Ada Lho Sedekah Yang Tidak Diterima Allah, Ko Bisa?!

0
63
sedekah yang tidak diterima

Tanya jawab islam tentang sedekah – Dalam islam, sedekah merupakan salah satu tindakan yang memang dianjurkan. Apalagi jika anda adalah seorang yang mampu dalam hal materi. Maka wajib hukumnya untuk menyisihkan sebagian dari harta yang anda punya. Namun sedekah itu sendiri juga banyak diterangkan dalam hadist maupun Al-Qur’an. Sehingga ada berbagai jenis sedekah, mulai dari sedekah yang baik hingga sedekah yang tidak diterima Allah SWT.

Ada Lho Sedekah Yang Tidak Diterima Allah, Ko Bisa?!

Dalam ulasan pertanyaan tersulit tentang sedekah kali ini, kita akan membahas mengenai sedekah yang tidak diterima amalannya. Nah, apa saja sedekah yang masuk dalam golongan tidak diterima sebagai amalan? Berikut ini penjelasannya.

Sedekah adalah pemberian yang diniatkan untuk mendapatkan ridho Allah. Selain itu juga tidak lain adalah untuk berbagi. Namun dangkalnya pikiran manusia, mengakibatkan niat bersedekah itu sendiri akhirnya bermacam-macam. Hingga yang mengharapkan balasan untuk duniawi. Oleh karena itu, sedekah ini merupakan tindakan yang harusnya dilakukan dengan hati yang ikhlas dan tulus. Sehingga amalannya juga akan menjadi pahala untuk anda yang melaksanakannya.

Dalam tanya jawab islam tentang sedekah ini, ada beberapa jenis sedekah yang ternyata tidak masuk dalam pahala atau bisa dibilang tidak diterima oleh Allah SWT. Mari kita perhatikan ini agar sedekah lebih bisa diniatkan untuk kepentingan akhirat.

Begini Ulasan Islam Tentang Sedekah Yang Tidak Menjadi Amalan

Sedekah yang tidak diterima oleh Allah SWT atau tidak masuk pada amalan yang pertama adalah sedekah dari hasil penipuan. Dalam agama islam, kita diajarkan untuk mencari rejeki yang halal. Tujuannya agar apa yang kita makan juga akan halal untuk diri kita sendiri. Begitu juga ketika anda akan bersedekah.

Bersedekah jika dilakukan dengan rejeki yang tidak halal, seperti penipuan tadi. Maka sedekah akhirnya menjadi hal yang kurang baik juga. Sehingga sedekah yang dilakukan dengan hasil dari tindakan tidak baik, maka tidak akan diterima oleh Allah SWT. Itu merupakan satu dari yang akan disebutkan pada tanya jawab islam tentang sedekah , mengenai sedekah yang tidak diterima amalannya.

Sedekah yang selanjutnya yang tidak termasuk amalan adalah yang diungkit-ungkit. Dalam surat Al Baqarah ayat 264 dijelaskan bahwa sedekah yang dilakukan jangan sampai menghilangkan pahalanya. Dikarenakan menyebut-nyebut hingga menyakiti hati penerima sedekah itu sendiri.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لَا تُبْطِلُوا صَدَقَاتِكُمْ بِالْمَنِّ وَالْأَذَىٰ كَالَّذِي يُنْفِقُ مَالَهُ رِئَاءَ النَّاسِ وَلَا يُؤْمِنُ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ ۖ فَمَثَلُهُ كَمَثَلِ صَفْوَانٍ عَلَيْهِ تُرَابٌ فَأَصَابَهُ وَابِلٌ فَتَرَكَهُ صَلْدًا ۖ لَا يَقْدِرُونَ عَلَىٰ شَيْءٍ مِمَّا كَسَبُوا ۗ وَاللَّهُ لَا يَهْدِي الْقَوْمَ الْكَافِرِينَ

Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu menghilangkan (pahala) sedekahmu dengan menyebut-nyebutnya dan menyakiti (perasaan si penerima), seperti orang yang menafkahkan hartanya karena riya kepada manusia dan dia tidak beriman kepada Allah dan hari kemudian. Maka perumpamaan orang itu seperti batu licin yang di atasnya ada tanah, kemudian batu itu ditimpa hujan lebat, lalu menjadilah dia bersih (tidak bertanah). Mereka tidak menguasai sesuatupun dari apa yang mereka usahakan; dan Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang kafir. [1]

Tindakan yang demikian akan membuat sedekah anda menjadi amalan yang tidak diterima. Dengan kata lain, pahala dari sedekah akan hilang dengan adanya sikap mengungkit-ngungkit ini. Itu juga salah satu dari sedekah yang tidak diterima yang disebutkan pada ulasan tanya jawab bab sedekah ini.

Sedekah berikutnya yang disebutkan pada tanya jawab islam tentang sedekah, sedekah yang tidak diterima amalannya adalah sedekah karena riya’. Riya’ merupakan sikap sombong yang dibenci oleh Allah SWT. Kesombongan ini yang nantinya akan meleburkan niatan amal baik yang anda lakukan.

Termasuk ketika bersedekah. Jika niatnya adalah untuk mendapat pengakuan, pujian dari oranglain atau pamer. Maka sedekah anda tidak akan diterima oleh Allah SWT. Namun jika niatnya adalah ikhlas, bahkan dilakukan dengan sembunyi-sembunyi maka pahalanya besar. Begitu juga ketika anda bersedekah karena terpaksa. Ini juga menghapuskan amalan.

Beberapa sedekah yang tidak diterima yang telah disebutkan pada tanya jawab islam tentang sedekah ini. Maka anda bisa mengetahui dengan lebih jelas bahwa sedekah harus pada niat yang benar. Sehingga tidak menghilangkan pahala atau amalan yang seharusnya anda dapatkan. Semoga ulasan ini dapat memberikan informasi yang baik untuk anda. Terutama sebagai umat islam yang ingin melaksanakan sedekah dan menerima pahala yang besar.


Catatan Kaki

[1] Q.S. Al Baqarah (2) ayat 264

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!