Pengertian Isra’ Mi’raj dan Hikmahnya yang Perlu diketahui

0
323

Pengertian Isra’ Mi’raj dan Hikmahnya – Memasuki bulan Rajab dalam kalender Islam berarti kita akan memeringati Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW. Tahukah Sobat Cahaya Islam pengertian Isra’ Mi’raj dan hikmahnya? Untuk mengetahui seputar Isra’ Mi’raj, hikmah, serta segala hal tentang Isra’ Mi’raj, simak artikel ini sampai selesai.

Pengetian Isra’ Mi’raj dan hikmahnya adalah serangkaian peristiwa saat Nabi Muhammad melakukan perjalanan dalam waktu semalam dari Masjidil Haram di Makkah menuju Masjidil Aqsa di Yerussalem, Palestina. Dari perjalanan tersebut umat Islam diberikan oleh-oleh berupa kewajiban menjalankan ibadah salat selama sehari 5 waktu.

Tentu Sobat Cahaya Islam sudah tahu bahwa ada serangkaian kejadian yang menakjubkan saat Rasulullah Isra’ Mi’raj. Seperti durasi perjalanan Nabi yang begitu singkat dengan menaiki kendaraan super cepat yang kita kenal dengan nama Buraq. Nabi Muhammad yang dibelah dadanya agar hatinya selalu suci.

Pengertian Isra’ Mi’raj dan hikmahnya perlu kita ketahui. Kita patut tahu darimana kewajiban menjalankan ibadah 5 waktu sehari semalam bermula. Dengan mengetahui apa itu Isra’ Mi’raj dan segala hikmah yang bisa kita ambil, semoga kita dipertemukan dengan baginda Nabi Muhammad SAW di akhirat kelak.

Simak Pengertian Isra’ Mi’raj dan Hikmahnya

Sobat Cahaya Islam, sebentar lagi kita akan bertemu dengan tanggal 27 Rajab. Tanggal yang mengingatkan kita pada peristiwa Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW. Terdapat riwayat yang menyebutkan bahwa peristiwa Isra’ Mi’raj yang dilakukan Nabi adalah sebuah penghiburan dari Allah SWT karena sebelumnya Nabi berduka ditinggal Abu Thalib dan Khadijah istrinya.

Oleh sebab itu, Allah memberikan penghiburan kepada Nabi melalui peristiwa penting Isra’ Mi’raj. Isra’ adalah peristiwa perjalanan Nabi dari Masjidil Haram Makkah ke Masjidil Aqsa Palestina. Sementara, Mi’raj adalah peristiwa naiknya Nabi Muhammad dari Masjidil Aqsa melewati langi-langit hingga langit ke tujuh (Sidratul Muntaha).

Sobat Cahaya Islam tentu pernah mendengar Sidratul Muntaha. Tempat paling tinggi yang tidak bisa dijangkau akal dan nalar manusia, jin, bahkan malaikat. Dalam peristiwa itu Nabi mengendarai Buraq dan didampingi oleh Malaikat Jibril. Untuk mengetahui hikmah Isra’ Mi’raj simak penjelasan berikut ini:

1.     Peristiwa yang Terjadi di Malam Hari

Dalam Al-Quran disebutkan bahwa Isra’ Mi’raj yang dilakukan oleh Nabi adalah peristiwa di malam hari. Ada beberapa perbedaan tentang naiknya Nabi hingga ke Sidratul Muntaha dan Baitul Makmur. Sebagian pendapat sahabat menyebutkan saat Isra’ jasad dan ruh Nabi turut serta dalam perjalanan. Namun, saat naik ke langit (Mi’raj) hanya ruhnya saja.

Namun, sebagian lain menyebutkan bahwa jasad dan ruh Nabi akhir zaman ini ikut serta dalam Isra’ dan Mi’raj. Mengapa terjadi di malam hari? Karena malam hari adalah waktu yang tepat untuk memohon doa yang mustajab. Malam hari juga termasuk malam yang mulia untuk berdoa dan memohon ampunan.

Allah berfirman dalam Al-Quran:

“Maha Suci Allah, yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Al Masjidil Haram ke Al Masjidil Aqsha yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia adalah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui” (QS. Al-Isra’ Ayat 1)

2.     Kewajiban Melaksanakan Shalat 5 Waktu

Tentu kita pernah mendengar bahwa dahulu perintah shalat bagi umat Islam sebanyak 50 kali dalam sehari semalam. Bermula dari perintah Allah kepada Nabi untuk melaksanakan shalat 50 kali dan Nabi mematuhi perintah Allah. Setelah turun dari Baitul Makmur, Nabi Muhammad bertemu dengan Nabi Musa dan disarankan untuk meminta keringanan.

Kemudian Nabi kembali menghadap Allah dan meminta keringanan dan dikabulkan oleh Allah SWT menjadi 10 kali dalam sehari semalam. Kemudian Nabi Muhammad bertemu dengan Nabi Musa lagi dan Nabi Musa menyarankan hal yang sama. Kembalilah Nabi Muhammad untuk meminta keringanan dan dikabulkan menjadi 5 kali.

Sobat Cahaya Islam, pengertian Isra’ Mi’raj dan hikmahnya perlu kita ketahui untuk pengetahuan dan bekal pelajaran anak-anak kita nanti. Semoga kita dapat memeringati Isra’ Mi’raj sampai akhir dunia. Aamiinn.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY