Jokowi-Ma’ruf Dinilai Warga Hanya Umbar Janji, Bagaimana Janji Seorang Pemimpin Dalam Islam?

0
29
Jokowi-Ma'ruf Dinilai Warga Umbar Janji

Jokowi-Ma’ruf dinilai warga – Sejak keluarnya Omnibus Law, membuat banyak kalangan masyarakat yang ikut menyuarakan pendapatnya. Bahkan hampir semua kalangan menolak adanya UU Cipta Kerja karena dianggap menyengsarakan rakyat. Jokowi-Ma’ruf sebelumnya dilantik sebagai presiden dan wakil presiden setelah menang dalam Pilpres 2019. Kemenangan mereka pun tidak lain karena banyaknya dukungan rakyat kecil. Hal ini karena janji Jokowi-Ma’ruf yang nampaknya berpihak dan membela rakyat kecil.

Jokowi-Ma'ruf Dinilai Warga Umbar Janji

Kehidupan rakyat kecil yang mana semakin hari semakin sulit, menimbulkan banyak pendapat dari kalangan masyarakat. Dimana disebutkan bahwa selama jabatan setahun terakhir Jokowi tidak memberikan perbaikan terhadap ekonomi masyarakat. Bahkan Jokowi-Ma’ruf dinilai hanya mengumbar janji saja. Kehidupan rakyat kecil justru dirasa makin sulit, sementara janji yang diberikan oleh presiden Jokowi tidak terealisasikan dengan baik sesuai harapan masyarakat saat memilihnya.

Jokowi-Ma’ruf Dinilai Warga Hanya Umbar Janji, Begini Janji Pemimpin Dalam Pandangan Islam

Jokowi-Ma'ruf Dinilai Warga Umbar Janji dan Begini Menurut Islam

Jokowi-Ma’ruf dinilai warga hanya mengumbar janji saja. Ini membuat banyak masyarakat kecewa dan bahkan merasa tidak puas dengan kinerja dari presiden Jokowi dan wakilnya. Kebijakan yang dibuat bahkan dinilai tidak transparan, semakin buruk dan justru tidak mempermudah kehidupan rakyat. Dalam islam sendiri, janji merupakan suatu ucapan yang seharusnya ditepati. Barangsiapa yang ingkar janji, maka ia termasuk dalam golongan orang yang munafik lho sobat CahayaIslam.

وَلَا تَقْرَبُوا مَالَ الْيَتِيمِ إِلَّا بِالَّتِي هِيَ أَحْسَنُ حَتَّىٰ يَبْلُغَ أَشُدَّهُ ۚ وَأَوْفُوا بِالْعَهْدِ ۖ إِنَّ الْعَهْدَ كَانَ مَسْئُولًا

Dan janganlah kamu mendekati harta anak yatim, kecuali dengan cara yang lebih baik (bermanfaat) sampai ia dewasa dan penuhilah janji; sesungguhnya janji itu pasti diminta pertanggungan jawabnya.

Dalam ayat diatas ditegaskan bahwasanya janji adalah sesuatu yang harus dipenuhi atau ditepati. Apalagi setiap janji akan dimintai pertanggung jawabannya. Ini artinya, siapapun yang mengingkari janji tentu akan menerima balasan dari Allah SWT. Lalu bagaimana dengan janji seorang pemimpin? Tentu saja janji seorang pemimpin juga harus ditepati dan dipertanggung jawabkan. Apalagi pemimpin memberikan janji kepada rakyat, ini berarti pemimpin memiliki tanggung jawab untuk menepati janji kepada rakyatnya.

Ingat! Janji Pemimpin Adalah Amanah Kepada Rakyat

Jokowi-Ma'ruf Dinilai Warga Umbar Janji dan Pandangan Islam Tentang Janji Pemimpin

Dalam ajaran islam, janji adalah suatu ucapan yang sudah kewajibannya untuk ditepati. Begitu juga dengan janji seorang pemimpin, ini adalah amanah kepada rakyat. Sehingga pemimpin akan dimintai pertanggung jawabannya atas janji yang diucapkan sebagai amanah kepada rakyat. Apalagi karena rakyatlah, seseorang bisa menduduki jabatan sebagai presiden atau pemimpin. Terlebih lagi, pemimpin adalah seseorang yang telah Allah berikan kedudukan sehingga seharusnya menjadikan kepemimpinannya berdasar pada nilai-nilai islam.

الَّذِينَ إِنْ مَكَّنَّاهُمْ فِي الْأَرْضِ أَقَامُوا الصَّلَاةَ وَآتَوُا الزَّكَاةَ وَأَمَرُوا بِالْمَعْرُوفِ وَنَهَوْا عَنِ الْمُنْكَرِ ۗ وَلِلَّهِ عَاقِبَةُ الْأُمُورِ

(yaitu) orang-orang yang jika Kami teguhkan kedudukan mereka di muka bumi niscaya mereka mendirikan sembahyang, menunaikan zakat, menyuruh berbuat ma’ruf dan mencegah dari perbuatan yang mungkar; dan kepada Allah-lah kembali segala urusan.

Jokowi-Ma’ruf dinilai warga – hanya mengumbar janji saja kepada rakyat. Sehingga tidak sedikit yang kecewa dengan kepemimpinan Jokowi dan kebijakan-kebijakannya. Sobat CahayaIslam, semoga lekas pulih ya negeri kita dan diberikan sifat amanah bagi pemimpin kita. Karena dalam islam, pemimpin haruslah amanah.


Catatan Kaki:

(1) – Surat Al-Isra’ Ayat 34

(2) – Surat Al-Hajj Ayat 41

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY