Wawancara Eksklusif Meghan Markle Ungkap tentang Bunuh Diri, Bagaimana Hukum Bunuh Diri dalam Islam?

0
73

Meghan Markle – Belum lama ini sebuah siaran langsung bersama Pangeran Harry dan Meghan Markle oleh Oprah Winfrey memaparkan apa yang Meghan alami hingga perasaan ingin bunuh diri. Kita ketahui bersama bahwa Meghan adalah istri Pangeran Harry dari Kerajaan Inggris dan keduanya sepakat keluar dari kerajaan.

Baik Pangeran Harry maupun Meghan Markle dianggap telah menjatuhkan bom dan memperburuk hubungan mereka dengan Kerajaan Inggris. Namun, ternyata sang Nenek, Ratu Elizabeth II tidak bergeming dengan apa yang disampaikan Meghan dan Pangeran Harry dalam siaran bersama Oprah Minggu lalu (7/3).

Pasangan dengan pemilik gelar Duke dan Duchess of Sussex yang menikah pada 2018 lalu memang sempat menghebohkan kabar berita internasional sejak keduanya memutuskan untuk keluar dari Kerajaan Inggris. Sebelumnya, Meghan Markle juga sempat dikabarkan tidak dekat dengan saudara iparnya, Kate Middleton.

Dalam siaran langsung bersama Oprah selama kurang lebih 2 jam tersebut, Meghan Markle juga mengatakan bahwa dirinya cukup cemas jika anak yang sedang dikandungnya akan berkulit hitam dan tidak mendapat pengamanan dari kerajaan. Hal ini malah membuat Kerajaan Inggris seperti dihuni oleh rasialisme.

Belum ada konfirmasi dari pihak kerajaan terkait apa yang disampaikan Meghan Markle dalam siaran langsungnya di TV. Bahkan, Meghan juga mengatakan bahwa dirinya sempat ingin bunuh diri saat sedang sakit di Kerajaan tetapi tidak ada yang membantunya.

Sobat Cahaya Islam, upaya bunuh diri oleh seseorang dapat menyebabkan beberapa risiko. Hukum Islam juga mengatur tentang bagaimana seseorang yang berniat dan telah bunuh diri. Meski kita tidak tahu pasti apa yang dirasakan Meghan Markle bersama Kerajaan Inggris, kita berharap hubungan Merghan dan Kerajaan Inggris tidak menjadi renggang.

Meghan Markle dan Upaya Bunuh Diri, Bagaimana Hukumnya?

Setiap manusia tentu pernah mengalami masalah dalam hidup. Seberat apapun masalah manusia, bunuh diri bukan solusi yang tepat. Selain akan kehilangan nyawa, seseorang yang bunuh diri sama halnya dengan menghilangkan hak hidup yang Allah beri untuknya. Simak penjelasan di bawah ini untuk mengetahui tentang bunuh diri lebih lanjut:

1.      Hukum Bunuh Diri

Sebagaimana penjelasan singkat di atas, bunuh diri hukumnya haram. Bahkan, pelaku bunuh diri dan membunuh orang lain dosanya lebih besar pelaku bunuh diri. Ia tidak menyayangi hidup dan nyawanya sendiri padahal Allah telah memberikan ia kesehatan dan tubuh yang berfungsi dengan baik.

Allah berfirman dalam Al-Quran:

“Dan janganlah kamu membunuh dirimu; sesungguhnya Allah adalah Maha Penyayang kepadamu. Dan barang siapa berbuat demikian dengan melanggar hak dan aniaya, maka Kami kelak akan memasukkannya ke dalam neraka. Yang demikian itu adalah mudah bagi Allah.” (QS. An Nisa’: 29-30)

2.      Balasan bagi Orang yang Bunuh Diri

Menurut hukum Islam, orang yang bunuh diri dosanya lebih besar dan berat dibanding seorang pembunuh. Dijelaskan dalam sebuah kitab bahwa orang yang bunuh diri dengan cara menelan racun maka di akhirat kelak ia akan mendekam di neraka jahanam dengan meminum racun, hidup lagi, meminum racun, begitu seterusnya.

Sobat Cahaya Islam, berita Meghan Markle dan Pangeran Harry yang sering membuat nama Kerajaan Inggris mendapat pandangan yang cukup negatif tentu menjadi sorotan banyak pihak. Semoga Meghan tidak meneruskan niatnya untuk bunuh diri karena permasalahan yang dialaminya. Wallahu a’lam.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY