Pahala Puasa Arafah Banyak Sekali, Salah Satunya Bisa Hapus Dosa

0
16

Pahala Puasa Arafah – Bulan Dzulhijjah merupakan bulan yang suci, di mana banyak amalan sunnah yang sebaiknya sobat Cahya Islam melakukan. Amalan-amalan sunnah seperti puasa tarwiyah, puasa Arafah, dan lain sebagainya memiliki banyak sekali keutamaan serta mendatangkan pahala bagi yang mengerjakannya.

Ibadah sunnah Meskipun tidak diwajibkan tetapi dianjurkan untuk dilakukan oleh umat Islam. Selain karena nilai pahalanya yang sama dengan ibadah wajib, ibadah sunnah juga akan mendekatkan diri kita kepada Allah subhanahu wa ta’ala.

Ada satu amalan sunnah di bulan Dzulhijjah yang sebaiknya dilaksanakan yaitu puasa Arafah. Puasa Arafah jatuh pada tanggal sembilan Dzulhijjah sehari sebelum dilaksanakannya salat idul Adha. Kenapa sobat Cahaya Islam sebaiknya tidak melewatkan puasa sunnah ini? Selain karena memiliki beberapa keutamaan, juga akan mendapat pahala puasa Arafah. Berikut adalah pahala puasa Arafah yang wajib sobat ketahui.

Pahala Puasa Arafah

Dijauhkan Dari Neraka

Menurut hadis berikut, orang yang berpuasa selama 1 hari maka wajahnya akan dijauhkan dari neraka selama 70 tahun. Puasa Arafah bisa termasuk ke dalam puasa yang dimaksud dalam hadis tersebut. Puasa Arafah hanya dikerjakan sehari saja. Jadi bisa disimpulkan bahwa orang yang mengerjakan puasa sehari atau puasa Arafah, maka ia akan dijauhkan dari api neraka selama 70 tahun.

Dicintai Allah

Tidak ada kebahagiaan yang paling membahagiakan kecuali dicintai Allah. Mendapatkan cinta Allah bahkan lebih tinggi derajatnya dari mendapatkan pahala. Apabila Allah mencintai hambanya maka pahala pun akan mengikutinya. Jadi yang paling utama dalam beribadah yaitu untuk mendapatkan cinta dari Allah. Siapa yang mendapatkan cinta Allah maka pahala untuknya akan mengalir serta Allah akan menjamin keselamatan dunia dan akhirat.

Sobat Cahaya Islam bisa memperoleh cinta Allah dari mengerjakan ibadah ibadah sunnah, contohnya puasa Arafah. Karena dengan ibadah sunnah akan membuat seseorang mendekatkan dirinya pada Allah. Selalu mendekatkan diri maka Allah pun akan mencintainya.

Melebur Dosa

Pahala puasa Arafah memang sangat banyak, jadi sangat rugi apabila sobat Cahaya Islam tidak mengerjakan puasa ini. Meskipun termasuk puasa yang tidak diwajibkan, tapi sebaiknya sobat jangan melewatkan puasa yang hanya datang setahun sekali. Pahala lain dari puasa Arafah ini yaitu Allah akan menghapus dosa setahun yang lalu dan dosa setahun yang akan datang.

Dibebaskan Dari Siksa Neraka

Allah lebih banyak membebaskan hamba-hambaNya dari siksa api neraka di hari Arafah. Maka oleh sebab itu kita gunakan untuk mengamalkan ibadah ibadah sunnah hari Arafah yang dapat pada bulan Dzulhijjah. Mengerjakan puasa Arafah adalah ibadah sunah yang paling utama untuk dilaksanakan hari Arafah. Sehingga kita mendapat kesempatan untuk masuk ke dalam golongan hamba-hambanya yang dibebaskan dari siksa neraka di hari Arafah.

Niat Puasa Arafah

Sebelum melaksanakan puasa Arafah, sebaiknya waktu malam hari atau sebelum subuh Anda terlebih dahulu sudah membaca niat puasa Arafah. Namun apabila lupa untuk membaca niat dan baru teringat pada siang hari maka sobat bisa membacanya dengan syarat belum makan atau minum. Berikut ini adalah niat puasa Arafah yang bisa sobat baca.

نَوَيْتُ صَوْمَ عَرَفَةَ سُنَّةً لِّلِه تَعَالَى

Arab-Latin: Nawaitu shouma arafata sunnatan lillahi ta’ala.

: “Saya berniat menjalankan puasa Arafah karena Allah ta’ala.”

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!