kedua adalah memohon agar di hindarkan dari bencana.

3.     Hidup dalam Kecukupan

Keutamaan membaca yang ketiga pada malam Nisyfu Sya’ban adalah di berikan kecukupan dalam hidup. Sehingga, permohonan atau tawasul melalui surat ini telah sesuai untuk hidup umat Islam karena telah mencakup keseluruhan permohonan yang paling sering di ajukan kepada Allah SWT.

surat yasin

Perlu sobat perhatikan bahwa permasalahan tentang amalan membaca surat ini pada malam Nisyfu Sya’ban memang tidak Nabi lakukan. Namun, bukan berarti kegiatan ini bid’ah, melainkan sebagai tawasul dari permohonan yang ia ajukan kepada Allah SWT. Bahkan, permohonan yang di iringi dengan bacaan Quran, atau shalawat Nabi lebih di utamakan.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY