Pentingnya Menjaga Kebersihan Bagi Orang Beriman

0
192
Pentingnya Menjaga Kebersihan

Ceramah Agama – Dalam berbagai ceramah agama islam, Pentingnya Menjaga Kebersihan Bagi Orang Beriman sangatlah penting. Seorang manusia yang mengaku beragama islam harus sekuat tenaga untuk menjaga kebersihan. Langkah ini perlu dilakukan lantaran kebersihan itu disukai oleh Alah SWT dan para malaikat-nya.

Pentingnya Menjaga Kebersihan Bagi Orang Beriman

Sobat cahaya islam, bersih memang menjadi salah satu kondisi yang menyenangkan bagi semua orang. Dikatakan sebagai kondisi yang menyenangkan lantaran dengan keadaan yang bersih seorang manusia bebas berkatifitas. Mereka bisa merasa nyaman menjalankan segala macam kegiatan. Oleh sebab itulah, sudah sepantasnya untuk selalu menjaga kebersihan dimana pun berada.

Kebersihan memang tergolong sebagai hal yang penting dalam kehidupan manusia. Disebut sebagai hal yang penting karena kebersihan itu dapat mendatangkan manfaat yang begitu besar. Adanya manfaat yang begitu besar dari menjaga kebersihan tentu saja akan memberikan keuntungan tersendiri bagi umat manusia. Maka dari itulah sudah sepantasnya untuk selalu menjaga kebersihan diri mapun lingkungan sekitar.

Perintah Menjaga Kebersihan Dalam Ajaran Agama Islam

Sobat cahaya islam, islam merupakan salah satu agama yang sangat menganjurkan umatnya untuk selalu menjaga kebersihan. Kaum muslimin diharuskan untuk menjaga kebersihan diri maupun lingkungan. Dalam ceramah agama islam, ketika seorang muslim ingin mendirikan shalat ia harus dalam kondisi bersih. Oleh sebab itulah, Allah SWT mewajibakan seorang muslim untuk mengambil air wudhu dahulu sebelum menunaikan shalat.

Selain mengambil air wudhu, dalam ceramah agama juga diharuskan untuk berpakaian yang bersih. Seorang muslim yang ingin shalat harus mengenakan busana bersih dan terhindar dari najis. Bahkan untuk tempat shalat pun juga harus bersih dan tidak ada najis di dalam. Dengan contoh ini dapat membuktikan bahwa umat islam memang harus menjaga kebersihan.

Beradasarkan ceramah agama islam terdapat begitu banyak dalil yang menganjurkan kaum muslimin untuk berperilaku bersih. Salah satunya teradapat dalam Al Qur’an surat Al Baqarah ayat 222.

وَيَسْأَلُونَكَ عَنِ الْمَحِيضِ ۖ قُلْ هُوَ أَذًى فَاعْتَزِلُوا النِّسَاءَ فِي الْمَحِيضِ ۖ وَلَا تَقْرَبُوهُنَّ حَتَّىٰ يَطْهُرْنَ ۖ فَإِذَا تَطَهَّرْنَ فَأْتُوهُنَّ مِنْ حَيْثُ أَمَرَكُمُ اللَّهُ ۚ إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ التَّوَّابِينَ وَيُحِبُّ الْمُتَطَهِّرِينَ

Mereka bertanya kepadamu tentang haidh. Katakanlah: “Haidh itu adalah suatu kotoran”. Oleh sebab itu hendaklah kamu menjauhkan diri dari wanita di waktu haidh; dan janganlah kamu mendekati mereka, sebelum mereka suci. Apabila mereka telah suci, maka campurilah mereka itu di tempat yang diperintahkan Allah kepadamu. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertaubat dan menyukai orang-orang yang mensucikan diri. [1]

Dalam ayat di atas Allah SWT sangat menyukai orang yang bertaubat dan mensucikan diri. Menurut ceramah agama, maksud mensuci diri yakni selalu menjaga kebersihan. Disandingkannya kebersihan dengan taubat menandakan begitu penting perilaku terpuji ini.

Keuntungan Dari Menjaga Kebersihan Berdasarkan Ajaran Agama Islam

Sobat cahaya islami, setiap orang di dunia pasti menyukai yang namanya kebersihan bukan? kondisi orang yang bersih memang membuat orang lain begitu nyaman di dekatnya. dalam ceramah agama yang disampaikan para ulama pun juga menempatkan kebersihan sebagai poin penting. untuk itulah sudah sepantasnya sebagai seorang muslim untuk membudayakan perilaku bersih dalam kehidupan sehari – hari.

Allah SWT memerintah umat islam untuk menjaga kebersihan pasti ada manfaatnya. Manfaat ini tentu saja membuat manusia memperoleh keuntungan. Berikut ini terdapat berbagai keuntungan bagi kaum muslimin yang menjaga kebersihan.

Badan menjadi lebih sehat

Badan menjadi sehat tentu saja merupakan sebuah keuntungan bagi umat manusia. Ketika seorang muslim mejaga kebersiha badan dan lingkungan, maka otomatis akan lebih sehat. Berbagai macam penyakit akan jarang menyerang manusia yang badan dan lingkungannya selalu bersih.

Lebih disayang oleh Allah SWT

Dalam surat Al Baqarah ayat 222 di atas Allah SWT menyatakan bahwa sangat menyujai orang yang membersihkan diri. Dengan kata lain Allah SWT ingin menyampaikan pada kaum muslimin bahwa umat islam harus menjaga kebersihan. Berdasarkan ceramah agama, tindakan menjaga kebersihan ini tentu saja akan mendatangkan cinta Allah SWT.


Catatan Kaki:

[1] Q.S. Al-Baqarah (2) ayat 222

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!