Pentingnya Menjalin Tali Silaturahmi

0
198
Pentingnya Menjalin Tali Silaturahmi

Tips Islami – Agama islam mengajarkan kepada para pemeluknya untuk menjalin tali silaturahmi. Pada dasarnya, silaturahmi memiliki pengertian sebagai suatu hubungan tali kasih atau perasaudaraan diantara sesama manusia. Hubungan antara sesama manusia ini akan semakin terjaga apabila selalu dirawat. Dalam ceramah agama islam, cara untuk merawat hubungan perasudaraan adalah dengan menjalain tali silaturahmi.

Pentingnya Menjalin Tali Silaturahmi

Hubungan silaturahmi yang baik antar seorang manusia dengan manusia lainnya akan memberikan dampak yang positif dalam kehidupan di dunia. Karena alasan tersebut, maka agama islam menganjurkan para pemeluknya untuk menjalin silaturahmi antar sesama manusia, khususnya saudara seiman.

Sobat cahaya islami, islam menjadi salah satu agama di dunia yang menganjurkan pemeluknya untuk menjalain tali silaturahmi. Agama mulia ini bahkan memberikan kabar bagi muslim yang menjaga tali silaturahmi. Seorang muslim yang senantiasa menjaga hubungan perasudaraan akan mendapatkan pahala yang besar dari sisi Allah SWT. Dalam ceramah agama, pahala yang besar tersebut dapat menuntun seorang muslim menuju surga.

Dalil yang Menganjurkan Menyambung Silaturahmi Dalam Agama Islam

Islam adalah agama yang paling sempurna di muka bumi. Ajaran yang dibawa oleh nabi agung muhammad saw ini menganjurkan pada umatnya untuk selalu melakukan perbuatan terpuji. Menurut ceramah agama, salah satu perbuatan terpuji yang dianjurkan oleh rasululullah SAW adalah menyambung dan menjaga tali silaturahmi.

menyambung tali silaturahmi memang tergolong dalam perbuatan terpuji. tindakan ini merupakan akhlaqul karimah yang harus dibudayakan oleh umat islam. dalam ceramah agama islam terdapat dalil yang menganjurkan untuk menjaga dan menyambung tali silaturahmi. salah satunya terdapat pada surat An Nisa ayat 1 yang artinya:

يَا أَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُوا رَبَّكُمُ الَّذِي خَلَقَكُمْ مِنْ نَفْسٍ وَاحِدَةٍ وَخَلَقَ مِنْهَا زَوْجَهَا وَبَثَّ مِنْهُمَا رِجَالًا كَثِيرًا وَنِسَاءً ۚ وَاتَّقُوا اللَّهَ الَّذِي تَسَاءَلُونَ بِهِ وَالْأَرْحَامَ ۚ إِنَّ اللَّهَ كَانَ عَلَيْكُمْ رَقِيبًا

“Hai sekalian manusia, bertakwalah kepada Tuhan-mu yang telah menciptakan kamu dari seorang diri, dan dari padanya Allah menciptakan isterinya; dan dari pada keduanya Allah memperkembang biakkan laki-laki dan perempuan yang banyak.  Dan bertakwalah kepada Allah yang dengan (mempergunakan) nama-Nya kamu saling meminta satu sama lain, dan (peliharalah) hubungan silaturrahim. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasi kamu.” [1]

Berdasarkan ayat di atas Allah SWT memerintahkan secara langsung untuk memelihara silaturahmi. Hal ini bisa menjadi bukti bahwa agama islam mengharuskan umatnya untuk menjaga persaudaraan. Dengan terhubungya tali silturahmi, maka rasa persatuan akan semakin kuat.

Manfaat Menyambung Tali Silaturahmi Menurut Ajaran Agama Islam

Sobat cahaya islami telah diketahui bersama bahwa silaturahmi tergolong perbuatan terpuji. Perilaku yang satu ini akan menimbulkan rasa persatuan yang kuat antar sesama manusia. Dalam ceramah agama, rasa perastuan yang kuat membuat segala macam masalah dapat diatasi secara mudah.

Berdasarkan berbagai ceramah agama islam, hubungan yang baik antar sesama akan memberikan keuntungan tersendiri. Pada kesempatan kali ini akan dijabarkan mengenai berbagai keuntungan menjalin silaturahmi. Berikut ini berbagai keutungan yang bisa dirasakan bagi mereka yang menjaga tali silaturahmi.

Bentuk taat pada perintah Allah SWT

Manfaat dari menyambung tali silaturahmi yang pertama yakni menjadi bentuk rasa taat  kepada Allah SWT. Allah SWT telah mengajurkan kaum muslimin untuk selalu menjaga tali silaturahmi diantara sesama. Dengan melakukan perintah ini, maka seorang hamba akan dicatat sebagai muslim yang taat pada Allah SWT.

Menjadi pintu terbukanya rezeki

Pintu rezeki seorang manusia akan semakin terbuka apabila ia sering melakukan silaturahmi. Ketika melakukan silaturahmi, maka seseorang dapat berbicara secara langsung dengan orang yang dikunjungi. Dalam pembicaraan tersebut bisa saja terjadi saling tukang informasi pekerjaan. Saling tukang infornasi pekerjaan ini menyebabkan diantara keduanya terjadi saling mengetahui kemampuan. Dengan demikian, maka dapat membuka peluang untuk saling bekerja sama.

Akan mendapat pahala dari Allah SWT

Sobat cahaya islami, dalam ceramah agama seorang muslim yang memelihara pahala akan mendapat pahala dari sisi Allah SWT. Balasan pahala itu mampu membuat timbangan amal kebaikan menjadi berat. Sehingga dapat memasukan orang tersebut ke dalam surga.


Catatan Kaki:

[1] Q.S. An-Nisa (4) ayat 1

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!