Berita islam: Menjamurnya Aplikasi-aplikasi Islami di Playstore

0
77
aplikasi Islami1

Berita Islami – Generasi umat Islam masa kini adalah generasi milenial. Generasi milenial memiliki keakraban yang khas dengan teknologi, termasuk perangkat android untuk berkomunikasi. Semua aplikasi yang digunakan di hp android bisa diunduh di playstore. Karena hal ini kami akan membahas mengenai Menjamurnya Aplikasi-aplikasi Islami di Playstore.

Menjamurnya Aplikasi-aplikasi Islami di Playstore

Bagi umat Islam, perkembangan teknologi semacam itu bisa digunakan juga untuk kepentingan keagamaan. Untuk mengikuti berita islam misalnya, beberapa media tertentu sudah bisa ditemukan aplikasinya di playstore sehingga akan lebih mudah untuk mengikuti berita-berita terbaru. Hal itu tentu jauh berbeda dengan kondisi generasi-generasi sebelumnya yang hanya bisa mendapatkan berita islam terbaru melalui media konvensional seperti televisi ataupun media cetak.

Selain mengikuti berita islam, ada banyak aplikasi yang lain yang akan berguna untuk keislaman. Aplikasi islam semacam itu tentu saja memiliki aspek bisnis, misalnya berdasarkan hak paten yang didapatkan oleh penciptanya. Tetapi apa yang lebih penting bagi umat islam sebagai penggunanya tentu saja adalah bagaimana menggunakan aplikasi-aplikasi tersebut dengan bijaksana.

Bagaimana aplikasi-aplikasi tersebut kemudian bisa digunakan semaksimal mungkin untuk menunjang misi agama Islam. Bukan hanya diarahkan kepada diri sendiri saja melainkan juga kepada orang lain sebagai sesama umat Islam.

Meningkatkan Pengetahuan lewat Aplikasi

Bagi diri pribadi sebagai pemeluk agama Islam, sobat cahayaislam misalnya bisa memilih menggunakan aplikasi tertentu yang sesuai. Pilihan yang paling populer tentu saja aplikasi berita islam. Sebagai generasi umat Islam milenial, sobat cahayaIslam tentu tak ingin ketinggalan berita-berita terbaru seputar Islam, baik lokal maupun mancanegara.

Misal kita tidak merasa cocok dengan media yang khusus, maka untuk mengupdate berita-berita terbaru secara umum kita juga bisa memilih menggunakan aplikasi berita yang umum. Tentu saja kita harus hati-hati dalam memilih yang manakah yang sesuai dengan apa yang kita inginkan.

Yang kedua, selain aplikasi berita islam, aplikasi yang penting untuk diinstal dalam hp kita adalah aplikasi-aplikasi yang bisa menambah pengetahuan kita seputar keislaman. Contohnya misalnya aplikasi Al-Qur’an. Membaca Al-Qur’an sudah jelas merupakan kewajiban bagi setiap umat Islam, karena ayat-ayat pertama yang diturunkan kepada Nabi Muhammad sendiri berbunyi: Surat Al-Alaq ayat 1-5

اقْرَأْ بِاسْمِ رَبِّكَ الَّذِي خَلَقَ

Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu Yang menciptakan,

خَلَقَ الْإِنْسَانَ مِنْ عَلَقٍ

Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah.

قْرَأْ وَرَبُّكَ الْأَكْرَمُ

Bacalah, dan Tuhanmulah Yang Maha Pemurah,

الَّذِي عَلَّمَ بِالْقَلَمِ

Yang mengajar (manusia) dengan perantaran kalam,

عَلَّمَ الْإِنْسَانَ مَا لَمْ يَعْلَمْ

Dia mengajar kepada manusia apa yang tidak diketahuinya. [1]

Dari ayat tersebut kita mendapatkan perintah tegas untuk membaca. Bagi umat Islam sendiri bukankah bacaan yang paling wajib adalah Al-Qur’an? Maka memiliki aplikasi pada handphone kita yang membuat kita memiliki kesempatan untuk membaca Al-Qur’an di mana pun kita berada jelas merupakan satu kebahagiaan tersendiri.

Selain itu, sudah ada juga aplikasi Al-Qur’an yang selain memberikan ayat-ayat Al-Qur’an dalam bahasa aslinya juga menyertakan terjemahannya. Terjemahan yang dicantumkan pun bukan hanya bahasa Indonesia tetapi ada yang beserta beberapa bahasa lain, terutama bahasa Inggris. Tentunya kalau kita sudah merasa cukup dengan terjemah bahasa Indonesia saja maka memilih aplikasi versi sederhana pun bukan masalah.

Kadangkala aplikasi yang memberi banyak tawaran menghabiskan ruang yang terlalu besar juga bagi hp kita. Jangan sampai misalnya kemudian kita tidak bisa menginstall aplikasi lain karena terlalu penuh, misalnya aplikasi berita Islam dan aplikasi-aplikasi keislaman lainnya.

Popularitas Aplikasi Islam

Lalu bagaimana setelah kita merasa mendapatkan kecocokan dengan aplikasi keislaman tertentu, baik itu aplikasi media berita islam ataupun aplikasi ajaran Islam? Sederhana, sobat cahayaislam, akan lebih bagus jika kita kemudian menyebarkan berita bahwa aplikasi ini sangat berguna. Itu bisa dilakukan dengan memberikan rating tinggi untuk aplikasi tersebut di playstore. Bisa juga kita berbagi pengalaman kita tentang aplikasi tersebut di medsos. Hal itu akan sangat membantu saudara-saudara kita sesama muslim yang mungkin belum menggunakannya.


Catatan Kaki:

[1] Q.S. Al-Alaq (96) ayat 1-5

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!