Kevin Aprilio dan Vicy Melanie Lakukan Foto Prewedding, Apa Hukumnya Foto Prewedding Dalam Islam?

0
33
Kevin Aprilio Foto Prewedding dan Bolehkah Dalam Islam

Kevin Aprilio – Beberapa waktu lalu adegan melamar yang dilakukan oleh Kevin kepada kekasihnya Vicy Melanie sempat menghebohkan media sosial. Dan baru-baru ini diketahui bahwa keduanya akan segera melangsungkan pernikahan. Hal ini terlihat saat potret prewedding keduanya diunggah di akun instagram. Nampaknya Kevin dan kekasih sudah mempersiapkan pernikahan, dan sang Ibu pun juga menuturkan bahwa putranya akan segera menikah di tahun 2020 ini.

Kevin Aprilio dan Vicy Melanie Prewedding dan Apa Hukumnya Dalam Islam

Pernikahan adalah suatu perayaan yang sakral karena mengikat kedua pasangan dihadapan Allah SWT. Itu sebabnya, persiapan pernikahan juga sebaiknya dilakukan sesuai dengan syariat islam yang ada. Hanya saja, prewedding yang merupakan sesi foto yang dilakukan pasangan yang akan menikah seolah telah menjadi budaya atau trend. Sehingga tidak sedikit beranggapan menikah tanpa adanya prewedding rasanya kurang lengkap. Lalu bagaimana sebenarnya  hukum dari foto prewedding ini dalam islam?

Kevin Aprilio dan Vicy Melanie Lakukan Foto Prewedding, Bolehkah Foto Prewedding Dalam Hukum Islam?

Kevin Aprilio dan Vicy Melanie Prewedding dan Begini Pandangan Islam

Kevin Aprilio yang dikabarkan akan menikah dengan kekasihnya telah melakukan foto prewedding. Keduanya nampak elegan dengan berbagai pose bersama. Hanya saja sobat CahayaIslam, dalam ajaran islam sendiri tidak ada yang namanya sesi foto prewedding. Sementara yang kita tahu, prewedding ini melibatkan dua pasangan yang belum menikah untuk berfoto bersama. Tidak jarang juga pose mesra yang dibuat.

Jika dikaji menurut pandangan islam, foto prewedding yang mana membuat dua orang yang bukan mahramnya berduaan dan saling berdekatan. Maka ini hukumnya tentu tidak diperbolehkan. Dan juga ada beberapa alasan kenapa foto prewedding tidak dianjurkan dalam islam.

Mengandung Perbuatan Mendekati Zina

Kevin Aprilio Foto Prewedding dan Bolehkah Dalam Islam

Dalam islam, kita dilarang melakukan perbuatan yang mendekati zina. Seperti berduaan dengan lawan jenis, bersentuhan dengan lawan jenis, dan hal-hal lainnya. Sementara dalam foto prewedding akan memungkinkan hal semacam ini terjadi. Itu sebabnya, hukum foto prewedding sendiri tidak diperbolehkan dan tidak dianjurkan dalam islam. Karena dikhawatirkan justru menimbulkan sebab maksiat atau perbuatan dosa.

وَلَا تَقْرَبُوا الزِّنَا ۖ إِنَّهُ كَانَ فَاحِشَةً وَسَاءَ سَبِيلًا

Dan janganlah kamu mendekati zina; sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji. Dan suatu jalan yang buruk.(1)

Terjadi Ikhtilat dan Khalwat

Istilah khalwat adalah ketika laki-laki dan perempuan yang bukan mahram berduaan. Sementara ikhtilat sendiri diartikan terjadinya campur baur antara laki-laki dan juga perempuan. Dalam islam, kedua hal ini adalah sesuatu yang dilarang karena kembali lagi pada mendekati zina. Kedua hal tersebut mengandung perbuatan yang mana mendekati zina sehingga hukumnya dilarang.

Tabarruj

Tabarruj berarti berhias diri yang mana dalam foto prewedding akan memungkinkan wanita untuk berdandan atau berhias. Dan dari berhias ini menimbulkan rasa bangga walau sedikit dalam diri ketika dipuji kecantikannya ataupun bisa menarik laki-laki. Itu sebabnya Allah melarang sikap tabarruj ini. Itu artinya,  foto prewedding juga tidak dianjurkan.

وَقَرْنَ فِي بُيُوتِكُنَّ وَلَا تَبَرَّجْنَ تَبَرُّجَ الْجَاهِلِيَّةِ الْأُولَىٰ

dan hendaklah kamu tetap di rumahmu dan janganlah kamu berhias dan bertingkah laku seperti orang-orang Jahiliyah yang dahulu (2)

Kevin Aprilio – yang akan segera menikah dengan kekasihnya dan melakukan sesi foto prewedding. Dalam pandangan islam, foto prewedding ini tidak dianjurkan. Apalagi karena banyak mengandung perbuatan yang dilarang dalam islam.


Catatan Kaki:

(1) – Surat Al-Isra’  Ayat 32

(2) – Surat Al-Ahzab Ayat 33

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY