Pakistan Blokir Tiktok Karena Konten Tak Bermoral, Kaum Muslimin Perlu Perhatikan Ini Dalam Bersosial Media

0
37
Pakistan Blokir Tiktok 1

Pakistan blokir tiktok – Untuk kedua kalinya Pakistan melarang kembali penggunaan aplikasi Tiktok. Kebijakan ini dikeluarkan oleh Regulator media Pakistan setelah terdapat adanya sejumlah konten tidak bermoral pada platform tersebut. Hal ini diputuskan oleh perintah pengadilan. Regulator sendiri tidak menjelaskan apakah larangan ini hanya sementara atau bersifat permanen. Namun sejumlah konten yang diunggah dianggap tidak dapat diterima masyarakat Pakistan.

Pakistan Blokir Tiktok 3

Media sosial adalah salah satu media yang memungkinkan masyarakat untuk berbagi foto ataupun video. Namun tentu saja dalam berbagi konten juga perlu adanya adab dan etika yang diperhatikan. Apalagi sebagai seorang muslim yang mana islam saja mengajarkan untuk bagaimana kita membagikan hal-hal baik bagi orang lain. Begitu juga saat menggunakan sosial media tentu saja.

Pakistan Blokir Tiktok, Kaum Muslimin Perlu Perhatikan Ini Dalam Bersosial Media

Pakistan Blokir Tiktok 1

Pakistan blokir tiktok untuk yang kedua kalinya karena adanya unggahan konten yang dianggap tidak etis dan tidak bermoral. Sebelumnya pada bulan Oktober pemblokiran terhadap Tiktok sudah dilakukan. Namun larangan ini dicabut setelah pihak manajemen Tiktok meyakinkan akan memblokir semua akun yang mengunggah konten tidak bermoral.

Dalam islam sendiri, kita dianjurkan untuk menyebarkan kebaikan dan hal-hal yang positif. Sehingga bisa memberikan efek yang positif juga bagi orang lain. Itu sebabnya, dalam bersosial media juga perlu memperhatikan beberapa hal bagi kaum muslimin.

Hai orang-orang yang beriman, jika datang kepadamu orang fasik membawa suatu berita, maka periksalah dengan teliti agar kamu tidak menimpakan suatu musibah kepada suatu kaum tanpa mengetahui keadaannya yang menyebabkan kamu menyesal atas perbuatanmu itu.

Ayat ini menegaskan kepada kaum muslimin untuk berhati-hati dalam menerima dan menyebarkan berita. Yang artinya, sebelum mengunggah sebuah konten juga perlu pertimbangan. Lalu apa saja yang harus diperhatikan kaum muslimin dalam bersosial media seperti Tiktok?

Pakistan Blokir Tiktok 2

Konten Yang Akan Diunggah

Sebelum mengunggah apapun di sosial media, sangat penting memperhatikan konten yang akan diunggah ya sobat CahayaIslam. Pastikan mengunggah konten yang tidak bertentangan dengan norma yang berlaku terutama dalam norma agama. Jangan mengunggah konten yang menyimpang dari ajaran islam, apalagi melanggar.

Manfaat Dari Apa Yang Diunggah

Tahukah sobat CahayaIslam, sebagai seorang muslim kita harus bisa memilih mana konten yang pantas diunggah dan tidak. Maka dari itu, perlu memperhatikan apa manfaat dari konten yang diunggah. Apakah bisa memberikan pelajaran agama bagi orang lain, menambah wawasan mengenai ilmu agama misalnya dan lain sebagainya. Jika dirasa tidak bermanfaat apalagi memberikan dampak negatif , alangkah lebih baik tidak perlu diunggah.

Menyelaraskan Dengan Ajaran Agama

Dalam mengunggah sebuah konten juga perlu menyelaraskan dengan ajaran agama lho. Ini akan membuat kita lebih bijak dengan apa yang kita unggah. Dan tentu saja menghindarkan kita dari perbuatan dosa yang bisa saja disebabkan oleh unggahan di sosial media.

Pakistan blokir Tiktok – karena terdapat sejumlah konten yang dianggap tidak bermoral. Maka dari itu sobat CahayaIslam, perlu untuk kita memperhatikan beberapa hal sebelum memposting apapun di sosial media.


Catatan Kaki:

(1) – Surat Al-Hujurat Ayat 6

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY