Parenting Ala Pangeran William dan Kate Middleton, Begini Pentingnya Parenting Dalam Islam!

0
28
Parenting Ala pangeran William dan Kate Middleton Patut Ditiru

Parenting ala pangeran William – Mendidik anak atau yang seringkali disebut dengan istilah parenting adalah bagian penting dari membangun keluarga. Dalam keluarga, anak adalah salah satu anugerah yang merupakan pelengkap bagi sepasang suami istri. Itu sebabnya, banyak orang tua mati-matian mendidik anaknya agar bisa menjadi kebanggaan bagi mereka. Seperti halnya pangeran William dan Kate Middleton yang memiliki konsep parenting yang bisa kita tiru lho.

Parenting Ala pangeran William dan Kate Middleton Patut Ditiru

Parenting adalah bagian penting untuk membentuk kepribadian anak. Itulah kenapa orang tua harus tau konsep parenting atau mendidik anak yang bagaimana yang tepat. Karena ini akan sangat menentukan seorang anak akan tumbuh seperti apa. Dalam islam sendiri, mendidik anak adalah suatu kewajiban bagi orang tua. Anak yang mana sebagai amanah, tentu saja menjadi kewajiban untuk kita membesarkan dan mendidiknya dengan baik. Lalu bagaimana parenting dalam islam sendiri?

Parenting Ala Pangeran William dan Kate Middleton, Begini Parenting Menurut Islam

Parenting Ala pangeran William dan Pentingnya ParentiParenting Ala pangeran William dan Pentingnya Parenting Dalam Islamng Dalam Islam

Parenting ala pangeran William dan Kate Middleton ternyata menyimpan konsep yang bisa kita tiru lho sobat CahayaIslam. Seperti mendidik anak untuk terbiasa beramal, ini tentu merupakan kegiatan yang positif. Dan tentu saja membuat anak tumbuh menjadi kepribadian yang nantinya dermawan dan senang membantu orang lain. Dalam islam sendiri, parenting atau mendidik anak bukan hanya merupakan kewajiban. Melainkan konsep penting yang harus dimiliki oleh orang tua.

وَالَّذِينَ يَقُولُونَ رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا

Dan orang orang yang berkata: “Ya Tuhan kami, anugrahkanlah kepada kami isteri-isteri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa.(1)

Ayat ini menjelaskan bahwasanya setiap manusia tentu mengharapkan dianugerahkan seorang anak yang bisa menjadi kebanggaan dan penyenang hati. Sementara bagaimana kepribadian anak nantinya, ini sangat ditentukan juga dari bagaimana orang tua mendidik. Itu sebabnya, parenting memiliki peran penting untuk membuat anak tumbuh menjadi seorang muslim yang memiliki akhlak baik.

Perhatikan Beberapa Hal Ini Dalam Konsep Parenting atau Mendidik Anak

Parenting Ala pangeran William dan Hal Penting Dalam Parenting Islam

Dalam parenting sendiri, kita harus memiliki konsep yang tepat untuk menerapkannya kepada anak. Jika sedikit saja konsep parenting yang diterapkan salah, maka akan sangat berpengaruh pada perkembangan tumbuh anak. Maka sobat CahayaIslam, dalam parenting atau upaya mendidik anak ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Menerapkan Kasih Sayang Dalam Parenting

Sobat CahayaIslam, seringkali kita sebagai orang tua hanya fokus pada konsep mendidik anak. Dengan kata lain hanya fokus dengan apa yang ingin ditanamkan dan diterapkan pada anak. Padahal dalam proses mendidik anak atau parenting, kasih sayang adalah hal utama yang harus diperhatikan. Maka dari itu, akan lebih baik jika setiap kali mengajarkan anak tentang sesuatu ikut sertakan juga sikap penuh kasih sayang kepada anak.

Bertindak dan Bersikap Sebagai Teladan

Ini juga hal yang perlu diperhatikan dalam konsep parenting, bahwa sikap atau tindakan orang tua punya pengaruh besar dengan perkembangan anak. Tidak sedikit kita melihat dimana orang tua mendidik anak dengan baik, namun lupa memberikan contoh yang baik. Sementara sikap atau tindakan ini juga akan terekam dalam ingatan anak lho sobat CahayaIslam. Itu sebabnya, menjaga sikap dan tindakan serta lisan kita didepan anak sangat penting.

Parenting ala pangeran William – bisa menjadi konsep parenting yang kita tiru lho. Apalagi pangeran William dan Kate ini juga membiasakan tidak membentak atau berkata yang keras kepada anak. Ini menjadi contoh bahwa dalam parenting, sikap orang tua pun memiliki peran penting.


Catatan Kaki:

(1) – Surat Al-Furqan Ayat Ayat 74

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY